SOLOPOS.COM - Puskesmas Masaran 2 Sragen. (Google maps)

Solopos.com, SRAGEN — Pemkab Sragen tahun ini gagal membeli lahan untuk membangun Puskesmas Tanon 2 dan Puskesmas Masaran 2. Belum ada lokasi yang cocok jadi alasan.

Rencana pengadaan lahan untuk dua puskesmas itu pun mau tak mau tertunda hingga tahun depan. Pemkab Sragen kembali mengalokasikan Rp5 miliar untuk membeli tanah di 2023. Sementara pembangunan fisik dua puskesmas tersebut kemungkinan baru terlaksana pada 2024.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Dua bangunan puskesmas itu tidak memenuhi persyaratan standar sehingga diperlukan lokasi yang lebih luas. Tahun ini memang dianggarkan pengadaan tanahnya, tetapi belum terlaksana. Nanti di 2023 yang sama-sama di APBD Perubahan dianggarkan lagi senilai Rp5 miliar. Masing-masing lokasi plus minus Rp2,5 miliar,” jelas Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, Kamis (8/12/2022), di Setda.

Saat ini Puskesmas Tanon 2 dan Puskesmas Masaran 2 berdiri di tanah kas desa. Bupati menerangkan sempat ada rencana tukar guling lahan, tapi izinnya harus sampai Gubernur. Tukar guling tanah kas desa ini juga tak berjalan baik karena tidak ada kesepakatan harga. Akhirnya Pemkab mencari lokasi lain.

Baca Juga: Distribusi STB Tak Jelas Bikin Warga Sragen Resah, Bupati Surati Kemenkominfo

“Ibu Kajari [Kepala Kejaksaan Negeri] menyarankan kalau tukar guling tanah kas desa itu prosedurnya lebih panjang dan detail. Sedangkan kalau membeli lahan baru prosesnya lebih cepat. Seperti di Puskesmas Plupuh 1 yang sekarang dibangun itu dengan lokasi baru. Nanti bangunan puskesmas lama diserahkan ke desa,” jelasnya.

Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sragen, Didik Haryanto, menerangkan progres pembangunan Puskesmas Plupuh 1 senilai Rp4 miliar hampir selesai, sekitar 98%. Dia optimistis pembangunan akan rampung sepenuhnya pada pertengahan Desember ini.

“Sebenarnya untuk gedung selesai kontraknya sampai 20 Desember 2022 tetapi progres pekerjaan plus sehingga ditargetkan bisa rampung pada 15 Desember 2022. Sekarang tinggal pemasangan kaca dan paving. Untuk pekerjaan tambahan pembangunan pagar ditargetkan selesai di 27 Desember 2022,” jelas Didik yang juga Staf Ahli Bupati Sragen saat dihubungi Espos, Kamis sore.

Baca Juga: Harga STB Kian Mahal, Warga Sragen Berharap Bantuan

Puskesmas Plupuh 1 rencananya diresmikan pada 15 Desember 2022 oleh Bupati bersamaan dengan peresmian proyek lain seperti Kolam Renang Kartika dan Mal Pelayanan Publik (MPP).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya