Belum Semua Lampu Lalin di Kota Semarang Terhubung ATCS

Dinas Perhubungan Kota Semarang menyebut tidak semua lampu lalu lintas atau APILL di wilayahnya terhubung dengan sistem dari ATCS.

 Ilustrasi lampu lalu lintas /wired.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi lampu lalu lintas /wired.com

Solopos.com, SEMARANG — Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang menyebut semua lampu Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL) atau lampu lalu lintas (lalin) di wilayahnya terkoneksi dengan area traffic control system atau ATCS. Dari 97 lampu lalin yang ada di Kota Semarang, baru sekitar 55 persen atau 54 unit lampu APILL yang terkoneksi ATCS.

Kepala Dishub Kota Semarang, Endro Pudyo Martanto, mengatakan dibutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk menghubungkan seluruh lampu lalin di Kota Semarang dengan ATCS, yang merupakan sistem pengendalian lalu lintas berbasis teknologi informasi. Padahal, dengan ATCS itu seluruh lampu lalin yang terkoneksi bisa memberikan sistem pengawasan, pengeras sura, dan rekayasa lalu lintas.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

“Dari segi manfaat, ATCS ini berperan sangat besar, salah satunya adalah mencegah tidak pidana kriminalitas. Dishub punya fungsi menyelenggarakan keamanan, kenyamanan dan keselamatan lalu lintas. Nah, salah satunya dari segi sarana dan prasarana, misalnya ATCS ini,” jelasnya, Kamis (22/9/2022).

Menurut Endro, ATCS ini sangat dibutuhkan menyusul semakin padatnya lalu lintas serta penambahan volume kendaraan. Kendati demikian, biaya yang tinggi membuat pemasangan ATCS tidak bisa dilakukan dalam sekali anggaran.

Mahalnya biaya ATCS ini didasari atas pemasangan kamera pengawas yang terkoneksi internet dengan menggunakan kabel fiber optic (FO), yang mana pemasangan satu titik dihitung per meter kabel.

Baca juga: Polisi Panggil Sopir Bus Ugal-Ugalan di Ampel Boyolali: Wong Sragen & Semarang

Kendati demikian, Endro enggan membeberkan secara perinci anggaran setiap titik lampu lalin atau APILL jika dipasang ATCS. Kepala Dishub Kota Semarang itu hanya mengatakan Pemkot Semarang akan terus membenahi dan meningkatkan semua fasilitas umum yang fungsinya krusial.

“Belum semua lampu APILL memiliki jaringan internet, tapi kami punya target dalam waktu dekat untuk menerapkan program ini. Semoga 2024 sudah terpasang ATCS semua,” tambahnya.

Endro melanjutkan, secara ideal ATCS terpasang di semua titik perbatasan Kota Semarang. Selain mampu mengawasi aru lalu lintas, ATCS akan memudahkan penegak hukum dalam melakukan pencegahan dan penanganan tindak kriminal dari luar kota.

Baca juga: Salatiga Uji Coba Aplikasi Parkir Elektronik Parkir’o di Jl Jenderal Sudirman

“Baru ada di beberapa titik perbatasan dan itu pun mahal secara operasional. Jadi memang ATCS ini prioritas kami di dalam waktu dekat,” sambungnya.

Sejauh ini, masih menurut mantan Kepala Satpol PP Kota Semarang, ATCS di wilayah Semarang atas baru terpasang di Akademi Kepolisian dan Jalan Dr Wahidin.

Sementara di perbatasan Semarang dan wilayah lain, baru ada di bagian barat, tepatnya ada di simpang Jrakah.

“Idealnya memang di setiap pintu masuk ke Kota Semarang terpasang ATCS. Paling tidak bisa membantu rekayasa lalu lintas, selain bisa mengatasi angka kriminalitas” tandas Endro.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Kasus Curanmor di Banyumas & Jepara Tertinggi se-Jateng

      Kasus curanmor di Kabupaten Banyumas dan Jepara menjadi yang terbanyak atau tertinggi selama Operasi Sikat Jaran Candi pada 25 Agustus-13 September 2022.

      Tari Kecak & Penari Pendet Meriahkan Merti Desa di Bandungan Semarang

      Karnaval Merti Desa Sumowono di Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, dimeriahkan pertunjukan tari Kecak.

      Rekahan Gunung Slamet di Dasar Bumi, Munculkan Air Panas Alami

      Mata air panas di Kawasan Baturraden, Kabupaten Banyumas dan Guci, Kabupaten Tegal dihasilkan dari panas bumi Gunung Slamet, yang sampai saat ini masih dinyatakan sebagai gunung aktif.

      Lindungi Semarang, SERA Group Tanam 1.500 Bibit Pohon Bakau

      PT Serasi Auto Raya menanam 1.500 bibit pohon bakau di Semarang demi melindungi daratan dari abrasi.

      Ini Pengakuan Driver Ojol yang Dikeroyok di SPBU Semarang

      Driver atau pengemudi ojek online (ojol) di Kota Semarang yang menjadi korban pengeroyokan memberikan pengakuan dalam sebuah video yang dibagikan di Twitter.

      20 Hari, 40 Kasus Curanmor di Jepara Diungkap

      Polres Jepara, Jawa Tengah (Jateng), mengungkap 40 kasus pencurian selama Operasi Sikat Jaran Candi 2022.

      UKSW Salatiga Datangkan Tipe-X Hibur Mahasiswa Baru

      Puncak acara Orientasi Mahasiswa Baru atau OMB UKSW Salatiga dimeriahkan dengan penampilan grup band legendaris Tipe-X.

      Ini Kronologi Driver Ojol di Semarang Dikeroyok yang Berujung Kematian Pelaku

      Seorang driver ojek online atau ojol di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), menjadi korban penganiayaan atau pengeroyokan di SPBU.

      Awal Mula Pengeroyokan Driver Ojol di Semarang yang Sebabkan 1 Orang Meninggal

      Seorang pelaku penganiyaan atau pengeroyokan terhadap driver atau pengemudi ojek online di Kota Semarang meninggal dunia.

      Rebutan Antrean di SPBU, Pelaku Pengeroyokoan Driver Ojol di Semarang Meninggal

      Insiden pengeroyokan driver ojek online atau ojol di Semarang berujung balas dendam yang menyebabkan pelaku pengeroyokan meninggal dunia.

      Mantap, Perjalanan KA Semarang Tawang-Gambir Kini Lebih Singkat

      PT KAI Daops IV Semarang mempersingkat perjalanan 8 KA jarak jauh salah satunya tujuan Semarang Tawang-Gambir pada 28 September 2022.

      Cegah Stunting, BKKBN & NFA Ajak Warga Kendal Makan Telur

      BKKBN dan Badan Pangan Nasional (NFA) menggelar kegiatan Gerakan Makan Telur Bersama di Kabupaten Kendal sebagai upaya pencegahan stunting.

      Polisi Dalami Dugaan Kelalaian pada Insiden Ledakan di Asrama Brimob Sukoharjo

      Polda Jawa Tengah akan mengecek apakah ada unsur kelalaian atau kesalahan prosedur pada kasus ledakan di asrama Brimob Sukoharjo pada Minggu (25/9/2022) petang.

      Ada Pemeliharaan, Cek Pemadaman Listrik di Semarang Hari Ini (26/9/2022)

      Berikut ini jadwal pemeliharaan dan pemadaman listrik yang terjadi di Semarang, Jawa Tengah, pada hari ini, Senin, 26 September 2022.

      Seru! Ratusan Peserta Ikuti Kejuaraan Nasional Pacuan Kuda Danjen Kopassus

      Ratusan joki kuda mengikuti Kejuaraan Nasional Pacuan Kuda Danjen Kopassus Cup Nusantara Derby 2022 Round II di Lapangan Pacuan Kuda Tegalwaton, Kabupaten Semarang.