Tutup Iklan

Benarkah Pengangkatan Rahim Pengaruhi Kehidupan Seksual Wanita?

Tak sedikit wanita merasa khawatir operasi pengangkatan rahim seperti dialami artis Melanie Subono bisa pengaruhi kehidupan seksual mereka.

 Ilustrasi hubungan suami istri. (Freepik)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi hubungan suami istri. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Tak sedikit wanita merasa khawatir operasi pengangkatan rahim seperti dialami artis Melanie Subono bisa pengaruhi kehidupan seksual mereka. Sebagaimana diketahui Melanie Subono baru saja menjalani prosedur ini akibat tumor di tubuhnya pecah. Operasi ini dilakukan di RSCM pada Kamis (21/10/2021) dan berlangsung selama enam jam.

Benarkah operasi pengangkatan rahim bisa pengaruhi kehidupan seksual wanita? Simak ulasannya di info kesehatan kali ini.

Mengutip halodoc, Senin (25/10/2021), Spesialis Kandungan dan Ginekolog, Dana B. Jacoby, mengatakan bahwa pengangkatan rahim sesungguhnya tidak pengaruhi kehidupan seksual wanita. Hal ini karena prosedur itu tidak mengganggu fungsi organ intim. Hubungan intim tak terkait dengan rahim. Hubungan intim berlangsung di dalam miss V yang tidak banyak dipengaruhi oleh pengangkatan rahim, sehingga tidak menimbulkan dampak negatif apa pun yang bekaitan dengan fungsi organ intim. Namun, hal itu berbeda bila indung telur juga diangkat, apalagi kalau keduanya.

Baca Juga: Tumor Pecah, Melanie Subono Jalani Operasi Pengangkatan Rahim

Jika seorang wanita menjalani histerektomi lengkap (ovarium dan uterus diangkat), kemungkinan besar prosedur ini akan mengubah hasrat berhubungan intim seorang wanita. Sebab, ovarium bertugas memproduksi hormon testosteron dan estrogen yang penting dalam berhubungan dan berkaitan dengan gairah berhubungan intim. Kadar estrogen yang menurun menyebabkan miss V kering dan jaringan dalam miss V menipis yang membuat hubungan intim terasa menyakitkan. Rasa sakit tidak hanya akan dialami oleh wanita, tetapi juga oleh pasangannya.

Meski begitu, menurut Spesialis Kandungan dan Bedah Laparoskopi dari Sydney Women’s Endosurgery Centre (SWEC), Sarah Choi,  seorang perempuan yang rahimnya telah diangkat tetap masih dapat mempertahankan aktivitas intim seperti biasanya.  Alasan yang membuat malas berhubungan intim setelah pengangkatan rahim sebenarnya hanya dapat dijawab oleh seorang wanita yang menjalani operasi histerektomi itu sendiri. Hal ini tentu diperlukan komunikasi yang baik dan terbuka.

Baca Juga: Membeli 3 Tas Mewah Lewat Jastip, Irma Darmawangsa Kecewa

Kehidupan seksual wanita setelah pengangkatan rahim bisa jadi memang sedikit berkurang. Hal ini lantaran setelah pengangkatan rahim kemungkinan besar akan membuat gairah berhubungan intim menurun, sehingga wanita mungkin tak terlalu bersemangat bercinta dengan pasangan. Untuk tetap bisa menjaga keharmonisan perkawinan, wanita dan pasangannya harus selalu rutin berkomunikasi secara terbuka. Pasangan tersebut juga dapat meminta pertolongan konselor rumah tangga untuk mengevaluasi masalah keintiman mereka.

Baca Juga: 7 Alasan Medis Wanita Jalani Pengangkatan Rahim Seperti Melanie Subono

Sebagian besar ginekolog merekomendasikan untuk kembali berhubungan intim setelah operasi pengangkatan rahim, sekitar enam sampai delapan pekan setelah operasi atau ketika bagian atas Miss V telah sembuh total. Wanita juga disarankan untuk menjalani check-up untuk mendapatkan lampu hijau dari dokter kandungan. Sementara menunggu, masih ada cara lain untuk mengekspresikan hasrat berhubungan intim seorang wanita, di antaranya adalah dengan foreplay rangsangan tangan, pelukan, ciuman, dan pijatan.

Selain itu, berhubungan intim setelah pengangkatan rahim juga akan mendatangkan berbagai keuntungan lain untuk wanita, seperti penghentian menstruasi dan minimnya peluang (bahkan bisa dikatakan nol besar) terjadinya kehamilan yang tidak direncanakan.


Berita Terkait

Espos Premium

Berita Terkini

28 November Hari Dongeng Nasional, Sudahkah Anda Mendongeng untuk Anak?

Mumpung Hari Dongeng Nasional, ketahui sejumlah manfaat kegiatan ini bagi anak.

Ilmuwan: Orang yang Sudah Divaksin Penuh Bisa Kena Varian Omicron

Untuk mencegah terinfeksi varian Omicron, Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, memperingatkan semua orang Inggris untuk suntik vaksin Covid-19 penuh dan segera mendapatkan suntikan booster vaksin Covid-19.

28 November 2021 Minggu Pon, Begini Wataknya Menurut Primbon Jawa

Berdasarkan primbon Jawa, mereka yang lahir pada Minggu Pon mempunyai jumlah nilai neptu 12.

Tanda-Tanda Pria Tidak Tulus Mencintai Perempuan

Memang tidak mudah untuk mendeteksi apakah pria tulus atau tidak mencintai perempuan.

Resep Masakan Praktis Berbahan Daun Kemangi

Saat menyantap masakan berbahan kemangi ini, Anda tidak akan kehilangan cita rasanya yang khas. 

Virus Corona Varian Omicron Miliki Gejala Tidak Biasa, Seperti Apa?

Disebut memiliki gejala yang tidak biasa, lalu seperti apakah tanda-tanda seseorang terinfeksi varian omicron ini? 

Mendongeng Jadi Sarana Menasihati Tanpa Menggurui

Pada 2015 silam, sejumlah pendongeng dan perwakilan Kemendikbud mendeklarasikan tanggal 28 November 2015 sebagai Hari Dongeng Nasional.

Spermisida Jadi Metode Kontrasepsi, Kenali Efek Sampingnya

Namun seperti metode kontrasepsi lainnya, spermisida juga memiliki efek samping dan masih ada kemungkinan bagi penggunanya untuk hamil.

Viral! Pria Ini Curi Kutang di Jemuran, Dicium Dulu Baru Diambil

Seorang pria diketahui maling kutang milik warga yang dijemur di depan rumah dan direkam salah seorang warga.

Lakukan Kebiasaan Baik Sebelum Tidur Ini Agar Anak Lebih Pulas

Ada sejumlah kebiasaan baik yang bisa diterapkan sebelum anak tidur, apa saja?

Keberadaan Arwah Gentayangan Menurut Islam, Adakah?

Berikut pendapat Islam mengenai cerita arwah gentayangan yang selama beredar di masyarakat.

Viral! Ada Bocah Punya Bulu Lebat di Lengan, Begini Penampakannya

Seorang bocah memiliki keunikan pada lengannya yang tumbuh bulu lebat menjadi perhatian warga sekitar rumahnya dan netizen.

3 Zodiak Ini Sering Bikin Patah Hati Orang Lain, Percaya?

Dari sejumlah zodiak yang sering bikin patah hati orang lain ini salah satunya memiliki jiwa petualang dan menyukai kemandirian.

5 Weton Wanita Pemarah dan Pemalas, Salah Satunya Senin Wage

Berdasarkan perhitungan weton dalam Primbon Jawa, kita ternyata dapat menilai sifat pemarah dan pemalas dari seorang wanita.

Doa Agar Menjadi Orang yang Sukses, Jangan Lupa Dibaca ya!

Berikut ini terdapat doa agar menjadi orang yang diberikan kesuksesan menurut ajaran Islam. Jangan lupa dibaca dan diamalkan ya!

Apa Itu Black Friday? Simak Sejarah dan Kisah Kelam di Baliknya

Momentum Black Friday dimanfaatkan setiap hari Jumat sehari setelah perayataan Thanksgiving.