SOLOPOS.COM - Ilustrasi jalur pendestrian Warga menumpang becak saat melintas di Jalan Malioboro, Jogja. (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

PKL akan dipindah ke lahan eks Bioskop Indra.

Harianjogja.com, JOGJA–Para pedagang kaki lima (PKL) di Jalan Malioboro bagian selatan menolak dipindah ke eks Bioskop Indra. Karena sampai saat ini PKL belum diajak berembuk oleh Pemerintah Kota Jogja maupun Pemda DIY.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Terus terang teman-teman PKL resah karena belum ada rembukan tahu-tahu sudah ada gambar relokasi ke eks Bioskop Indra,” kata Ketua Persatuan Pedagang Kaki Lima Yogyakarta (PPKLY), Maryono Rabu (17/1/2018).

PPKLY merupakan PKL yang tergabung dalam PKL 37 di selatan Pasar Bringharjo dan depan Mirota Batik. Maryono mengatakan total ada sekitar 90an PKL di lokasi tersebut. Menurut dia, ciri khas PKL adanya di pinggir jalan dan bukan di tempatkan di lokasi khusus, terlebih lokasi tersebut berada di dalam yang jauh dari jalan.

Maryono menyatakan jika Pemerintah Kota Jogja mau merelokasi PKL, tidak hanya PKL 37 melainkan semua PKL yang ada di sepanjang Jalan Malioboro, “Kalau hanya sepenggal yang dipindah itu tidak adil. Saya mau demo,” tegas Maryono.

Wali Kota Jogja, Haryadi Suyuti mengatakan Jogja akan menjadi etalase ekonomi yang berbasis pariwisata. Menurut dia semua kegiatan di kawasan Malioboro adalah kegiatan pariwisata, bukan hanya soal pedagang. Karena itu, pihaknya berharap PKL memahami proses penataan kawasan Malioboro seperti yang sudah dilakukan di sisi timur Malioboro.

Isu penataan sisi Barat Malioboro, kata Haryadi, sudah lama diketahui oleh semua pihak. Hanya tingga menyosialisasikannya, “[Penataan] Ini sebenarnya sudah diketahui hanya bagaimana teknisnya,” ucap dia.

Sebelumnya, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumaha dan Energi Sumber Daya Mineral (PUP-ESDM) DIY, Muhammad Mansur mengatakan tahun ini rencana membuat pusat kuliner di eks Bioskop Indra. Lokasi tersebut akan dibangun tiga lantai untuk menampung PKL.

Ia belum bisa memastikan berapa PKL Malioboro yang akan direlokasi ke eks Bioskop Indra. Namun untuk tahap awal, “Paling hanya PKL depan Mirota dan PKL 37 yang ditata,” kata Mansur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya