SOLOPOS.COM - Budi Kurnia (istimewa)

Solopos.com, SOLO — Budi Kurnia hanya butuh kurang dari sepekan untuk menemukan pelabuhan baru setelah mundur dari Persis Solo. Pelatih fisik berusia 32 tahun ini resmi merapat ke tim Liga 2 lain, Mitra Kukar.

Keberadaan Jafri Sastra di klub berjuluk Naga Mekes itu menjadi faktor utama yang membuat Budi menerima pinangan tim asal Kalimantan Timur. Budi bahkan langsung memimpin latihan skuat Naga Mekes pada Sabtu (5/9/2020) atau sehari setelah bergabung bersama tim.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

2 Bangsal di RSUD Sragen Ditutup Sementara untuk Isolasi 40 Nakes Positif Covid-19

Sang pelatih tiba di Kota Tenggarong pada Jumat (4/9/2020) setelah menyelesaikan negosiasi bersama Mitra Kukar. Sebagai informasi, Budi Kurnia menyatakan mundur dari Persis per 30 Agustus lalu dengan alasan ingin menyelesaikan tesisnya di Universitas Negeri Jakarta.

Namun saat itu dia tak menutup peluang bagi tim lain yang berminat dengan jasanya. “Setelah saya mundur dari Persis, ada tiga klub yang mendekati. Cukup mudah memilih Mitra Kukar karena di sana ada coach Jafri,” ujar Budi saat dihubungi Solopos.com, Minggu (6/9/2020).

Daftar Jadi Rival Gibran di Pilkada Solo 2020, Bajo Naik Kuda Balap Diiringi 9 Andong & Ribuan Orang

Budi Kurnia bisa dibilang adalah “soulmate” kental Jafri Sastra. Bagaimana tidak, Budi sebelumnya sudah menjadi asisten pelatih Jafri di lima klub berbeda yakni Semen Padang (2013-2014), PSPS Riau (2017), Persis Solo (2018), PSIS Semarang (2018-2019) dan PSMS Medan (2019).

Budi mengaku sudah sangat mengenal Jafri sehingga dia tak butuh waktu lama beradaptasi di tim barunya. Meski demikian Budi menegaskan keberadaan Jafri Sastra bukan satu-satunya alasan kenapa dia memilih Naga Mekes.

“Saya melihat Mitra Kukar sangat serius mempersiapkan tim. Mereka sudah berlatih sejak Kamis [3/9/2020] lalu. Saya sendiri langsung ikut memimpin latihan sejak Sabtu,” ujar Budi.

Calonkan Kader di 10 Daerah, Target Golkar Jateng Sapu Bersih Kemenangan di Pilkada 2020

Di Liga 2 2020, Mitra Kukar berada di Grup C bersama PSPS (tuan rumah), PSIM Jogja, Martapura FC, Putra Sinar Giri, dan AS Abadi Tiga Naga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya