SOLOPOS.COM - Alexander Tedja. (Istimewa/Instagram/Pakuwonjati)

Solopos.com, SOLO -- PT Pakuwon Permai entitas anak PT Pakuwon Jati Tbk (PWON) mengakuisisi dua pusat perbelanjaan milik grup Duniatex. Manajemen perusahaan ini dimiliki oleh konglomerat Alexander Tedja.

PWON mengakuisisi tiga aset termasuk dua mal besar di Jawa Tengah dan DIY, Hartono Mall Yogyakarta dan Martono Solo Baru pada 25 November 2020 lalu. Nilai transaksi atas akuisisi tersebut mencapai Rp1.359 miliar.

Promosi 796.000 Agen BRILink Siap Layani Kebutuhan Perbankan Nasabah saat Libur Lebaran

Akuisisi ini melambungkan nama konglomerat Alexander Tedja. Pemilik mal-mal yang tersebar di Tanah Air melalui Pakuwon Group ini memiliki kekayaan mencapai USD1,45 miliar (Rp21 triliun), menurut Forbes.

Dengan semua keberhasilan yang ia dapatkan melalui Pakuwon Group, Alexander Tedja dinobatkan sebagai orang terkaya di Indonesia dengan urutan ke-34 pada tahun 2014. Saat itu kekayaannya mencapai US$ 935 juta. Pada 2018, ia terus merangsek ke atas dan berada di posisi 12 dengan kekayaan US$1,6 miliar.

Ekspedisi Mudik 2024

Kekayaan ini tentu saja berasal dari perusahaan yang dimilikinya Pakuwon Group yang mengurus bidang properti hingga retail.

Beli Aset Hartono Mall Solo & 2 Properti di DIY, Pakuwon Jati Rogoh Rp1,359 Triliun

Karier Bisnis Alexander Tedja

Mengutip Bisnis.com, Alexander Tedja dulunya justru memulai bisnis di bidang perfilman lewat PT ISAE Film yang ia dirikan pada tahun 1972. Setelah itu, pada tahun 1977, ia berhasil mendirikan Menara Mitra Cinema Corp hingga mendirikan PT Pan Asiatic Film pada tahun 1991.

Alexander Tedja memulai bisnis properti pada tahun 1982 dengan nama PT Pakuwon Jati Tbk yang kini bernama Pakuwon Group.

Sementara itu pada era itu, ia membeli tanah di Jalan Basuki Rahmat, Surabaya yang kemudian menjadi tempat berdirinya Plaza Tunjungan I yang menjadi cikal bakal Tunjungan Plaza. Proyek tersebut dimulai pada tahun 1986 dan terus berlanjut menjadi Plaza Tunjungan II, III, IV.

Sedangkan pada tahun 1989, PT Pakuwon Jati Tbk go public menjadi perusahaan publik dan berhasil menembus Bursa Efek Indonesia dengan kode saham PWON. Pada tahun 2007, ia mengakuisisi 83,3% saham milik PT Artisan Wahyu, yang merupakan perusahaan pengembang superblok Gandaria City di Jakarta.

Sukses dengan bisnis malnya, Alexander Tedja lalu merambah bisnis properti. Pada hari ini, Pakuwon Group telah mengurus puluhan properti mewah yang tersebar di Indonesia.

Ini Dia Profil Pemilik Baru Hartono Mall Solo, Si Raja Properti yang Tajir Melintir

Portofolio Pakuwon Group

Mengutip situs Pakuwonjati.com, Kamis (3/12/2020), Portofolio Pakuwon Group yang paling mencolok tentu saja Superblok Gandaria City di Jakarta Selatan. Superblok ini terdiri dari pusat perbelanjaan ritel atau mal, apartemen, perkantoran, hingga hotel.

Superblok lain adalah Kota Kasablanka yang terdiri dari mal, apartemen hingga perkantoran. Ada pula Pakuwon Mall Superblok di Bekasi, Superblok Pakuwon di Surabaya, dan Tunjungan City.

Superblok Tunjungan City barangkali yang sangat populer di Surabaya. Superblok ini terdiri dari dua hotel Four Points by Sheraton dan Sheraton Surabaya hingga Condominium Regensi. Di superblok ini juga ada mal terbesar di Surabaya, Tunjungan Plaza Mall.

Jika akuisisi Hartono Mall Yogyakarta dan Solo Baru rampung, maka dua mal tersebut akan menambah portofolio panjang Pakuwon Group. Sebelumnya, Pakuwo telah memiliki mal-mal besar seperti Gandaria City, Pakuwon Mall Bekasi, Pakuwon City Mall, Kasablanka Mall, hingga Block M Plaza.

Beli Aset Hartono Mall Solo & 2 Properti di DIY, Pakuwon Jati Rogoh Rp1,359 Triliun

Berikut daftar pusat perbelanjaan yang dioperasikan oleh Pakuwon Jati;

Surabaya

Tunjungan Plaza
Pakuwon Mall
Royal Plaza
Pakuwon City
Food Junction Grand Pakuwon

Jabodetabek

Blok M Plaza
Gandaria City
Kota Kasablanka
Pakuwon Mall Bekasi

Berikut daftar proyek properi yang dimiliki Pakuwon Group atau Pakuwon Jati;

Superblok

Tunjungan City Superblok
Pakuwon Mall Superblok
Kota Kasablanka Superblok
Gandaria City Superblok

Apartemen



Kondominium Regency - Tunjungan Plaza 3
The Peak Residence - Tunjungan Plaza 5
One Icon Residence - Tunjungan Plaza 6
Waterplace Residence - Pakuwon Mall Superblock
Orchard & Tanglin Apartment - Pakuwon Mall Superblock
La Riz Condominium - Pakuwon Mall Superblock
Anderson & Benson Tower - Pakuwon Mall Superblock
La Viz Condominium - Pakuwon Mall Superblock
Educity - Pakuwon City Superblock
Gandaria Heights - Gandaria City Superblock
Casa Grande - Kota Kasablanka Superblock
East Coast Residence
Pakuwon Residences Bekasi

Menara Kantor

Menara Mandiri - Tunjungan Plaza 2
Pakuwon Tower - Tunjungan Plaza 6
Gandaria 8 Tower - Gandaria City Superblock
Eighty 8 Tower - Kota Kasablanka Superblock
Pakuwon Tower Jakarta - Kota Kasablanka Superblock

Hotel

Sheraton Surabaya Hotel & Towers - Tunjungan Plaza 3
Four Points by Sheraton Surabaya - Tunjungan Plaza 4
Sheraton Grand Jakarta Gandaria City - Gandaria City Superblock

Perumahan

Pakuwon Indah, Surabaya Barat
Pakuwon City, Surabaya Timur
Grand Pakuwon, Surabaya Barat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya