Belum Sepenuhnya Diterapkan di Sragen, Warga Alami Masalah Pakai MyPertamina

Sejumlah pemilik kendaraan mengalami masalah saat hendak memakai aplikasi MyPertamina. Pasalnya pelat nomor kendaraan mereka digunakan orang lain untuk bisa mendapatkan BBM bersubsidi.

 Situasi Posko pelayanan pendaftaran MyPertamina di SPBU Tunjungan di jalan Sragen-Ngawi, Dusun Kebayanan 1, Toyogo, Kabupaten Sragen, pada Selasa  (30/8/2022). (Solopos.com/Galih Aprilia Wibowo)

SOLOPOS.COM - Situasi Posko pelayanan pendaftaran MyPertamina di SPBU Tunjungan di jalan Sragen-Ngawi, Dusun Kebayanan 1, Toyogo, Kabupaten Sragen, pada Selasa  (30/8/2022). (Solopos.com/Galih Aprilia Wibowo)

Solopos.com, SRAGEN — Penggunaan aplikasi MyPertamina secara bertahap mulai diterapkan di Kabupaten Sragen, namun belum sepenuhnya diwajibkan. Kendati demikian, belakangan ini muncul masalah saat menerapkan MyPertamina. Masalah itu yakni pelat nomor kendaraan telah didaftarkan oleh orang lain yang buka si pemilik kendaraan.

Hal tersebut diungkapkan oleh pengelola Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Tunjungan, Sambungmacan, Sragen,  Fatchurrahman. Ia mengatakan sebelum melayani pembelian BBM bersubsidi, operator SPBU harus menginput pelat nomor kendaraan pembeli pada mesin khusus sehingga bisa dilihat jenis BBM apa yang sesuai dengan kendaraan pembeli.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

“Namun ada beberapa pembeli yang ingin mengisi Pertalite, tapi di aplikasi tertera didaftarkan untuk BBM jenis solar. Ada juga beberapa pembeli yang belum mendaftar MyPertamina namun pelat nomornya telah didaftarkan duluan oleh orang kali, biasanya itu oknum nakal,” terang Rahman, sapaan akrabnya saat ditemui Solopos.com di SPBU Tunjungan, pada Senin (3/10/2022).

Untuk mencegah hal-hal seperti itu, Rahman mengimbau masyarakat segera mendaftarkan nomor kendaraannya pada aplikasi MyPertamina. SPBU Tunjungan pun juga membuka posko pendaftaran MyPertamina untuk membantu warga yang kesulitan. Menurutnya, posko tersebut selalu ramai didatangi supir-supir yang ingin mendaftar aplikasi MyPertamina.

Baca Juga: Pertamina Uji Coba Batasi Pembelian Pertalite, 120 Liter per Mobil per Hari

“Untuk penerapan MyPertamina sendiri masih dilakukan secara bertahap, menunggu kebijakan pusat. Namun, sebelum melayani pembeli operator SPBU Tunjungan selalu menanyakan apakah sudah punya barcode, ketika sudah maka dipindai,” lanjutnya.

Rahman menambahkan, kendala utama dalam penerapan MyPertamina adalah masyarakat yang belum paham aplikasi tersebut. Sebagian masyarakat masih menganggap hal tersebut merepotkan.

Untuk mengisi BBM punya tidak harus menunjukkan aplikasi MyPertamina secara langsung. Barcode tersebut bisa juga dicetak atau bisa berbentuk foto untuk dipindai petugas SPBU.

Sementara itu Plt. Direktur Perumda Bengkel Terpadu Sragen, Supriyanto, mengatakan bahwa SPBU Nganglon yang mereka kelola sudah menerapkan hal serupa di Tunjungan. Operator SPBU menanyai pembeli sudah mempunyai barcode MyPertamina atau belum.

Baca Juga: Cerita Sopir Truk Empat Kali Daftar MyPertamina Tak Kunjung Dapat Verifikasi

Ketika sudah maka akan dipindai, namun banyak masyarakat yang belum mendaftar. Ia pun mengimbau masyarakat segera mendaftar aplikasi MyPertamina, sebelum akhirnya diterapkan sepenuhnya.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Selasa Ini: Hujan Siang-Sore

      Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Selasa 6 Desember 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Prakiraan Cuaca Solo Selasa 6 Desember: Pagi Cerah Berawan, Sore Hujan

      Prakiraan cuaca Kota Solo menurut BMKG pada Selasa (6/12/2022) ini bakal cerah berawan pada pagi hari namun hujan diperkirakan turun pada sore hari.

      Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 6 Desember 2022, Hujan Tanpa Angin

      Informasi mengenai prakiraan cuaca Sragen hari ini, Selasa (6/12/2022), bisa Anda baca pada artikel ini.

      Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini 6 Desember 2022, Hujan Sampai Petang

      Info lengkap prakiraan cuaca Karanganyar hari ini, Selasa (6/12/2022), bisa Anda simak di sini.

      Prakiraan Cuaca Klaten Hari Selasa Ini: Hujan Lebat Sore

      Prakiraan cuaca Klaten hari ini Selasa 6 Desember 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Diskominfo SP Solo Sebut 9.265 STB Gratis Sudah Dibagikan ke Warga Tak Mampu

      Diskominfo SP Solo menyebut sebanyak 9.265 unit set top box atau STB TV digital gratis dari Kemenkominfo saat ini sudah dibagikan kepada warga tak mampu di Kota Bengawan.

      Gibran Tegaskan Nama Jl Diponegoro Solo Tak Dihapus tapi Dipindah ke Jalan Lain

      Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menegaskan wacana penggantian nama Jl Diponegoro menjadi Jl Ngarsapura bukan berarti menghilangkan nama pahlawan nasional tersebut.

      Nikahan Kaesang, Pejabat Polda Jateng Jajal Naik Becak Vastenburg-Mangkunegaran

      Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol Agus Suryo Nugroho melakukan simulasi naik becak untuk tamu acara nikahan Kaesang Pangarep dari Benteng Vastenburg ke Pura Mangkunegaran Solo.

      STB Mahal, Warga Sukoharjo Kecewa Tidak Bisa Nonton Piala Dunia

      Harga set top box (STB) melambung tinggi setelah siaran televisi terestrial analog dihentikan di sejumlah wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah mulai Jumat (2/12/2022).

      Kandang di Pinggir Jalan Raya, Sapi Milik Lansia Nguntoronadi Raib Dicuri

      Satu ternak sapi betina milik lansia asal Nguntoronadi, Wonogiri diduga digondol maling pada Senin (5/12/2022).

      Wah! Sudah Punya 250 Guru Besar, UNS Solo Kukuhkan 4 Orang Lagi Besok

      UNS Solo bakal mengukuhkan empat guru besar baru sehingga menambah jumlah total guru besar di kampus tersebut menjadi 254 orang.

      20 Ekor Kobra Ditangkap di Kebakkramat, Enam Lainnya Masih Berkeliaran

      Tim Exalos Indonesia yang mengevakuasi 20 anak ular kobra itu menduga masih ada enam kobra lainnya yang masih berkeliaran di sekitar rumah milik Estik.

      Catat! Ini Lokasi 9 Panggung Hiburan Pernikahan Kaesang-Erina di CFD Solo

      Ada sembilan panggung hiburan di sepanjang area CFD Jl Slamet Riyadi Solo saat acara pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono, Minggu (11/12/2022) pagi.

      Ngeri! Tim Exalos Indonesia Evakuasi 20 Kobra dari Rumah Warga Kebakkramat

      Belasan ekor anakan ular kobra di Kebakkramat itu dievakuasi selama tiga hari pencarian.

      Pemuda Melikan Klaten Bikin Paket Wisata Edukasi Gerabah, Harganya Terjangkau

      Para pemuda sentra kerajinan gerabah putaran miring di Dukuh Pagerjurang, Desa Melikan, Kecamatan Wedi membikin paket wisata edukasi.

      Pencarian Pria Hanyut Asal Sukoharjo di Kahyangan Wonogiri Terkendala Cuaca

      Tim search and rescue (SAR) Wonogiri masih terus melanjutkan pencarian terhadap orang hanyut di sungai di kawasan wisata Kahyangan, Desa Dlepih, Kecamatan Tirtomoyo sejak Minggu (4/12/2022).