SOLOPOS.COM - Ilustrasi berjalan kaki. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Benarkah berjalan kaki setelah makan baik dan bermanfaat untuk kesehatan, pertanyaan itu bisa jadi menjadi rasa ingin tahu banyak orang. Simak ulasannya di info sehat ini.

Setelah menyantap makanan biasanya seseorang disarankan untuk duduk beberapa waktu sebelum mengganti posisi tiduran agar makanan bisa tercerna dengan baik. Namun, selain disarankan duduk ternyata berjalan kaki beberapa waktu setelah makan juga memiliki efek yang baik.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Dikutip dari healthline.com pada Jumat (15/3/2024) beberapa manfaat dari berjalan kaki setelah makan dapat membantu melancarkan pencernaan.  Gerakan tubuh dapat membantu pencernaan dengan merangsang perut dan usus, menyebabkan makanan bergerak lebih cepat. Selain itu, aktivitas fisik ringan hingga sedang setelah makan mungkin memiliki efek perlindungan pada saluran pencernaan.

Bahkan, telah terbukti dapat mencegah penyakit seperti tukak lambung, heartburn, sindrom iritasi usus besar, penyakit divertikula, sembelit, dan kanker usus besar.

Manfaat penting lain dari berjalan setelah makan adalah peningkatan pengelolaan gula darah.  Hal ini terutama penting bagi orang dengan diabetes tipe 1 dan 2. Dimana kondisi yang mengganggu pemrosesan gula darah. Dikarenakan berolahraga setelah makan dapat mencegah lonjakan gula darah yang berlebihan, sehingga mengurangi jumlah insulin atau obat oral yang diperlukan.

Sebuah studi pada tahun 2016 pada orang dengan diabetes tipe 2 menemukan bahwa berjalan ringan selama 10 menit setelah setiap setelah makan lebih unggul daripada berjalan selama 30 menit sekaligus untuk pengelolaan gula darah.  Meskipun olahraga setelah makan khususnya berdampak bagi mereka dengan diabetes, orang lain juga dapat mengalami manfaat dari efek penurunan gula darahnya.

Selain itu berjalan kaki setelah makan memungkinkam mengurangi risiko penyakit jantung. Selama beberapa dekade, aktivitas fisik telah dikaitkan dengan kesehatan jantung.

Lebih spesifik lagi, latihan teratur dapat menurunkan tekanan darah dan kolesterol jahat, juga mengurangi risiko stroke atau serangan jantung.

Sebuah studi menyarankan bahwa beberapa sesi latihan kecil sepanjang hari mungkin lebih unggul daripada satu sesi latihan berkelanjutan untuk menurunkan trigliserida darah, faktor risiko penyakit jantung.

Anda dapat meniru pola ini dengan melakukan jalan kaki selama 5 hingga 10 menit setelah makan utama Anda sepanjang hari.  The U.S. Department of Health and Human Services (DHHS)  merekomendasikan 30 menit latihan dengan intensitas sedang setidaknya 5 hari per pekan dan hanya dengan menyelesaikan tiga kali jalan kaki selama 10 menit setiap hari setelah makan, Anda dapat dengan mudah memenuhi pedoman ini.

Manfaat lainnya dari kebiasaan berjalan kaki setelah makan ialah dapat membantu menurunkan berat badan. Merupakan hal umum diketahui bahwa olahraga memainkan peran utama dalam penurunan berat badan dalam kombinasi dengan diet yang tepat.  Untuk mendorong penurunan berat badan, Anda harus berada dalam defisit kalori, yang berarti Anda membakar lebih banyak kalori daripada yang Anda konsumsi.

Berjalan setelah makan dapat membawa Anda lebih dekat untuk mencapai defisit kalori yang jika secara konsisten dipertahankan dapat membantu dalam penurunan berat badan.  Meskipun demikian, lebih banyak data diperlukan untuk menentukan efek spesifik dari berjalan setelah makan terhadap penurunan berat badan.

Berjalan setelah makan juga dapat membantu mengatur tekanan darah hingga batas tertentu. Terakhir, manfaat melakukan jalan kaki setelah makan yaitu menurunkan tekanan darah. Beberapa studi menghubungkan 3 kali sehari berjalan kaki selama 10 menit dengan penurunan tingkat tekanan darah.

Lebih lanjut, beberapa jalan kaki selama 10 menit sepanjang hari tampaknya lebih bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah daripada satu sesi yang terus menerus. Studi lain pada individu yang tidak aktif secara fisik menemukan bahwa memulai program berjalan kaki dapat mengurangi tekanan darah sistolik hingga 13%, atau sekitar 21 poin.  Berdasarkan data saat ini, melakukan jalan kaki setelah makan mungkin memiliki efek penurunan tekanan darah yang kuat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya