SOLOPOS.COM - Pembangunan Masjid Raya Sheikh Zayed di Kelurahan Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Solo, memasuki tahap finishing, Rabu (19/10/2022). (Istimewa/Dokumentasi Pemkot Solo)

Solopos.com, SOLO — Masjid Raya Sheikh Zayed di Gilingan, Solo, Jawa Tengah, bakal diresmikan langsung oleh Presiden Jokowi pada 17 November 2022 mendatang.

Kemegahan masjid yang terletak tak jauh dari Terminal Tirtonadi Solo ini menuai decak kagum masyarakat baik yang melihatnya melalui media sosial maupun secara langsung ketika melewati tempat ibadah berwarna putih itu.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Tampak dari luar masjid ini berwarna putih dengan jumlah 82 kubah bergaya Maroko yang dihiasi batu pualam putih. Masjid ini dibangun dua lantai dengan luas bangunan utama sekitar 8.000 meter persegi dan dilengkapi dengan ruang VIP, perpustakan seluas 20 meter persegi, serta basement yang digunakan untuk tempat wudu putra dan putri.

Tak hanya tampak megah dari luar, Masjid Raya Sheikh Zayed Solo ini juga terlihat mewah dari dalam. Berdasarkan foto interior masjid ini yang diunggah oleh akun Instagram @skycrapercitysolo dan @raito_hc, kesan adem begitu terasa dari masjid replika Sheikh Zayed Grand Mosque di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) ini.

Baca Juga: Spesifikasi Masjid Raya Sheikh Zayed di Solo: Punya 82 Kubah Bergaya Maroko

Nuansa gold semakin membuat masjid ini semakin terlihat megah. Apalagi terdapat tiang-tiang penyangga yang menyokong kubah dengan masjid ini. Selain itu, penggunaan karpet di lantai dua masjid ini juga membuat siapa pun yang beribadah di sini semakin betah.

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Skyscrapercity Solo Raya (@skyscrapercitysolo)

Sebagai informasi, Masjid Raya Sheikh Zayed Solo merupakan hibah Pemerintah Persatuan Emirat Arab (PEA) kepada Indonesia. Masjid tersebut dirancang mirip aslinya dengan empat menara menjulang, satu kubah utama, dikelilingi kubah-kubah kecil, dan ornamen bangunan Timur Tengah.

Pembangunan masjid berbiaya kurang lebih Rp300 miliar itu dimulai dengan peletakan batu pertama pada 6 Maret 2021 lalu. Ditargetkan pada 17 November 2022 mendatang, masjid megah ini digadang-gadang menjadi ikon wisata religi di Kota Solo dan bisa digunakan masyarakat untuk beribadah serta berwisata.

Baca Juga: Peresmian Masjid Raya Sheikh Zayed Solo, Tokoh Masyarakat akan Diundang

Menurut rencana, sekitar kompleks Masjid Raya Sheikh Zayed Solo  akan dibangun Islamic Center. Nantinya, di tempat tersebut dapat menjadi pusat pendidikan dan pengajaran Islam. Dalam Islamic Center, akan didirikan TPA, tafsir Al-Qur’an, madrasah, dan juga tempat pengembangan ekonomi syariah dengan produk-produk halal market.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya