SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta--Pemerintah menegaskan belum saatnya Pertamina melakukan eksplorasi ke daerah lain karena masih banyaknya sumur minyak tua yang dianggap belum berproduksi maksimal. Pertamina harus fokus melakukan pembenahan (Enhanced Oil Recovery/EOR) terhadap sumur-sumur tua yang telah dimilikinya.

Demikian disampaikan oleh Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi, Kementerian ESDM Evita Legowo usai Seminar Tantangan dan Peluang Meningkatkan Produksi Migas Nasional di Hotel Nikko, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Selasa (20/4).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Pertamina fokus dulu apa yang dia punya sekarang. Kalau eksplorasi itu butuh dana yang tinggi. Jadi gunakan teknologi-teknologi baru di wilayah kerja yang dimilikinya,” ujar Evita.

Evita menyatakan, teknologi EOR tersebut baru digunakan Pertamina sebanyak 35% terhadap sumur-sumur yang dimilikinya. Padahal jika teknologi bisa digunakan secara optimal, maka Pertamina bisa meningkatkan produksinya hingga 70%.

“Tergantung kondisi lapangan sendiri. Namun, saya melihat potensi (peningkatan produksi) masih sangat besar,” tukasnya.


dtc/tya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya