SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO – Mata merah, berair, dan terus mengeluarkan kotoran terus-menerus jelas sangat mengganggu aktivitas harian. Penyakit mata yang biasa disebut belakan atau konjungtivitis tersebut sering terjadi dan paling mudah menular.

Konjungtivitis merupakan peradangan selaput bening di bagian dalam kelopak mata. Peradangan ini menyebabkan mata bengkak dan memerah. Padahal, yang terjadi sebenarnya adalah pembuluh darah menjadi lebih jelas.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dikutip dari Pop Sugar, Minggu (28/4/2019), belekan terjadi akibat infeksi virus atau bakteri, alergi, dan iritasi akibat benda asing. Konjungtivitis akibat infeksi virus tersebut harus segera diobati. Sebab, penyakit ini sangat mudah ditularkan baik melalui kontak langsung maupun tidak.

Sementara belekan akibat benda asing akan sembuh dengan sendirinya dalam satu hingga dua hari. Belekan ini bisa jadi disebabkan penggunaan lensa kontak yang kurang bersih. Lantas, bagaimana cara mengatasinya?

Kompres mata dengan kain bersih yang dibasahi dengan air hangat tiga kali sehari. Pastikan Anda tidak menggunakan kain yang sama untuk mengompres mata sehat. Hentikan pemakaian lensa kontak. Pakailah kacamata bersih untuk mengindari kontak langsung dengan orang lain.

Pastikan semua barang yang dipakai bersih. Jangan terlalu sering mengucek mata agar konjungtivitis tidak semakin parah. Jika dalam dua hari kondisi mata tidak membaik, segeralah memeriksakan diri ke dokter. Dokter bakal memberikan obat yang sesuai dengan penyakit Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya