SOLOPOS.COM - Kegiatan peringatan Hari Tani 2021 BEM FP UNS. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Pertanian (FP) Universitas Sebelas Maret (UNS) berkolaborasi dengan warga Desa Gentungan, Kecamatan Mojogedang, Karanganyar untuk menyelenggarakan perayaan peringatan Hari Tani.

BEM FP UNS menyelenggarakan perayaan peringatan Hari Tani Selasa-Jumat (21—24/9/2021) dengan nama Semarak Hari Tani. Acara dipusatkan diselenggarakan di Embung Setumpeng, Dusun Ngampel, Gentungan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Acara dibuka dengan sambutan dari ketua pelaksana, Presiden BEM FP UNS, Ketua Panitia Desa Gentungan, Ketua Pokdarwis, Wakil Dekan Fakultas Pertanian UNS, dan Kepala Desa Gentungan lalu dilanjutkan dengan penampilan reog,” ujar BEM FP UNS dalam rilisnya, Rabu (29/9/2021).

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga : RG Mathematical Soft Computing UNS Gelar Pengabdian Masyarakat di Klaten

Hari pertama diisi dengan kegiatan diskusi bersama Wakil Dekan FP UNS Eka Handayanta; Wakil DPPRD, Anung Marwoko; Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Karanganyar, Siti Maisyaroch; anggota Komisi Bidang B Bidang Pertanian DPRD Provinsi Jateng, Sumanto. Diskusi tersebut membahas mengenai kelangkaan pupuk subsidi dan rumitnya prosedur pembuatan kartu tani.

Hari kedua diisi dengan pelatihan digital marketing oleh Sanggar Tani Rojo Lele. Pelatihan bertujuan untuk memberikan edukasi terhadap warga Desa Gentungan terkait manajemen pasar. Acara hari ketiga diawali dengan kegiatan aksi sosial di pagi hari. Panitia Semarak Hari Tani mendatangi beberapa rumah warga desa untuk membagikan bingkisan. Acara juga diisi dengan kegiatan lomba polo air antara warga Desa Gentungan dengan mahasiswa BEM FP UNS.

Ada pula beberapa lomba seperti lomba balap karung, lomba balon lagu, lomba estafet tepung, dan lomba makan kerupuk. Pada malam hari kegiatan diisi oleh pentas seni dari warga desa dan mahasiswa.

Baca Juga : Indahnya Musim Gugur di UNS Solo, Bikin Kangen Deh

Pada puncak acara, di hari keempat ada penayangan video dokumenter 20 menit, lalu dilanjutkan dengan penampilan aksi teatrikal dari mahasiswa BEM FP UNS. Aksi teatrikal tersebut menceritakan tentang permasalahan-permasalahan yang kerap muncul dalam dunia pertanian.

Acara Semarak Hari Tani (Sehati) 2021 bertujuan memperingati hari tani berjalan sesuai dengan harapan dan memberikan manfaat yang baik. BEM FP UNS berharap perayaan hari tani tetap dilestarikan dan semoga pertanian Indonesia tetap bertahan.

“Pertanian harus terus maju dan inovatif dan semoga generasi muda mau berkontribusi dalam mewujudkan pertanian berkelanjutan yang diharapkan dapat memajukan pertanian di Indonesia.”

.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya