Marble Garden di Desa Wisata Ngargoretno, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang, Jateng. (Solopos.com-Ginanjar Saputra)

Solopos.com, MUNGKID — Desa Wisata Ngargoretno di Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah (Jateng) sebenarnya menyimpan banyak daya tarik. Sayangnya, fasilitas di salah satu desa wisata di Jateng tersebut cukup jauh dari sempurna.

Kepala Badan Usaha Milik Desa (BUM-Des) Ngargointen Ngargoretno, Soim, mengatakan perkembangan Desa Wisata Ngargoretno terkendala pada masalah dana. "Kami terkendala di pendanaan. Kami hanya mengandalkan dana desa yang kebetulan tanah ini [tempat wisata] kan milik warga, jadi kami hanya bisa membangun jalan," ungkapnya kepada Solopos.com, Senin (19/8/2019) sore.

Untungnya, lanjut Soim, masyarakat Desa Wisata Ngargoretno kreatif membangkitkan potensi pariwisata. "Masyarakat sini sudah mulai inisiatif seperti Mbah Ponco bikin gapura sendiri. Jadi memang inisatif dari kelompok sadar wisatanya," ucapnya.

Pertunjukan tarian diiringi musik rebana di Desa Wisata Ngargoretno, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang, Jateng, Senin (19/8/2019). (Solopos.com-Ginanjar Saputra)

Pertunjukan tarian diiringi musik rebana di Desa Wisata Ngargoretno, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang, Jateng, Senin (19/8/2019). (Solopos.com-Ginanjar Saputra)

Berdasarkan pantauan Solopos.com, di desa wisata tersebut masih minim toilet umum. Air juga sulit didapat di Desa Wisata Ngargoretno saat musim kemarau.  Tak hanya itu, jalan menuju salah satu tempat wisata, Marble Garden, bahkan tak mudah dilalui.

Soim memperkirakan Desa Wisata Ngargoretno baru sempurna pada 2020 mendatang jika hanya mengandalkan dana desa. Itu pun disertai dengan tenaga swadaya dari masyarakat.

Desa Wisata Ngargoretno menyajikan berbagai daya tarik, yakni kunjungan  ke peternakan kambing etawa dan bisa langsung memerah susu kambing. Wisatawan juga bisa langsung memanen madu, melihat kesenian desa, serta menyusuri jalan marmer menuju bukit marmer di lereng Bukit Menoreh.

Desa Wisata Ngargoretno terletak 7 km dari kawasan Borobudur. Desa wisata di Magelang tersebut berbatasan langsung dengan Kabupaten Purworejo.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten