SOLOPOS.COM - Ikan gabus jenis Channa Barca. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Ikan gabus atau yang dikenal masyarakat Jawa sebagai ikan kuthuk atau kotes ternyata menjadi primadona bagi pecinta ikan hias. Termasuk di Solo yang memiliki banyak penggemar ikan gabus.

Bahkan, ada ikan gabus yang memiliki harga fantastis. Salah satunya adalah ikan gabus Channa Barca. Ketua Dukun Channa Solo, komunitas pecinta ikan channa, Ari Susilo, mengatakan Channa Barca menjadi ikan gabus yang tergolong mahal.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Baca Juga: Warga Klaten Mendadak Jadi Miliarder Gegara Tol Solo-Jogja, Bupati Mulyani: Jangan Boros!

Ikan Channa Barca berasal dari sungai perbatasan India dan Bangladesh. Habitat ikan itu berada di aliran sungai Brahmaputra. “Di Indonesia beberapa orang sudah memiliki ikan ini. Kalau di Solo sepertinya belum ada yang menjual ikan ini,” papar dia kepada Solopos.com, Jumat (12/3/2021).

Ari menyebut harga ikan itu sekitar Rp25 juta untuk ukuran ikan dengan panjang 25 cm. Seperti ikan gabus pada umumnya, pakan ikan ini yakni udang, ulat hongkong, atau pelet.

Baca Juga: Super Ketat, Dua Slot Gelandang Tengah di Bhayangkara Solo FC Diperebutkan 13 Pemain

Menilik situs jual beli online, ikan Channa Barca berukuran 44 cm ditawarkan dengan harga Rp55 juta oleh penjual ikan yang berlokasi di Bekasi Jawa Barat. Ikan itu kategori ikan grade A atau ikan berkualitas dengan sirip tinggi atau pecinta ikan menyebut sebagai ikan gondrong.

Penjual ikan lain asal Surabaya, menawarkan Gabus Barca dengan julukan gabus sultan atau ikan peliharaan para sultan. Ikan dengan panjang 30 cm itu ditawarkan senilai harga sepeda motor yakni Rp20,7 juta.

Baca Juga: Tebing 300 Meter di Jatiyoso Karanganyar Longsor Terjang Kandang & Tempat Budidaya Jamur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya