Belum Dihapus, Pertamia Tegaskan Masih Jual Premium di Indonesia
Ilustrasi mengisi BBM. (Solopos/dok)

Solopos.com, JAKARTA — Wacana bahan bakar minyak (BBM) Premium atau BBM RON 88 yang bakal dihapus dari peredaran mencuat. Namun, PT Pertamina (Persero) menegaskan masih menyediakan dan mendistribusikan BBM Premium.

"Berdasarkan penugasan dari Pemerintah, saat ini Pertamina masih menyalurkan dan menyediakan Premium di Indonesia," ujar VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman, Fajriyah Usman, seperti dikutip Detik.com, Rabu (2/9/2020).

Hari Ini Dalam Sejarah: 2 September 1666, Kebakaran Besar London Terjadi

Penugasan penyaluran BBM jenis Premium tertuang dalam Peraturan Presiden Np. 43/2018 serta Kepmen ESDM No. 1851 K/15/MEM/2018. Pertamina berkomitmen untuk melaksanakan penugasan sebaik-baiknya dengan menyalurkan dan menyediakan Premium di 4.700 outlet/SPBU yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, disamping jenis BBM lainnya.

Sementara itu, wacana BBM Premium yang dihapus tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No.20/2017 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru Kategori M, N, dan O. Dalam peraturan itu, bensin yang harus dijual ke publik minimum harus mengandung RON 91.

Yey! Bus Trans Jateng Solo-Sragen Mulai Mengaspal

"Sesuai kesepakatan dunia dan Pemerintah, setiap negara berupaya menurunkan emisi karbon dan mengurangi polusi udara, salah satunya dengan menggunakan BBM yang lebih berkualitas dan ramah lingkungan. Seperti yang sudah kita rasakan sejak PSBB, langit biru dan udara lebih baik, untuk itu kami akan mendorong masyarakat untuk menggunakan produk yang lebih berkualitas," papar Fajriyah Usman.

Hal senada juga diungkapkan Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) kepada anggota Komisi VII DPR RI. Bila mengikuti Peraturan Menteri LHK itu, maka akan ada dua produk yang tidak boleh dijual di pasar yaitu Premium dan Pertalite.

Sumber: Detik.com



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom