Benarkah Keracunan Obat Bisa Diobati dengan Minum Air Kelapa?

Benarkah keracunan obat bisa diatasi dengan minum air kelapa?

Rabu, 10 Agustus 2022 - 20:45 WIB Editor: Astrid Prihatini WD | Solopos.com

SOLOPOS.COM - Air kelapa. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Minum air kelapa selama ini dipercaya bisa mengobati keracunan, tapi bagaimana halnya jika mengalami keracunan obat?  Simak ulasannya di info sehat kali ini.

Minum air putih memang dapat membantu mengembalikan cairan tubuh, tapi air putih saja kadang tidak cukup untuk mengembalikan elektrolit yang hilang akibat diare. Nah, air kelapa mengandung jumlah elektrolit yang lebih banyak daripada air putih sehingga dapat mempercepat pemulihan diarenya.

Selain itu, berbagai kandungan zat dalam air kelapa dapat membantu proses detoksifikasi untuk membuang racun dalam saluran pencernaan makanan Anda. Terlebih, rasa manis alami dari air kelapa dapat membantu meningkatkan energi tubuh Anda yang lemas sekaligus menghilangkan sensasi mual dan muntah akibat diare, dehidrasi, dan berbagai efek keracunan makanan lainnya.

Baca Juga: 6 Pertolongan Pertama Saat Keracunan Seperti Dialami Warga Pucangsawit

Namun bagaimana halnya jika mengalami keracunan obat, bisakah diobati denganminum air kelapa? Ternyata tidak dapat. Pasalnya air kelapa hanya bisa menetralkan keracunan makanan. Kendati demikian seperti dikutip dari halodoc.com pada Rabu (10/8/2022), kebanyakan ahli gizi menyarankan untuk minum sekitar segelas-dua gelas saja. Ingat: air kelapa bukanlah obat penyembuh, melainkan hanya sebagai pereda gejala saja.

Hanya minum air kelapa saja setelah keracunan makanan tanpa dilanjut dengan perawatan yang tepat malah akan membatasi Anda terhadap nutrisi lainnya yang juga penting untuk mempercepat proses pemulihan. Pasalnya, air kelapa hanya mengandung sedikit karbohidrat, si sumber energi utama bagi tubuh.

Baca Juga: Sebelum Terlambat, Begini Pertolongan Pertama Keracunan

Nah berikut ini cara mendapatkan manfaat minum air kelapa saat mengalami keracunan, selain obat, seperti dikutip dari konimex.com pada Rabu (10/8/2022):

1. Keracunan pestisida.

Konsumsi air kelapa hijau yang diberi garam dapur. Usahakan agar muntah dengan cara memasukkan jari bersih ke kerongkongan.

2. Keracunan singkong, gadung atau kara benguk.

Atasi dengan minum air kelapa hijau yang diberi sedikit garam. Dapat juga dicampur gula kelapa.

Baca Juga: Ini 3 Langkah Darurat yang Bisa Selamatkan Nyawa Saat Keracunan Sianida

3. Keracunan jamur.

Untuk mengobatinya minumlah sebutir telur ayam yang sudah dikocok. Berikan juga santan kental atau air kelapa hijau satu gelas.

4. Keracunan udang.

Usahakan agar penderita muntah, lalu minumkan air kelapa hijau. Supaya cepat muntah, penderita minum telur mentah yang sudah dikocok atau susu sapi mentah.

5. Keracunan daging atau ikan busuk.

Minumlah segelas santan kelapa yang kental. Susul dengan minum air kelapa muda. Dapat juga ditambahkan 20 g kaolin pada air kelapa tersebut.

6. Keracunan obat tidur (valium, veronal).

Minumkan air sebanyak-banyaknya, usahakan agar ia muntah. Berikan norit dan garam inggeris sebagai pencuci perut.

 

 

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif