Belasan Wartawan di Wonogiri Jalani Rapid Test, Ini Hasilnya
Wartawan mengikuti rapid tes yang difasilitasi Pemkab Wonogiri di Aula Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Wonogiri, Senin (14/9/2020). (Solopos.com-M. Aris Munandar)

Solopos.com,WONOGIRI -- Belasan wartawan yang bertugas di Kabupaten Wonogiri menjalani tes cepat atau rapid test di Aula Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Wonogiri, Senin (14/9/2020).

Rapid test dilakukan karena wartawan termasuk salah satu profesi yang berisiko terpapar Covid-19. Kepala DKK Wonogiri, Adhi Dharma, mengatakan wartawan yang dijadwalkan mengikuti rapid test sebanyak 12 orang.

Pemerintah Wajib 3T, Masyarakat 3M, Begini Penjelasannya…

Namun, lanjut dia, saat pelaksanaan hanya 11 wartawan yang mengikuti uji cepat di Wonogiri.

"Profesi wartawan kami anggap berisiko terhadap penularan Covid-19. Ketika bekerja sering berinteraksi dengan narasumber. Bertemu dengan banyak orang dari berbagai kalangan dan latar belakang. Atas kondisi itu kami lakukan rapid test untuk mengantisipasi," kata dia kepada wartawan, Senin.

Kasus Covid-19 di 9 Daerah Jateng Melonjak

Adhi Dharma mengatakan penyelenggaraan rapid test kepada wartawan merupakan fasilitas dari Pemkab Wonogiri.

"Saat ini hasilnya sudah keluar dan semua dinyatakan nonreaktif. Maka aktivitas wartawan di Wonogiri bisa berjalan seperti biasanya. Selama ini wartawan juga turut berperan melakukan sosialisasi protokol kesehatan," ungkap Adhi.

Sering Bersentuhan Langsung dengan Pasien

Penyelenggaraan rapid test, lanjut dia, akan terus dilakukan kepada orang-orang yang dinilai rentan terhadap penularan Covid-19.

Ini Syarat Naik Kereta Api Jarak Jauh selama PSBB Jakarta

Setelah wartawan, tenaga medis di Puskesmas dijadwalkan untuk mengikuti uji cepat serupa. Hal itu karena tenaga medis sering bersentuhan langsung dengan pasien.

"Kami lakukan upaya rapid test sesuai kuota alat yang ada. Kami utamakan yang rentan dulu," kata Adhi.

Hari Ini Dalam Sejarah: 15 September 1945, Sekutu Lucuti Jepang di Jakarta

Salah satu wartawan yang sudah puluhan tahun bertugas di Wonogiri, Tulus Premana Edi, mengatakan dirinya berterima kasih kepada Pemkab Wonogiri, dalam hal ini DKK, atas fasilitas rapid test yang diberikan kepada wartawan.

"Kami sadar profesi kami rentan terhadap penularan Covid-19. Karena setiap liputan langsung bersinggungan dengan masyarakat dari berbagai kalangan," kata Tulus.

Tempuh 8 Langkah Ini untuk Sukses Bisnis saat Pandemi



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom