SOLOPOS.COM - Petugas Satpol PP Kulonprogo menertibkan tenda milik Pedagang Kaki Lima (PKL) di sisi barat Alun-alun Wates, Selasa (28/6/2022) - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo

Solopos.com, KULONPROGO — Belasan tenda milik pedagang kaki lima (PKL) di sisi barat Alun-alun Wates, Kabupaten Kulonprogo, DI Yogyakarta, dibongkar petugas, Selasa (28/6/2022). Belasan tenda PKL tersebut dibongkar karena merusak keindahan fasilitas umum.

Pembongkaran dilakukan tim gabungan dari Satpol PP dan Dinas Perdagangan Kulonprogo. Penertiban PKL ini didasari pada Perda Nomor 4 tahun 2013 tentang Ketertiban Umum.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Kawasan Alun-alun Wates ini untuk masyarakat secara umum dan tidak semata untuk kuliner saja. [PKL] kuliner tidak dilarang, namun dengan sistem bongkar pasang. Ini sudah beberapa bulan tidak dibongkar,” kata Kasi Pengendalian dan Operasional Bidang Ketertiban Umum Satpol PP Kulonprogo, Sartono.

Dia menyampaikan pembongkaran ini telah berdasar. Terlebih sebelumnya sudah ada forum rapat yang mengundang perwakilan pedagang dan paguyuban pedagang agar melakukan melakukan model bongkar pasang untuk tenda berjualan.

Baca Juga: Pria di Kulonprogo Nekat Mencuri untuk Membelikan Obat Istrinya

Justru, dia menyayangkan kesepakatan yang telah dibuat tersebut tidak dijalankan oleh para pedagang. Pihaknya telah memberikan toleransi, tetapi para pedagang tetap tidak mengindahkan.

“Kami sudah toleransi sebenarnya, namun tetap tidak dibongkar. Hal ini membuat iri pedagang di sisi yang lain, dan mengganggu keindahan. Tenda yang dibongkar ini akan dikumpulkan dan bisa diambil kembali pedagang melalui paguyuban. Satpol PP belum melakukan penindakan secara yustisi,” katanya.

Salah seorang pedagang, Kaswanto, mengaku baru beberapa bulan berjualan, karena sebelumnya terdampak pandemi Covid-19 dan tidak berjualan.

Baca Juga: Miris! Seorang ODGJ Meninggal dengan Kondisi Membusuk di Kulonprogo

“Sebelumnya tidak ada pemberitahuan. Biasa untuk jualan salad buah, cukup bagus untuk omzet belakangan ini sekitar Rp200.000 per hari,” ucap Kaswanto.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Satpol PP Kulonprogo Tertibkan Lapak PKL di Alun-Alun Wates

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya