SOLOPOS.COM - Mobil Daihatsu Xenia.(Istimewa).

Solopos.com, SOLO — Pelaku bisnis rental mobil di Solo menyebut masih belum ada kenaikan harga sewa saat Ramadan. Mereka menjelaskan, kenaikan biasanya baru akan terjadi saat H-14 hingga H-10.

Beberapa mobil juga sudah mulai dipesan untuk mudik. Mereka yang menyewa rata-rata memilih mobil keluarga dengan jangka waktu empat hingga enam hari.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Beberapa yang menjadi favorit adalah Xenia, Avanza, Ertiga, Innova hingga Rush.

Salah satu penyedia rental mobil di Solo yakni Aziz Rental, Bayu Aziz Wibowo, menjelaskan kepada Solopos.com, Kamis (30/3/2023), saat ini harga sewa mobil di Kota Solo masih stabil.

Ekspedisi Mudik 2024

Rata-rata mereka yang memesan untuk dibawa mudik ke sekitar Soloraya, Madiun, Ngawi, hingga Surabaya.

“Kalau harga masih stabil, misal untuk Avanza Rp300.000 per hari, kalau Innova Rp500.000, mulai naiknya mungkin H-10 Lebaran. Memang sudah ada yang booking Avanza sama Ertiga buat mudik, ada yang sekitaran Soloraya ada yang ke Jawa Timur,” ucap Aziz.

Menurut Aziz, kenaikan harga rental mobil di Solo mendekati Lebaran berkisar antara 20 hingga 30 persen. Ia juga memprediksi, persewaan mobil akan lebih ramai dibandingkan tahun lalu.

“Kenaikan tarifnya masih masuk akal, sekitar 20 sampai 30 persen, tergantung tujuannya ke mana. Yang pasti kemungkinan tahun ini akan lebih ramai dibandingkan tahun lalu, sekarang saja dari 10 mobil yang saya punya sudah ada enam yang disewa dan sudah dibayar di depan,” tegasnya.

Cerita serupa juga diungkapkan pemilik jasa rental mobil lainnya di Solo, Franky Simon.

Saat diwawancara, Kamis, ia mengatakan yang menjadi favorit saat ini adalah mobil tiga baris yang cukup untuk satu keluarga. Rata-rata mereka menyewa mobil untuk jangka waktu lima hingga tujuh hari.

“Yang favorit mobil keluarga tiga baris, kalau untuk pelayanan yang laris Innova Reborn, jangka waktu sewanya juga panjang-panjang, mulai dari lima sampai tujuh hari. Untuk harganya sejauh ini sebenarnya masih belum ada kenaikan, mungkin mulai H-14 baru naik,” jelas Franky.

Franky menyebut, kenaikan yang dipatok mulai dari 25 hingga 50 persen dari harga normal. Untuk yang menyewa untuk ke luar kota, Franky mengaku ada ongkos tambahan yang diberikan kepada penyewa.

“Naiknya mungkin 25 sampai 50 persen dari harga normal, misal Avanza dari Rp300.000 jadi Rp500.000, tergantung tujuan juga. Kalau dibawa ke luar kota ada charge tambahan, ke Semarang nambah Rp100.000, ke Jawa Timur nambah Rp250.000 dan kalau ke Jakarta nambah Rp500.000,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya