SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO – Berbagai produk susu dijual bebas di pasaran. Produk yang paling populer adalah susu full cream dan rendah lemak. Dari keduanya, susu rendah lemak dianggap lebih sehat ketimbang yang full cream. Benarkah demikian?

Susu full cream alias whole milk merupakan jenis susu yang kandungan nutrisinya paling lengkap. Susu ini mengandung protein, karbohidrat, serta lemak yang cukup tinggi. Kadar lemak inilah yang membuat susu tersebut terasa lebih gurih.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Meski kadar lemaknya tinggi, bukan berarti susu full cream tidak sehat. Dikutip dari Live Strong, Jumat (24/5/2019), susu jenis ini sangat diperlukan oleh anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Anak-anak butuh lemak, protein, dan lemak yang terkandung di dalam susu untuk membantu proses pertumbuhan.

Tetapi, susu full cream tidak terlalu cocok bagi mereka yang sudah dewasa. Orang dewasa, khususnya yang sedang diet lebih cocok mengonsumsi susu skim alias rendah lemak. Kandungan lemak pada susu skim segaja dihilangkan. Jadi, kadar lemaknya jauh lebih rendah ketimbang susu full cream.

Meski demikian, kandungan nutrisi antara susu skim dan full cream tetap sama, yakni vitamin A, D, dan B12, kalsium, serta fosfor. Sementara kadar omega 3 di dalam susu masing-masing berbeda, bergantung pada kadar lemaknya. Asam lemak omega 3 itu bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak dan jantung.

Lantas, benarkah susu skim lebih sehat ketimbang full cream? Hasil penelitian yang dipublikasikan di Scandinavian Journal of Primary Health pada 2013 menunjukkan bahwa lemak susu full cream membuat perut lebih kenyang, sehingga asupan lain berkurang.

Segelas susu berukuran 250 ml mengandung sekitar 146 kkal energi. Kandungan karbohidratnya sekitar empat persen dari total kebutuhan harian, atau sekitar 12,8 gram. Sementara protein dan lemaknya masing-masing 7,9 gram. Dengan demikian, susu full cream tidaklah seburuk yang Anda bayangkan.

Sementara itu, susu skim lebih cocok dikonsumsi orang yang sedang diet karena rendah lemak. Tetapi, susu skim bisa menyediakan protein sesuai jumlah yang dibutuhkan. Kalsium di dalamnya juga cukup tinggi. Namun, perhatikanlah kandungan gula di dalamnya. Kebanyakan susu skim ditambah gula untuk menguatkan rasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya