SOLOPOS.COM - Belimbing (palmbeachlwp.com)

Belimbing (palmbeachlwp.com)

Khasiat obat alami tidak hanya ada pada belimbing sayur atau wuluh. Pada belimbing buah yang manis pun terdapat manfaat memecah tumpukan kolesterol dalam darah.

Promosi 796.000 Agen BRILink Siap Layani Kebutuhan Perbankan Nasabah saat Libur Lebaran

Belimbing memiliki kandungan pektin cukup tinggi. Pektin merupakan unsur zat pada buah atau sayur yang memiliki manfaat mengurangi kolesterol. “Konsumsi buah berpektin setiap hari bisa untuk mengurangi kadar kolesterol di dalam tubuh,” kata konsultan gizi, Esti Nur, di Sleman, Rabu (12/12/2012).

Tanaman obat dan buah dengan nama ilmiah Averrhoa carambola itu juga memiliki kandungan zat yang berfungsi meredakan rasa sakit, mengatasi radang, dan mengurangi dampak negatif diabetes.

Buah dengan bentuk bersudut itu tergolong buah tidak beracun dan aman untuk dikonsumsi. Dari nutrisinya, kata Esti, belimbing memiliki kandungan vitamin C yang tinggi sebagai antioksidan.

“Belimbing juga bisa dikonsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah sariawan, karena kandungan vitamin C dan air yang cukup tinggi,” lanjutnya.

Warga Karangjati, Tegalrejo Jogja, Nurindah berkisah, belimbing segar bisa digunakan untuk melancarkan pembuangan saat sembelit. “Soalnya mengandung serat dan bermanfaat memperlancar proses pencernaan,” katanya.

Nuri menambahkan, buah belimbing berserat tinggi itu baik pula dikonsumsi selama diet. Pasalnya, belimbing buah pada dasarnya memiliki rasa manis meski tidak sedikit yang asam. “Kalau yang asem itu yang masih mentah, jadi yang diet dan kena maag aman juga tapi pilih yang matang dan manis,” lanjutnya.

Saat dikonsumsi di masa diet secara rutin setiap hari, belimbing akan bekerja memecah kolesterol dalam darah dan memperlancar pencernaan. Konsumsi buah belimbing manis bisa dilakukan dengan dimakan langsung maupun minuman jus.

Dalam buah belimbing terdapat beberapa kandungan seperti natrium, serat, protein, vitamin A, vitamin C, vitamin E dan asam folat. Untuk mineralnya seperti kalium, fosfor, magnesium dan kalsium.

Manfaat Belimbing
1. Mengobati Gondongan
– Ambil belimbing segar, iris tipis-tipis.
– Tempel irisan pada kelenjar yang membengkak selama 30 menit 3 kali sehari. Lakukan rutin hingga gondongan mengempis.

2. Menenangkan Perut setelah Muntah-muntah atau Mabuk
– Ambil buah belimbing segar.
– Peras atau diblender dan saring airnya.
– Rebus dengan sedikit gula pasir sehingga mengental menyerupai sirup dan minum.

3. Mengobati Panu
– Ambil belimbing segar, belah menjadi beberapa bagian.
– Gosokkan potongan belimbing pada kulit yang terkena panu.

Diolah dari berbagai sumber

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya