SOLOPOS.COM - Peserta ujian susulan PPPK formasi guru bersiap mengikuti ujian di SMKN 1 Karanganyar Sabtu (18/9/2021). (Solopos.com/ Candra Putra Mantovani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Sebanyak 20 peserta ujian PPPK formasi guru kembali diundang untuk mengikuti ujian susulan tahap pertama di SMKN 1 Karanganyar Sabtu (18/9/2021). Mereka adalah peserta yang berhalangan hadir pada jadwal yang ditentukan.

Di sisi lain, peserta yang tidak lolos ujian tahap pertama nantinya masih berpeluang untuk mendapatkan posisi PPPK guru.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Pantauan Solopos.com, di SMKN 1 Karanganyar pukul 12.30 WIB, sejumlah peserta ujian susulan mendatangi lokasi untuk registrasi ulang dan mengikuti ujian.

Pelaksana Lapangan Panitia Ujian PPPK Guru Karanganyar, Sawaldi, mengatakan hingga pukul 13.30 WIB sudah ada 12 peserta yang hadir. Sementara itu, satu orang peserta dipastikan berhalangan hadir lantaran masih menjalani masa karantina karena Covid-19.

“Ini masih terus berdatangan pesertanya. Nanti mulai masuk ke ruang komputer pukul 14.00 WIB. Ada satu yang sudah mengonfirmasi tidak bisa hadir karena masih isolasi mandiri. Nanti akan kami laporkan apakah masih dapat kesempatan ujian,” ujar dia ketika ditemui Solopos.com di lokasi ujian.

Baca Juga: Waduh, Ada 1.000 Pengajuan Cerai Masuk ke PA Karanganyar

Sawaldi mengatakan terdapat 1.952 orang yang lolos seleksi administrasi. Dari jumlah tersebut, 1.726 masuk kriteria untuk mengikuti ujian. Sisa 226 orang yang tidak masuk kriteria diberikan kesempatan untuk mengikuti ujian tahap kedua.

“Nanti dari lowongan 1.633 itu nanti dilihat berapa kursi yang tersisa. Soalnya dari 1.726 peserta kemungkinan ada beberapa yang tidak lolos passing grade. Nah kursi yang tersisa itu nanti yang akan diperebutkan peserta di ujian tahap kedua,” beber dia.

Ujian Tahap Kedua

Tak hanya bagi 226 peserta yang belum mengikuti ujian, peserta yang tidak lolos ujian tahap pertama juga diizinkan mengikuti ujian tahap kedua. Namun skenario tersebut akan dilakukan apabila jumlah lowongan masih tersisa.

“Ya kalau di ujian tahap pertama jumlah peserta yang lolos passing grade sesuai dengan lowongan yang dibuka, ya sudah berhenti di situ saja dan tidak ada tahap kedua atau ketiga. Kalau masih sisa nanti baru dibuka kembali untuk diperebutkan yang belum lolos dan belum ujian,” terang dia.

Baca Juga: Dikunjungi Kepala Bappenas, Bupati Karanganyar Curhat Pembangunan RSUD Enggak Kelar-Kelar

Terkait pengumuman hasil ujian tahap pertama, Sawaldi mengaku masih menunggu informasi dari pusat. Menurutnya hasil akan dikeluarkan setelah peserta ujian susulan sudah selesai mengikuti ujian.

“Nanti dibarengkan sekalian. Karena kan yang ujian susulan baru ikut hari ini. Tapi untuk jadwal pastinya akan diumumkan kapan kami masih menunggu informasi selanjutnya,” imbuh dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya