SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO – Bekerja sembari mendengarkan musik sangat umum dilakukan para pekerja kantoran. Bagi sebagian orang, suara musik dianggap sebagai penenang, bahkan pengusir kebosanan. Namun, suatu hasil penelitian menyebut suara musik justru mengganggu konsentrasi dan menurunkan kreativitas.

Mengutip New York Post, Jumat (1/3/2019), hasil penelitian yang dilakukan tim dari University of Central Lancashire dan Lancaster University, Inggris, serta University of Gavle di Swedia menyebut, mendengarkan musik saat bekerja menurunkan kreativitas. Penelitian ini dilakukan terhadap sejumlah orang yang dibagi dalam beberapa kelompok. Mereka diminta menyelesaikan tugas di lingkungan yang berbeda.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kelompok pertama menyelesaikan tugas di ruang sunyi. Kelompok kedua diminta bekerja sambil mendengarkan lagu berlirik. Sementara kelompok ketiga menyelesaikan tugas sembari mendengarkan musik instrumental.

Hasilnya, peneliti menemukan bukti kuat adanya gangguan kinerja pada mereka yang menyelesaikan tugas sambil mendengarkan lagu berlirik. Suara musik tersebut mengganggu kemampuan memecahkan masalah. Padahal, selama ini musik dipercaya memperbaiki suasana hati dan meningkatkan kreativitas. Kenyataannya, penelitian tersebut menemukan hal sebaliknya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya