Belum Punya Kartu Tani? Petani Boyolali Bisa Bawa KTP Saat Tebus Pupuk

Penyerapan pupuk bersubsidi tak optimal tersebut lantaran ada kendala yang dihadapi, salah satunya petani Boyolali yang belum memiliki kartu tani.

 Kabid Prasarana dan Sarana Dinas Pertanian Boyolali, Agus Pramudi (kanan), saat diwawancarai wartawan, Jumat (28/1/2022). (Solopos/Ni`matul Faizah)

SOLOPOS.COM - Kabid Prasarana dan Sarana Dinas Pertanian Boyolali, Agus Pramudi (kanan), saat diwawancarai wartawan, Jumat (28/1/2022). (Solopos/Ni`matul Faizah)

Solopos.com, BOYOLALI — Penyerapan pupuk urea bersubsidi di Boyolali pada tahun 2021 masih belum maksimal. Total baru 79 persen pupuk urea yang terserap di kalangan petani. Hal tersebut lantaran ada kendala yang dihadapi, salah satunya petani Boyolali yang belum memiliki kartu tani.

Hal tersebut disampaikan oleh Kabid Prasarana dan Sarana Dinas Pertanian Boyolali, Agus Pramudi, kepada wartawan setelah acara Rapat Koordinasi dan Penyerahan Surat Perjanjian Jual Beli (SPJB) Distributor dengan Kios Pupuk Lengkap (KPL) Boyolali, Jumat (28/1/2022).

Promosi46 Hektare Mangrove Terancam Tol Semarang-Demak, Relokasi Bukan Solusi

“Evaluasi tahun 2021, kami bicara urea saja dulu, di Boyolali serapannya 79 persen, logikanya masih sisa di angka 21 persen. Kalau berbicara masalah serapan yang sisa 21 persen itu, logikanya 21 persen tadi berarti petani Boyolali belum memiliki kartu tani,” ungkap Agus.

Baca juga: Ambyar… Pagar Tembok SMAN 1 Kemusu Boyolali Jebol Diterjang Banjir

Atas masalah tersebut, Dinas Pertanian memberikan solusi dengan penebusan pupuk bersubsidi manual.

“Nanti petani yang sudah masuk dalam RDKK [Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok Tani] tapi belum memiliki kartu tani bisa menebus dengan membawa Kartu Tanda Penduduk [KTP],” jelas Agus.

Tiga Distributor

Lebih lanjut, Agus mengatakan bahwa penebusan manual dapat dilaksanakan mulai 10 Januari hingga akhir tahun 2022. “Target dan semangat kami adalah petani yang memiliki jatah pupuk bersubsidi [petani yang masuk RDKK], semua akan mendapat pupuk di tahun 2022,” ucapnya.

Agus menjelaskan alokasi pupuk bersubsidi di Boyolali pada 2022 ini, urea sebanyak 21,907 ton, SP-36 ada 904 ton, ZA 9.231 ton, NPK 11.765 ton, pupuk NPK ada 1 ton, pupuk organik granul 6.662 ton dan pupuk organik cair sebanyak 900 liter.

Baca juga: Bawa Kabur Pikap dan Jahe, Pasutri Asal Cepogo Boyolali Dibekuk Polisi

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, distributor pupuk bersubsidi di Boyolali akan dilaksanakan oleh tiga distributor yaitu CV Lufi Jaya, CV Podo Tani Sejahtera, dan CV Berkah Abadi.

Sementara itu, salah satu distributor pupuk bersubsidi dari CV Berkah Abadi, Sugiyanto, meminta kepada para pengelola KPL untuk tertib aturan.

“Kami menyampaikan kepada KPL untuk tertib aturan atau sesuai dengan koridor penyaluran pupuk bersubsidi karena ini bukan barang dagangan. Kami hanya menjalankan amanah, jadi laksanakan dengan sebaik-baiknya,” katanya.

Baca juga: Hujan Deras Picu Genangan Air di Simpang Lima Boyolali, 1 Mobil Mogok

Sugiyanto juga mengingatkan KPL untuk berkoordinasi dengan stakeholder dan dinas terkait jika terjadi kendala di lapangan. Kendala yang dimaksud seperti sinyal yang hilang saat input data atau mesin EDC BRI yang rusak.

“Yang terakhir, kami berharap di tahun ini akan lebih baik dari tahun kemarin,” harap Sugiyanto.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Berita Terkini

Pasar Hewan Ditutup 2 Pekan, Pedagang Sapi Boyolali: Serba Repot

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali menutup seluruh pasar hewan di wilayah setempat selama dua pekan, mulai Jumat (27/5/2022) hingga Jumat (10/6/2022).

Begini Kocaknya Bio One Cs Dari Film Srimulat Saat Kunjungi Solopos

Para aktor, sutradara, dan kru film Srimulat: Hil Yang Mustahal tampil kocak dengan lelucon-lelucon saat mengunjungi Griya Solopos di Solo.

Pasar Hewan di Cepogo Boyolali Mendadak Sepi H-1 Penutupan, Alasannya?

Pasar Hewan Sunggingan yang berada di Jelok, Cepogo, Boyolali tak seramai seperti biasanya sehari menjelang penutupan sementara, Kamis (26/5/2022).

Prabowo Hingga Surya Paloh, Ketum Parpol Hadiri Pernikahan Adik Jokowi

Selain menteri dan pejabat tinggi kepolisian dan TNI, tampak sejumlah pimpinan parpol menghadiri pernikahan adik Presiden Jokowi, Idayati, dengan Ketua MK Anwar Usman di Solo.

H-1 Penutupan Pasar Hewan, Ini yang Dilakukan Tim Gabungan Boyolali

Tim gabungan menggelar sosialisasi penutupan pasar, pengecekan hewan, hingga penyemprotan disinfektan sehari menjelang penutupan pasar hewan di Boyolali, Kamis (26/5/2022).

Begini Suasana Perayaan Kenaikan Isa Almasih di Wonogiri

Sejumlah personel Kepolisian Resor (Polres) Wonogiri diterjunkan ke sejumlah gereja selama ibadah perayaan Kenaikan Isa Almasih, Kamis (26/5/2022).

Pandemi Covid-19! Penangkar Jalak di Bayat Klaten Tetap Untung

Peternak jalak di Kampung Jalak, Dukuh Nglebak, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, masih merasakan keuntungan di tengah pandemi Covid019.

PPPK Klaten Geruduk BKPSDM Klaten PascaPeroleh SK, Ada Apa?

Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang pekan lalu baru menerima surat keputusan (SK) menggeruduk Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Klaten, Rabu (25/5/2022).

Gibran Dan Menhub Jajal KRL Solo Balapan-Palur, Sudah Siap Beroperasi?

Menhub Budi Karya Sumadi dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menjajal jalur KRL Solo Balapan-Palur, Kamis (26/5/2022).

PMK Belum Pengaruhi Harga Daging Sapi di Wonogiri, Benarkah?

Merebaknya kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) dinilai belum mempengaruhi harga daging sapi di Wonogiri.

PMK Mulai Serang Sapi Lokal Wonogiri, Ini Persebarannya?

Sebanyak lima ekor sapi lokal di Wonogiri mulai terserang penyakit mulut dan kuku (PMK), Selasa (24/5/2022).

Serangan Jantung, Warga Karanganyar Meninggal di Pertapaan Pringgodani

Seorang pengunjung kawasan wisata religi pertapaan Pringgodani di Desa Blumbang, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Boyolali Hari Ini: 26 Mei 2015, Dirazia! Anak Punk Pamer Tato Doraemon

Tujuh tahun lalu, tepatnya 26 Mei 2015, Polres Boyolali menangkap enam anak punk lewat operasi cipta kondisi di sepanjang Jalan Raya Ampel sampai Sunggingan Boyolali Kota.

PMK & Penutupan Pasar Hewan Tak Pengaruhi Harga Daging Sapi Sukoharjo

Harga daging sapi di Pasar Ir Soekarno Sukoharjo tidak terpengaruh dengan merebaknya wabah PMK di beberapa daerah Soloraya maupun penutupan Pasar Hewan Bekonang.

Kisah 43 Calhaj Purwantoro ke Tanah Suci Berkat Program Talangan Haji

Di tahun 2022, Kecamatan Purwantoro memberangkatkan calon haji (calha) terbanyak se-Wonogiri, yakni mencapai 43 orang.