SOLOPOS.COM - Ilustrasi minuman bersoda. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Minum minuman bersoda saat telat haid konon bisa membuat haid bisa datang lebih cepat. Apakah benar demikian? Apakah aman?

Info sehat kali ini membahas tentang efek minum minuman bersoda saat telat haid, benarkah bikin haid datang lebih cepat? Menstruasi merupakan salah satu siklus bulanan pada wanita yang sudah pubertas. Saat si tamu bulanan ini datang terlambat, sebagian perempuan merasa waswas dan ketar-ketir.

Promosi BRI Dipercaya Sediakan Banknotes untuk Living Cost Jemaah Haji 2024

Sebelum memutuskan minum minuman bersoda ketahui terlebih dulu sejumlah penyebab telat haid. Melansir dari Healthline, Rabu (22/12/2021), selain kehamilan, menstruasi datang terlambat bisa disebabkan oleh beberapa hal. Adapun beberapa penyebabnya yaitu :

Baca Juga: Meninggal Dunia, Nama Mbah Minto Trending di Twitter

– Stres
– Berat badan terlalu tinggi atau rendah
– Sindrom ovarium polikistik
– Kontrasepsi hormonal
– Penyakit kronis (diabetes atau penyakit celiac)
– Masalah tiroid

Untuk memperlancar haid kembali, beberapa wanita menggunakan berbagai cara, salah satunya dengan minum minuman bersoda. Lantas, apakah aman minum minuman bersoda saat telat haid?

Baca Juga: Studi: Booster Vaksin Moderna Efektif Lawan Omicron

Sejauh ini belum ada penelitian yang membuktikan bahwa minuman soda mampu mempercepat haid yang datang terlambat. Namun, minuman soda terbukti mampu mempercepat haid pertama.

Mengutip situs Guardian dan Suara.com, Kamis (23/12/2021), sebuah melakukan penelitian mengenai pola makan dan siklus haid pada 16.875 anak perempuan yang berusia 9-14 tahun di AS pada tahun 1996-2001.  Dari penelitian tersebut, ditemukan fakta bahwa anak perempuan yang mengonsumsi minuman soda setiap hari rata-rata 1,5 kali, mendapati menstruasi pertamanya datang lebih cepat sekitar 2,7 bulan dibandingkan anak perempuan yang mengonsumsi minuman soda hanya 1 kali dalam seminggu.

Meski perbedaan fase awal haid tersebut tak signifikan, sebuah penelitian menyebukan perbedaan waktu 2,7 bulan tersebut dapat meningkatkan risiko munculnya kanker payudara sekitar 5 persen.

Baca Juga: Tingkat Keparahan Varian Omicron 70 Persen Lebih Rendah Dibanding Delta

Sejumlah peneliti menyebutkan, gula tambahan yang terkandung di dalam soda ini yang membuat haid pertama bisa datang lebih cepat. Sebab, gula tambahan pada minuman mengandung indeks glikemik tinggi dibanding gula biasa.

Secara ilmiah, minum soda seperti sprite memang mungkin belum terbukti mampu mempercepat haid yang datang terlambat. Namun, secara ilmiah, minum minuman bersoda dapat mempengaruhi haid pada wanita.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya