Tutup Iklan

Benarkah Pengangkatan Rahim Pengaruhi Kehidupan Seksual Wanita?

Tak sedikit wanita merasa khawatir operasi pengangkatan rahim seperti dialami artis Melanie Subono bisa pengaruhi kehidupan seksual mereka.

 Ilustrasi hubungan suami istri. (Freepik)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi hubungan suami istri. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Tak sedikit wanita merasa khawatir operasi pengangkatan rahim seperti dialami artis Melanie Subono bisa pengaruhi kehidupan seksual mereka. Sebagaimana diketahui Melanie Subono baru saja menjalani prosedur ini akibat tumor di tubuhnya pecah. Operasi ini dilakukan di RSCM pada Kamis (21/10/2021) dan berlangsung selama enam jam.

Benarkah operasi pengangkatan rahim bisa pengaruhi kehidupan seksual wanita? Simak ulasannya di info kesehatan kali ini.

Mengutip halodoc, Senin (25/10/2021), Spesialis Kandungan dan Ginekolog, Dana B. Jacoby, mengatakan bahwa pengangkatan rahim sesungguhnya tidak pengaruhi kehidupan seksual wanita. Hal ini karena prosedur itu tidak mengganggu fungsi organ intim. Hubungan intim tak terkait dengan rahim. Hubungan intim berlangsung di dalam miss V yang tidak banyak dipengaruhi oleh pengangkatan rahim, sehingga tidak menimbulkan dampak negatif apa pun yang bekaitan dengan fungsi organ intim. Namun, hal itu berbeda bila indung telur juga diangkat, apalagi kalau keduanya.

Baca Juga: Tumor Pecah, Melanie Subono Jalani Operasi Pengangkatan Rahim

Jika seorang wanita menjalani histerektomi lengkap (ovarium dan uterus diangkat), kemungkinan besar prosedur ini akan mengubah hasrat berhubungan intim seorang wanita. Sebab, ovarium bertugas memproduksi hormon testosteron dan estrogen yang penting dalam berhubungan dan berkaitan dengan gairah berhubungan intim. Kadar estrogen yang menurun menyebabkan miss V kering dan jaringan dalam miss V menipis yang membuat hubungan intim terasa menyakitkan. Rasa sakit tidak hanya akan dialami oleh wanita, tetapi juga oleh pasangannya.

Meski begitu, menurut Spesialis Kandungan dan Bedah Laparoskopi dari Sydney Women’s Endosurgery Centre (SWEC), Sarah Choi,  seorang perempuan yang rahimnya telah diangkat tetap masih dapat mempertahankan aktivitas intim seperti biasanya.  Alasan yang membuat malas berhubungan intim setelah pengangkatan rahim sebenarnya hanya dapat dijawab oleh seorang wanita yang menjalani operasi histerektomi itu sendiri. Hal ini tentu diperlukan komunikasi yang baik dan terbuka.

Baca Juga: Membeli 3 Tas Mewah Lewat Jastip, Irma Darmawangsa Kecewa

Kehidupan seksual wanita setelah pengangkatan rahim bisa jadi memang sedikit berkurang. Hal ini lantaran setelah pengangkatan rahim kemungkinan besar akan membuat gairah berhubungan intim menurun, sehingga wanita mungkin tak terlalu bersemangat bercinta dengan pasangan. Untuk tetap bisa menjaga keharmonisan perkawinan, wanita dan pasangannya harus selalu rutin berkomunikasi secara terbuka. Pasangan tersebut juga dapat meminta pertolongan konselor rumah tangga untuk mengevaluasi masalah keintiman mereka.

Baca Juga: 7 Alasan Medis Wanita Jalani Pengangkatan Rahim Seperti Melanie Subono

Sebagian besar ginekolog merekomendasikan untuk kembali berhubungan intim setelah operasi pengangkatan rahim, sekitar enam sampai delapan pekan setelah operasi atau ketika bagian atas Miss V telah sembuh total. Wanita juga disarankan untuk menjalani check-up untuk mendapatkan lampu hijau dari dokter kandungan. Sementara menunggu, masih ada cara lain untuk mengekspresikan hasrat berhubungan intim seorang wanita, di antaranya adalah dengan foreplay rangsangan tangan, pelukan, ciuman, dan pijatan.

Selain itu, berhubungan intim setelah pengangkatan rahim juga akan mendatangkan berbagai keuntungan lain untuk wanita, seperti penghentian menstruasi dan minimnya peluang (bahkan bisa dikatakan nol besar) terjadinya kehamilan yang tidak direncanakan.


Berita Terkait

Berita Terkini

Berikut Ini Kategori Penerima Vaksin Booster Gratis dan Berbayar

Akan ada dua kategori penerima vaksin booster yakni gratis dan berbayar, tentu ada kriteria tersendiri yang harus dipenuhi penerima.

+ PLUS Kekerasan dalam Pacaran Menempati Urutan Kedua Setelah KDRT

Berbagai dampak yang ditimbulkan dari kekerasan dalam pacaran yaitu terjadi gangguan kesehatan dan psikis perempuan yang menjadi korban.

Peneliti Indonesia Novalia Pishesha Temukan Kandidat Vaksin Covid-19

Kandidat vaksin Covid-19 yang ditemukan Novalia berbasis protein dan menyasar langsung sel-sel penyaji antigen

Hari Ibu Tanggal 22 Desember, Begini Sejarahnya di Indonesia

Bagaimana cerita sejarah awal mula Hari Ibu Nasional diperingati tanggal 22 Desember setiap tahunnya, ada yang tahu?

Doa Ketika Terjadi Gunung Meletus, Agar Terhindar dari Bahaya

Berikut ini terdapat bacaan doa yang bisa dilafalkan ketika ada bencana alam gunung meletus menurut ajaran Islam, agar terhindar dari bahaya.

Perempuan Cerdas Cenderung Sulit Jatuh Cinta, Ini Penyebabnya

Nah bagi Anda kaum pria yang sedang berusaha menaklukkan hati si dia, tak ada salahnya mengetahui terlebih dulu apa penyebab perempuan cerdas cenderung sulit jatuh cinta.

Vaksin Dosis Ketiga Covid-19 Ada yang Berbayar, Berapa Harganya?

Rencananya, penerapan vaksin dosis ketiga Covid-19 berbayar ini mulai Januari 2022.

Ketahui Penyebab Seseorang Bunuh Diri, Salah Satunya Depresi

Jika orang sering merasakan kegagalan berulang dan merasa putus asa, ini juga bisa menjadi penyebab bunuh diri. 

Gunung Semeru Erupsi, Warganet Serukan Pray for Lumajang di Twitter

Warganet menunjukkan kepedulian mereka terhadap warga Lumajang yang sedang mengalami musibah dengan bersama-sama menggunakan tagar pray for Lumajang di jagat Twitter.

Tagar Randy Bagus Hari Sasongko Trending di Twitter

Diketahui, Bripka Randy Bagus ini berdinas di Polres Pasuruan dan telah ditetapkan tersangka.

Waspadai Dampak Debu Vulkanik Seperti Dikeluarkan Gunung Semeru

Akademisi dan Praktisi Klinis, Ari Fahrial Syam mengimbau agar masyarakat mewaspadai dampak dari debu vulkanik seperti dikeluarkan Gunung Semeru.

Lakukan Ini Saat Tersesat di Gunung Seperti Dialami WNA Ukraina

Ada sejumlah hal bisa Anda lakukan saat mengalami tersesat di gunung.

Melihat Keindahan 5 Danau di Gunung Semeru yang Saat Ini Erupsi

Bukan hanya puncaknya yang bernama Mahameru yang menarik perhatian, melainkan sejumlah danau atau ranu di Gunung Semeru juga menyimpan pesona tersendiri.

Kematian Novia Widyasari Jadi Sorotan, Kata Diperkosa Trending Twitter

Kata diperkosa terkait kasus kematian Novia Widyasari trending di Twitter, begitu pula dengan tagar noviawidyasari yang telah menuai 4.805 tweet.

Lakukan Ini Saat Terjadi Letusan Gunung Berapi Seperti Gunung Semeru

Bagi warga yang hidup di sekitar gunung berapi biasanya sudah tahu apa yang harus dilakukan saat terjadi letusan, namun lain halnya dengan wisatawan.

Mengenal Bahaya yang Timbul Akibat Letusan Gunung Berapi Seperti Semeru

Bagi warga yang hidup di sekitar harus pandai-pandai menyesuaikan diri dengan selalu waspada dan siap siaga terhadap bahaya letusan gunung berapi.