SOLOPOS.COM - Nyasasaurus. (livescience.com)

Nyasasaurus. (livescience.com)

Para ilmuwan menduga Nyasasaurus parringtoni yang berasal dari Tanzania, Afrika merupakan dinosaurus yang tertua di dunia. Binatang ini diperkirakan hidup sekitar 240 juta tahun yang lalu.

Promosi Championship Series, Format Aneh di Liga 1 2023/2024

 

Dilansir nationalgeographic pekan lalu, setelah menemukan fosil Nyasasaurus di Tanzania, Afrika pada tahun 1930-an, para ilmuwan baru menelitinya secara mendetil akhir-akhir ini. Nyasasaurus diklaim sebagai dinosaurus tertua karena para ilmuwan memperkirakan usianya sepuluh hingga 15 tahun lebih awal dibanding fosil dinosaurus tertua sebelumnya yang berusia 230 juta tahun. Dinosaurus tertua sebelumnnya ditemukan di Amerika Selatan dengan ciri-ciri berukuran kecil, bertubuh ringan dan memakan daging.

 

Anggota tim penelitian lainnya, Sarah Werning dari University of California, Berkeley, AS, mengungkapkan penemuan dinosaurus di Afrika memperkuat keyakinan selama ini bahwa dinosaurus berasal dari bagian selatan superbenua atau yang dikenal dengan sebutan Pangaea. Ilmuwan mengaku hanya memiliki sedikit informasi mengenai fosil Nyasasaurus. Mereka memperkirakan hewan ini memiliki panjang dua hingga tiga meter yang sudah meliputi ekornya. Akan tetapi karena tulang tengkorak belum ditemukan, ilmuwann sulit mengidentifikasi pola makan atau bahkan dengan apa Nyasasaurus berjalan. Prediksi sementara ini Nyasasaurus berjalan dengan menggunakan dua atau empat kaki.

 

Puncak lengan yang membentang di sepanjang tulang lengan atasnya menjadi pegangan para ilmuwan untuk mengindentifikasi dan menyimpulkan bahwa hewan ini memang memiliki kemiripan dengan dinosaurus. “Ini disebut puncak deltopektoralis, yang menahan otot bahu ke tulang lengan atas. Semua dinosaurus memiliki puncak yang memanjang seperti ini,” ungkap ketua penelitian yang juga seorang ahli paleontologi di University of Washington, Sterling Nesbitt.

 

Minimnya informasi tentang Nyasasaurus membuat para ilmuwan tidak dapat menjelaskan secara gamblang apakah binatang ini merupakan dinosaurus atau hanya kerabat terdekat dari dinosaurus. Namun secara prinsip fosil Nyasasaurus sangat dekat kekerabatannya dengan kelompok reptil seperti silesaurids, yang selama berjuta-juta tahun sebelumnya mendominasi bumi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya