Belekan dan Cara Mengatasinya
Ilustrasi mata merah (Youtube)

Solopos.com, SOLO – Mata merah, berair, dan terus mengeluarkan kotoran terus-menerus jelas sangat mengganggu aktivitas harian. Penyakit mata yang biasa disebut belakan atau konjungtivitis tersebut sering terjadi dan paling mudah menular.

Konjungtivitis merupakan peradangan selaput bening di bagian dalam kelopak mata. Peradangan ini menyebabkan mata bengkak dan memerah. Padahal, yang terjadi sebenarnya adalah pembuluh darah menjadi lebih jelas.

Dikutip dari Pop Sugar, Minggu (28/4/2019), belekan terjadi akibat infeksi virus atau bakteri, alergi, dan iritasi akibat benda asing. Konjungtivitis akibat infeksi virus tersebut harus segera diobati. Sebab, penyakit ini sangat mudah ditularkan baik melalui kontak langsung maupun tidak.

Sementara belekan akibat benda asing akan sembuh dengan sendirinya dalam satu hingga dua hari. Belekan ini bisa jadi disebabkan penggunaan lensa kontak yang kurang bersih. Lantas, bagaimana cara mengatasinya?

Kompres mata dengan kain bersih yang dibasahi dengan air hangat tiga kali sehari. Pastikan Anda tidak menggunakan kain yang sama untuk mengompres mata sehat. Hentikan pemakaian lensa kontak. Pakailah kacamata bersih untuk mengindari kontak langsung dengan orang lain.

Pastikan semua barang yang dipakai bersih. Jangan terlalu sering mengucek mata agar konjungtivitis tidak semakin parah. Jika dalam dua hari kondisi mata tidak membaik, segeralah memeriksakan diri ke dokter. Dokter bakal memberikan obat yang sesuai dengan penyakit Anda.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho