Benarkan Rumah Kanthil Jogja Angker?
Youtuber khas horor Billy Christian dan gadis indigo Tasha Siahaan menelusuri Rumah Kanthil di kawasan Kotagede, Jogja. (Youtube—Billy Christian)

Solopos.com, JOGJA — Youtuber dan sutradara khas horor Billy Christian menelusuri sebuah rumah tua yang terkenal dengan kesan mistisnya. Masyarakat menyebut rumah misterius di Jogja tersebut sebagai Rumah Kanthil. Benarkan bangunan tersebut angker?

Demi membuktikan anggapan sebagian kalangan masyarakat terkait Rumah Kanthil tersebut, ia mengajak seorang gadis dengan kemampuan indigo, Tasha Siahaan. Di sana mereka berdua juga ditemani oleh Rudi, pengelola bangunan tersebut.

Youtuber dan gadis indigo itu terlihat mengobrol santai bersama Rugi dalam vlog berjudul Rumah Kanthil Jogja Angker, Realitanya, IndigoTalk Travel Jogja, Tasha Siahaan Billy Christian.

Duh, Pasar di Temanggung Terancam Ditutup Tim Covid-19

Setelah melakukan penelusuran, Rumah Kanthil sama sekali tidak memiliki unsur horor di dalamnya. Bangunan tersebut digunakan Rudi sebagai rumah penghasil batik. Rumah yang berlokasi di kawasan Kotagede itu juga menjadi bangunan cagar budaya.

"Kalau kita searching di internet pasti artikel yang keluar selalu mistis. Bagaimana itu Pak?" tanya youtuber khas horor itu seperti yang terpantau Semarangpos.com, Senin (15/6/2020).

"Ya sebenarnya merugikan kita. Image mistis itu membuat rumah ini jadi terlihat seram dan orang datang karena ingin mencari tahu. Kami berusaha mengubah image seram," cerita Rudi kepada Billy dan Tasha.

Benarkan Jaka Tingkir Pernah Bunuh Calon Prajurit Demak?

Pernah dijadikan tempat untuk uji nyali menjadi alasan utama mengapa rumah tersebut masuk ke jajaran bangunan angker di Kota Jogja. Padahal menurut Rudi, rumah itu hanya disewa untuk shooting acara televisi tersebut.

Enak dan Adem

"Kenyataanya rumah ini hanya disewa untuk shooting aja. Karena sudah viral, jadi orang tahu cerita yang tentang mistisnya. Padahal mbah dari istri saya itu memang pengusaha batik," tambah si pengelola rumah itu.

Mendengar hal itu Billy menceritakan perasaannya saat berada di Rumah Kanthil Jogja tersebut. "Ketika aku masuk tempat ini, rasanya enak dan adem. Kayak sekarang ini enak banget jauh dari kesan mistis," ceritanya yang dibalas anggukan kepala oleh Tasha.

Di Semarang, Menteri PUPR Akui Kini Prioritaskan Padat Karya

"Iya memang kami menghilangkan image itu. Jadi waktu itu rumah ini kosong dan enggak ada yang tinggal. Terus ada tetangga dari stasiun televisi, dia izin untuk shooting uji nyali jadi kami dari keluarga juga memperbolehkan tanpa tau efeknya," ungkap Rudi.

Billy dan Tasha bermaksud untuk membantu Rudi menghilangkan kesan mistis Rumah Kanthil. Mereka berkeliling di bangunan penghasil batik itu untuk membuktikan kepada penonton bahwa tidak ada kesan horor di dalamnya.

Benar saja, saat mereka berdua berkeliling Rumah Kanthil Jogja tersebut, Tasha dan Billy hanya menemui alat membuat batik. Si gadis indigo juga mengaku jika tempat tersebut memiliki hawa yang enak dan jauh dari kata horor.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom