SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SUKOHARJO – Pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Soloraya mendeklarasikan merajut harmonisasi dan persatuan pascapelaksanaan pemilihan presiden (Pilpres) 2019. Mereka berkomitmen menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Deklarasi itu dilakukan perwakilan pengurus BEM di 23 perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS) di sela-sela diskusi publik bertemakan Peran Mahasiswa dalam Rekonsiliasi Pasca Pilpres 2019 di Hotel Sarila, Kamis (18/7/2019). Kegiatan diskusi public itu diinisiasi pengurus BEM Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Staf Menteri Luar Negeri BEM Univet Sukoharjo, Muhammad Shohib, mengatakan selama masa kampanye Pilpres, kerap terjadi konflik atau gesekan antarpendukung calon presiden-wakil presiden (capres-cawapres) yang berpotensi menjadi perpecahan anak bangsa.

“Ruang-ruang komunikasi sosial penuh dengan kebencian, caci maki, dan saling ejek. Belum lagi berita palsu atau hoaks yang bertebaran di media sosial. Ini membuat kami gelisah dan resah,” kata dia.

Keresahan itu mendorong untuk mengumpulkan para pengurus BEM se-Soloraya untuk berdiskusi dan bertukar pikiran demi mengharmoniskan suasana terutama di kampusnya masing-masing.

Sementara itu, Wakil Ketua DPD PDIP Jateng Bidang Kaderisasi dan Rekrutmen, Sofwan Ardyanto, mengatakan diskusi yang melibatkan mahasiswa diharapkan mampu menjadi pelopor dalam merajut kebersamaan pascapelaksanaan pilpres. Tak dapat dipungkiri, mahasiswa berperan sentral dalam dinamika sosial politik di Indonesia.

Mereka harus bisa menurunkan tensi antarkelompok di kampusnya masing-masing. “Kami ingin mahasiswa menciptakan keharmonisan antarkelompok dan suasana politik yang lebih teduh. Saya mengapresiasi upaya BEM se-Soloraya yang berkomitmen merajut persatuan bangsa,” kata dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya