SOLOPOS.COM - ilustrasi. (dok Solopos)

ilustrasi. (dok Solopos)

Solo (Solopos.com)–Pemerintah Kota (Pemkot) Solo bersama Pemerintah Republik Demokratik Timor Leste kembali menjajaki kemungkinan kerja sama di beberapa bidang, seperti pendidikan, pengembangan ekonomi dan alih teknologi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sayangnya, kedua belah pihak terkendala belum adanya payung hukum yang kuat untuk melandasi kerja sama itu.

Hal itu mengemuka saat kunjungan Ambassador/Senior Advisor on ASEAN Affair to The Foreign Ministry of Timur Leste, Agus Tarmidzi, di Loji Gandrung Solo, Selasa (20/9/2011) sore.

Ditemui seusai menyambut kedatangan perwakilan untuk Timur Leste tersebut, Walikota Solo, Joko Widodo (Jokowi) menyatakan pihaknya sebenarnya menyambut baik adanya keinginan Pemerintah Timur Leste bekerja sama dengan Pemkot Solo.

Namun pihaknya tidak berani melangkah apabila tidak ada kejelasan terkait rencana kerja sama tersebut.

“Ya kalau belum ada payung hukumnya, tentu Pemkot tidak berani melangkah. Karena kan ini menyangkut pemerintahan dua negara. Bukan hanya Pemkot Solo,” katanya.

Jokowi mengungkapkan penjajakan kerja sama yang diharapkan itu antara lain di bidang pendidikan, contohnya penyaluran beasiswa kepada para pelajar di kedua negara.

Sementara di bidang pengembangan ekonomi, industri, perhotelan hingga pemberian pelatihan batik dan tenun.

“Mereka minta semacam training atau pelatihan untuk pewarnaan batik dan tenun. Mereka akan mengirimkan orang ke solo untuk belajar batik dan tenun. Termasuk kerja sama untuk mengisi kebutuhan furnitur di hotel-hotel di sana seperti sprei, mebel, gorden dan sebagainya,” papar Jokowi.

Menurut Jokowi, kerja sama tersebut dapat menggerakkan roda perekonomian di Kota Solo. ”Tentunya Solo akan diuntungkan dengan bergeraknya roda perekonomian. Tapi untuk realisasinya, ya Pemkot harus menunggu ada payung hukum yang jelas dulu,” imbuhnya.

Sementara itu, Ambassador/Senior Advisor on ASEAN Affair to The Foreign Ministry of Timur Leste, Agus Tarmidzi mengungkapkan penjajakan kerja sama antara Timur Leste dan Pemkot Solo ke depan akan dipersiapkan dengan lebih matang. Mengingat akan banyak manfaat yang diperoleh dari kerja sama tersebut.

(sry)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya