SOLOPOS.COM - Ilustrasi bermain hujan. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Benarkah ketika kehujanan  bikin kita lebih mudah sakit atau kena flu? Di musim penghujan tentu kemungkinan kehujanan bisa saja terjadi. Untuk menjaga kesehatan tubuh simak ulasannya di info sehat kali ini.

Ketika musim penghujan, ada kalanya kita sedang berada di luar ruangan dan lupa membawa jas hujan atau payung sehingga terpaksa berhujan hujan. Hal ini pasti membuat khawatir akan terserang penyakit seperti pilek atau flu.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Hujan sendiri sebenarnya tidak menyebabkan Anda menjadi sakit. Namun, berada di situasi tubuh kebasahan dan kedinginan dalam waktu lama bisa menurunkan suhu tubuh Anda, yang mana cukup untuk memengaruhi sistem imun Anda yang membuat mudahnya virus atau demam menyerang.

Dikutip dari health.com pada Sabtu (17/2/2024), virus tidak bisa menular melalui hujan. Virus yang menyebabkan demam dan flu pada umumnya menyebar melalui cairan tubuh dari seseorang yang telah terinfeksi. Ini berarti terpapar dengan orang yang sakit, atau menyentuh permukaan yang terdapat ingus atau liur lalu meyentuh mata, mulut atau hidung Andalah yang menyebabkan menjadi sakit.

Untuk menjawab pertanyaan benarkah kehujanan bisa bikin sakit, hasil penelitian menunjukkan pilek dan virus flu lebih cenderung berkembang di kondisi dingin dan kering. Virus-virus ini tidak menyebar dengan baik di kondisi lembab, seperti hujan. Namun, pada hari-hari hujan, orang lebih cenderung berkumpul di dalam ruangan. Jadi, secara tidak langsung, cuaca hujan dapat memberikan peluang lebih baik bagi virus untuk menginfeksi lebih banyak orang yang berdekatan.

Meskipun Anda tidak dapat terkena pilek karena hujan, Anda mungkin dapat merasa kedinginan yang menurunkan suhu tubuh dan melemahkan sistem kekebalan tubuh Anda. Terkena basah dan berada di situasi basah dapat membuat tubuh sulit untuk mengatur suhu dalam cuaca sejuk. Hal ini disebabkan karena terperangkan hujan atau keringat menyebabkan tubuh kehilangan panas karena terus-menerus dan menguapkan kelembaban kulit.

Penelitian telah menemukan bahwa penurunan suhu tubuh dapat mengurangi respon imun tubuh seseorang, yang mana imun tersebut membantu melawan virus. Hasilnya, Anda mungkin lebih rentan terhadap penularan virus jika Anda merasa kedinginan selama atau setelah berada di hujan.

Berikut ini sejumlah tips agar Anda tidak mudah jatuh sakit sekali pun sering kehujanan:

1. Kenakan pakaian tahan air

Jika Anda menghabiskan waktu di tengah hujan, kenakan jas hujan tahan air atau jaket lari agar Anda tetap kering. Carilah jas hujan dengan lapisan anti air yang tahan lama (DWR) yang mampu menolak air namun tidak mengganggu sirkulasi udara. Jas hujan yang tidak bernapas akan menumpuk panas yang membuat Anda berkeringat dan kedinginan. Jika jas hujan lama tampaknya tidak tahan air, pertimbangkan untuk menggunakan DWR baru.

2. Hindari pakaian berbahan katun

Cara lainnya agar kehujanan tidak bikin sakit adalah hindari pakaian berbahan katun. Kapas menyerap air dan menahannya di kulit, membuat Anda merasa basah dan dingin. Anda lebih mungkin masuk angin jika mengenakan pakaian berbahan katun yang menyentuh kulit—seperti kemeja, bra, dan kaus kaki—karena tubuh Anda akan kehilangan panas saat mencoba menguapkan keringat dan kelembapan dari kulit Anda.

3. Tutupi kepala dari air hujan

Kenakan topi atau tudung tahan air untuk membantu mencegah hujan mengenai rambut dan wajah Anda. Ini tidak hanya akan membantu Anda melihat lebih baik saat hujan, tetapi juga membantu Anda tetap hangat dan kering. Meskipun rambut basah tidak membuat Anda sakit, rambut basah bisa membuat Anda merasa kedinginan. Anda juga kehilangan sebagian panas melalui kepala saat cuaca dingin.11 Mengenakan topi dapat membantu memerangkap kehangatan.

4. Ganti pakaian

Cara berikutnya agar kehujanan tidak bikin Anda sakit adalah segera ganti baju. Begitu Anda masuk ke dalam, lepaskan pakaian basah itu. Duduk dengan pakaian basah akan membuat kulit menjadi dingin dan menurunkan suhu tubuh.  Jika Anda sedang dalam perjalanan, simpanlah handuk cadangan dan pakaian kering di dalam mobil agar Anda tidak perlu duduk dengan pakaian yang basah. Ingatlah untuk mengganti sepatu dan kaus kaki Anda juga!

5. Minumlah minuman hangat

Meminum minuman hangat favorit Anda dapat membantu menghangatkan tubuh jika Anda merasa kedinginan.9 Jika Anda akan kehujanan untuk sementara waktu, siapkan termos berisi teh atau kopi panas agar tetap hangat saat bepergian. Coklat panas atau semangkuk sup juga bisa membantu menghangatkan Anda dari dalam begitu sampai di rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya