Beli Minyak Goreng Curah Pakai Pedulilindungi Mulai Hari Ini, Caranya?

Uji coba beli minyak goreng curah dengan harga eceran tertinggi (HET) Rp14.000 per liter atau Rp15.500 per kilogram pakai aplikasi PeduliLindungi, dilakukan pada Senin (27/6/2022) ini.

 Cara beli minyak goreng curah pakai PeduliLindungi mulai Senin (27/6/2022). (Solopos Dok)

SOLOPOS.COM - Cara beli minyak goreng curah pakai PeduliLindungi mulai Senin (27/6/2022). (Solopos Dok)

Solopos.com, JAKARTA – Uji coba beli minyak goreng curah dengan harga eceran tertinggi (HET) Rp14.000 per liter atau Rp15.500 per kilogram pakai aplikasi PeduliLindungi, dilakukan pada Senin (27/6/2022) ini.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mewajibkan masyarakat untuk membeli minyak goreng curah harga eceran tertinggi (HET) Rp14.000 per liter atau Rp15.500 per kilogram lewat aplikasi pelacakan PeduliLindungi mulai Senin (27/6/2022).

PromosiBorong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

Pemerintah belakangan telah menyiapkan sejumlah panduan terkait dengan sistem pembelian minyak goreng curah lewat pelacakan PeduliLindungi tersebut.

“Setelah masa sosialisasi selesai semua penjualan dan pembelian minyak goreng curah akan menggunakan aplikasi PeduliLindungi,” kata Luhut lewat keterangan video, Sabtu (25/6/2022).

Aplikasi yang diluncurkan pada Maret 2020 tersebut terintegrasi dengan Sistem Informasi Minyak Goreng Curah atau SIMIRAH yang dikembangkan oleh Kementerian Perindustrian, serta kementerian/lembaga lain.

Baca Juga: Beli Minyak Goreng Curah Via PeduliLindungi Maksimal 10 Kilogram

Untuk sementara waktu, pembelian minyak goreng curah rakyat akan dibatasi maksimal 10 kilogram (kg) per NIK setiap harinya.

“Di tingkat konsumen akan dibatasi maksimal 10 kilogram untuk satu NIK per hari dijamin bisa diperoleh dengan harga eceran tertinggi, jumlah tersebut kami anggap sudah mencukupi untuk rumah tangga bahkan usaha-usaha kecil,” tuturnya.

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi telah merilis panduan penggunaan pembelian minyak goreng curah rakyat menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

Ihwal ketersediaan minyak goreng curah itu, dia menerangkan, masyarakat dapat membeli di penjual dan pengecer yang terdaftar resmi di program Simirah.

Selain itu, masyarakat dapat mengakses minyak goreng murah itu lewat pelaku usaha jasa logistik dan eceran yaitu warung pangan yang mendapat pasokan domestic market obligation (DMO).

Baca Juga: Mulai 27 Juni 2022, Beli Minyak Goreng Curah Harus Pakai PeduliLindungi

Berdasarkan booklet Kemenkomarves, terdapat tiga langkah mudah untuk pembelian minyak goreng curah dengan aplikasi PeduliLindungi.

Berikut ini cara membeli minyak goreng curah dengan aplikasi PeduliLindungi:

1. Warga datang ke toko pengecer yang menjual minyak goreng curah.
2. Warga melakukan scan QR Code yang ada di pengecer.
3. Perlihatkan hasil Scan Qr Code yang ada di aplikasi PeduliLindungi.

Adapun konsumen dapat membeli minyak goreng curah apabila aplikasi PeduliLindungi menunjukkan warna hijau. Apabila warna yang muncul merah, pembeli tidak dapat mengakses minyak goreng curah tersebut.

Itulah tahapan beli minyak goreng curah pakai aplikasi PeduliLindungi yang diujicoba Senin (27/6/2022) hari ini.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul: Beli Minyak Goreng Curah Pakai Pedulilindungi Mulai Hari Ini, Begini Caranya

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Catat, Ini Cara Mudah Beli Rumah Lelang BTN

      Ingin tahu cara mudah beli rumah lelang di Bank Tabungan Negara (BTN)? Membeli rumah lelang adalah salah satu cara mendapatkan rumah dengan harga miring.

      700 Koki akan Hadir di De Tjolomadoe, Ada Apa Ya?

      FB&C Festival tersebut akan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan pendukung, di antaranya cake decoration, vegetable carving, demo masak dari koki terkenal, pameran produk makanan dan minuman serta alat produksi makanan.

      Tiap Satu Kilometer Luas Solo Terdapat Empat Hotel, Ini Perinciannya

      Jumlah hotel di Kota Solo stagnan dari 2017 hingga 2022.

      Intip Daftar Harga Terbaru Rumah Subsidi di Berbagai Daerah

      Bagi masyarakat yang ingin membeli hunian dengan harga terjangkau, mungkin butuh informasi tentang harga rumah subsidi terbaru. 

      BPPD Solo dan BPPD Provinsi DIY Sepakat Garap Wisata Joglosemar

      Nota kesepahaman kerja sama tersebut ditandatangani oleh BPPD Kota Solo dan BPPD Kabupaten/Kota di wilayah Provinsi DIY.

      Stockbit Gelar Kompetisi Trading Saham bagi Mahasiswa, Ini Syaratnya

      Pendaftaran kompetisi trading saham bagi mahasiswa yang diadakan Stockbit ini masih dibuka sampai 14 Agustus 2022.

      Sambut HUT ke-77 RI, Giordano Gelar Campaign Dukung Karya Talenta Lokal

      Menyambut perayaan Kemerdekaan Indonesia yang ke-77, Giordano menggelar campaign akbar untuk bersama-sama bergerak maju melalui tagline #MovingForward.

      Resmi Naik, Segini Tarif Baru Ojek Online yang Berlaku

      Tarif ojek online khususnya di area Jabodetabek naik setelah Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menerbitkan aturan terkait tarif baru ojek online pada 4 Agustus 2022.

      Konser Dream Theater di Solo, PHRI: Dampak Bagi Hotel Tak Signifikan

      Dampak gelaran konser Dream Theatre di Kota Solo belum bisa diprediksi secara pasti. Namun event tersebut kemungkinan tak berdampak besar terhadap okupansi hotel di Kota Solo.

      Semen Gresik Siap Bawa 5 Produk UMKM Binaan Terbaik ke Belanda

      PT Semen Gresik (PTSG) mengirimkan 5 produk UMKM terbaik binaan Rumah BUMN (RB) Rembang PTSG terpilih untuk mengikuti Tong Tong Fair (TTF) 2022 di Den Haag Belanda.

      Asyik, BRImo Traktir 900 Nasabah Loyal se-Indonesia dalam Shop for Free

      BRI memberikan apresiasi bagi nasabah loyal terpilih untuk belanja gratis serentak di 18 merchant groceries ternama dalam Shop for Free pada Senin (8/8/2022).

      Naik Tajam Nih! Cek Harga Emas Antam, Selasa 9 Agustus 2022

      Harga emas batangan 24 karat PT Aneka Tambang Tbk., Selasa (9/8/2022) hari ini terpantau naik hingga Rp9.000 per gramnya dari harga kemarin.

      IHSG Diprediksi Menguat Terbatas, Cermati Saham-Saham Ini

      Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG diperkirakan menguat tipis dalam perdagangan Selasa (9/8/2022) setelah menguat tipis kemarin.

      Hotel Mahalaya The Legacy Solo Tawarkan Pengalaman Berbeda

      Resmi dibuka di Solo, hotel berbintang dengan konsep Indo-Dutch yang tetap menguatkan lokalitasnya, yakni Mahalaya The Legacy, Senin (8/8/2022).

      Solo Masih Butuh Hotel Bintang 5, Ini Alasannya

      Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Solo menilai, Kota Solo masih membutuhkan hotel bintang 5.

      Dari Jualan Biskuit, Jogi Hendra Jadi Orang Terkaya ke-9 Berkat Mayora

      Berawal dari bisnis jualan biskuit yang dibuat keluarga, Jogi Hendra Atmadja sukses meniti karier sebagai pengusaha. Majalah Forbes menempatkan pendiri PT Mayora Indah itu sebagai orang paling kaye ke-9 di Indonesia.