SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok/JIBI/SOLOPOS)

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Dinas Kelautan dan Perikanan Gunungkidul menyarankan nelayan di Pantai Gesing, Girikarto, Panggang memakai generator untuk penerangan bagi daerah yang belum teraliri listrik.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Gunungkidul Agus Priyanto mengaku belum ada program untuk pengadaan listrik untuk sementara ini. Menurut dia, biasanya program dinas akan digagas ketika sudah ada jaringan listrik dari Perusahaan Listrik Negara (PLN) yang masuk.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Solusi yang bisa digunakan warga nelayan yakni  membeli generator kalau sekedar penerangan,” ujar dia, Senin (18/8/2014).

Agus mengungkapkan beberapa tahun lalu dinas sudah pernah membelikan generator. Namun, karena warga tidak mampu membeli bahan bakar solar, generator pun rusak. Selain itu sempat juga ada bantuan dari Disosnakertrans solar cell namun juga tidak bertahan lama.

“Accu-nya aus dan tidak bisa membeli lagi akibatnya cell-nya rusak,” papar dia.

Dari Dinas Kelautan dan Perikanan Gunungkidul sendiri sudah pernah memberikan bantuan satelit telepon. Namun, bantuan tersebut juga sudah rusak.

Salah satu nelayan di Pantai Gesing Samingin mengungkapkan ada sekitar 27 KK yang tinggal di area Pantai Gesing. Hanya tiga KK yang mampu membeli generator. Itupun hanya digunakan untuk penerangan. Warga harus menghabiskan tiga hingga empat liter bahan bakar setiap harinya. Warga lainnya yang tidak memiliki generator pun menggunakan lampu minyak.

“Kami sudah beberapa kali mengajukan agar ada pemasangan listrik, tapi belum ada realisasi juga,” ujar dia. Ia mengaku kasihan dengan anak-anak yang harus belajar dalam gelap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya