SOLOPOS.COM - Air Terjun Jurug Kemukus Wonogiri. (Istimewa/Sikidang)

Solopos.com, WONOGIRIWonogiri ternyata tak hanya memiliki banyak pantai yang eksotis dan alami. Sebaliknya, di Wonogiri juga memiliki panorama jurug yang masih alami dengan air yang masih sangat terjaga kejernihannya.

Dilansir dari laman ksmtour.com, Sabtu (1/10/2022), ada satu keindahalan alam dari Wonogiri yang masih alami dan belum banyak diketahui orang lain. Namanya Air Terjun Jurug Kemukus yang berada di Dusun Ngijo, Desa Purwoharjo, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Asal mula nama Jurug Kemukus dari kata jurug yang memiliki arti air terjun. Sedangkan kata kemukus memiliki artis kukus, di ambil dari tingkat air terjun paling atas karena selalu di kelilingi kabut uap air yang mirip dengan asap putih (kukus).

Air Terjun Jurug Kemukus ini sangat menarik karena berada di dalam hutan lebat. Lantaran letaknya di lereng bukit, kalian harus berjalan kaki sejauh kurang lebih 750 meter dari rumah penduduk untuk sampai di lokasi.

Setelah memakirkan kendaraan di rumah warga dengan tarif seikhlasnya, perjalanan dimulai dengan melewati jalan setapak yang berupa tanah dan bebatuan. Guna menghilangkan rasa lelah dan bosan, kalian cukup melihat pemandangan yang ditawarkan berupa pepohonan pinus di sebelah kanan dan kiri lereng bukit.

Baca Juga: 131 Desa Wisata di Jateng Peroleh Bantuan Rp18,5 Miliar, Ini Perinciannya

Di jamin, rasa lelah dan bosan itu akan terbayar semuanya ketika sudah sampai di lokasi.

Jika berada di lereng bukit ketika pagi hari, kalian bisa merasakan hawa dingin udara dan pemandangan kabut tebal yang mengepung lokasi. Bebatuan besar di sekitar Air Terjun Kemukus Wonogiri yang megah menjadi spot menarik di lokasi ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya