SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Rohmah Ermawati/JIBI/SOLOPOS)

Ilustrasi (Rohmah Ermawati/JIBI/SOLOPOS)

WONOGIRI--Dusun Molotoko di Desa Sendang yang terletak di wilayah Kecamatan Wonogiri belum teraliri listrik.  Pihak desa telah berulang kali mengajukan permohonan ke Pemkab Wonogiri, tapi hingga saat ini belum ada realisasinya.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Kades Sendang, Budi Hardono, mengatakan mulai tahun 1990-an hingga saat ini belum dialiri listrik.

“Walaupun ada listrik dari hasil nggantol ke dusun lain sepanjang 1,5 kilometer, alirannya tidak maksimal. Untuk lampu saja, masih remang-remang. Saya hanya kasihan dengan anak-anak yang harus belajar dengan penerangan seperti itu,” katanya saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, awal pekan kemarin.

Menurutnya, hal itu akan berkaitan dengan mental anak-anak yang tidak bisa mengikuti perkembangan informasi karena tidak ada televisi. Bahkan, lanjut dia, mayoritas anak-anak di dusun itu putus sekolah setelah lulus SMP. Mereka lebih memilih bekerja karena pengetahuan mereka ketinggalan dari teman-teman lainnya.

Di dusun tersebut ada 18 rumah dengan 19 kepala keluarga (KK). Ia menyatakan sebelumnya ada PLTS yang merupakan bantuan dari Pemkab. Tapi, itu tidak bertahan lama karena kerusakan pada aki sebagai penyimpan tenaga.

“Jika di dusun itu bisa dialiri listrik, kehidupan ekonomi masyarakat dapat meningkat. Mereka bisa beternak ayam atau usaha lainnya. Saat ini, mereka hanya bekerja sebagai petani dan penambang batu dengan pengahasilan yang minim,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya