Belum Diteken Jokowi, UU MD3 Sudah Digugat ke MK

Belum Diteken Jokowi, UU MD3 Sudah Digugat ke MK

SOLOPOS.COM - Mahkamah Konstitusi (Mahkamahkonstitusi.go.id)

Meski belum diteken Presiden Jokowi, revisi UU MD3 sudah digugat dua pihak ke MK.

Solopos.com, JAKARTA -- Mahkamah Konstitusi (MK) menerima dua berkas permohonan uji materi UU tentang Perubahan Kedua atas UU No. 17/2017 tentang Majelis Permusyawaratan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau UU MD3.

Padahal, beleid tersebut belum diundangkan dan memiliki nomor. Pasalnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum mengesahkan UU MD3 sejak disetujui bersama dengan DPR pada 12 Februari 2018.

Permohonan pertama dilayangkan pada 13 Februari 2018 oleh Forum Kajian Hukum dan Konstitusi (FKHK) dengan menggandeng kuasa hukum Firma Hukum Sidin Constitution pimpinan Irmanputra Sidin. Namun, FKHK memperbaiki berkas permohonan dengan memasukkan gugatan baru pada Jumat (23/2/2018) hari ini. Baca juga: Jokowi Sarankan Masyarakat Gugat Revisi UU MD3 ke MK.

Hari ini pula, MK menerima satu lagi berkas permohonan uji konstitusionalitas UU MD3. Gugatan dilayangkan oleh Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Grace Natalie dan Raja Juli Antoni. Baca juga: Jokowi Sarankan Masyarakat Gugat Revisi UU MD3 ke MK.

Baik FKHK maupun PSI sama-sama menggugat pasal-pasal kontroversial dalam UU MD3 yakni Pasal 73 ayat (3) dan (4) tentang mekanisme pemanggilan paksa setiap orang yang mangkir dari pemanggilan DPR, Pasal 122 mengenai langkah hukum terhadap penghina kehormatan anggota dan kelembagaan DPR. Selain itu, Pasal 245 ihwal pemeriksaan wakil rakyat yang mesti didahului pertimbangan Mahkamah Kehormatan DPR.

“Bahwa ketentuan Pasal a quo UU MD3 bertentangan dengan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945,” tulis FKHK dalam berkas permohonan yang diajukan di Jakarta, Jumat. Baca juga: Ogah Teken Revisi UU MD3, Jokowi Keluarkan Perppu?

Sampai saat ini, belum ada sinyal dari Presiden Jokowi untuk meneken pengesahan UU MD3. Tanpa tanda tangan RI-1, UUD 1945 menyebutkan sebuah UU baru sah 30 hari setelah beleid disetujui bersama antara Presiden dengan DPR alias pada 14 Maret 2018. Baca juga: MKD Beralasan UU MD3 Cegah Kriminalisasi Anggota DPR.

Setelah sah, UU wajib diundangkan dan masuk dalam Lembaran Negara Republik Indonesia guna mendapatkan penomoran. Sebuah UU baru dapat menjadi objek gugatan di MK setelah diundangkan.

Berita Terkait

Berita Terkini

Partai Golkar Kecam Keras Serangan Israel ke Palestina

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menyatakan pihaknya mengecam keras serangan tentara Israel terhadap rakyat Palestina.

Penonton Liga Inggris Bisa Sepenuhnya Datangi Stadion di Musim Ini

Pengelola Premier League Inggris berencana membuka akses bagi para penonton untuk menonton di stadion pada musim 2021- 22 ini.

Duh! Sampah Petasan Kotori Alun-Alun Pengging Boyolali

Alun-Alun Pengging Boyolali dikotori dengan keberadaan sampah. Sebagian besar sampah itu adalah serpihan-serpihan kertas bekas petasan.

Makin Brutal, Pemboman Israel Tewaskan Satu Keluarga Palestina

Pemboman oleh pasukan Israel pada Kamis (13/5/2021) malam menumpas habis seluruh anggota sebuah keluarga Palestina di wilayah utara Jalur Gaza.

Ada Larangan Mudik, Bus dan Truk yang Masuk Solo Turun Drastis

Jumlah bus dan truk yang keluar masuk Kota Solo menurun drastis selama pemberlakuan larangan perjalanan mudik oleh Kementerian Perhubungan.

Satgas Covid-19 Evaluasi Kasus Selama Libur Lebaran

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Sukoharjo, Yunia Wahdiyati, mengatakan belum bisa memperkirakan apakah terjadi lonjakan kasus Covid-19 selama libur Lebaran.

Resiliensi Sektor informal

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa, 4 Mei 2021. Esai ini karya Muhammad Taufik Nandito, mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyan Surakarta dan aktif di Lingkar Studi Sasadara di Kleco, Kota Solo.

Lebaran, 8 Balon Udara Dilaporkan Terbang di Langit Indonesia

Sebanyak 8 balon udara dilaporkan berada di langit Indonesia saat momentum Lebaran tahun ini. Sejauh ini, belum ada laporan balon udara melintas di langit Solo.

Ayu Maulida Kenakan Kostum Komodo di Panggung Miss Universe

Ayu Maulida terpilih sebagai Puteri Indonesia 2020 menggantikan Puteri Indonesia 2019 Frederika Alexis Cull.

Pertanyaan TWK KPK: Pacaran Ngapain Aja?

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) untuk pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ramai disorot karena ada pertanyaan yang dianggap aneh.

Wisatawan di Tawangmangu Ramai, Persewaan Kuda Masih Sepi Peminat

Para penjaja jasa tamasya berkuda di Tawangmangu, Karanganyar, belum menangguk untung di saat wisatawan membanjiri salah satu kawasan wisata andalan Soloraya itu.

Wisata Air Cokro Is Back, Pengunjung Langsung Membludak Setelah Sempat Tutup 1 Tahun 2 Bulan

Spanduk bertuliskan objek Wisata Mata Air Cokro atau OMAC is back terpampang di gerbang objek wisata setempat, Jumat (14/5/2021).