Belasan Kapal di Tegal Kebakaran, Ini Pemicunya

Belasan kapal yang tengah bersandar di Pelabuhan Kota Tegal mengalami kebakaran diduga akibat korsleting di salah satu kapal.

 Ilustrasi pasukan pemadam kebakaran menghadapi amukan si jago merah. (JIBI/Solopos/Antara/Aji Styawan)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pasukan pemadam kebakaran menghadapi amukan si jago merah. (JIBI/Solopos/Antara/Aji Styawan)

Solopos.com, TEGAL — Kebakaran melanda sekitar 13 kapal nelayan yang tengah bersandar di Pelabuhan Kota Tegal, Sabtu (29/1/2022) pagi. Belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran belasan kapal itu, namun dugaan sementara kebakaran terjadi karena adanya hubungan pendek listrik pada sebuah kapal hingga merembet ke kapal yang lain.

Kapolres Kota Tegal, AKBP Rahmad Hidayat, mengatakan peristiwa kebakaran yang melanda belasan kapal di pelabuhan itu terjadi sekitar pukul 04.30 WIB. Dugaan sementara, kebakaran itu dipicu adanya hubungan pendek listrik pada sebuah kapal dan membakar kapal lainnya yang berada di sekitar lokasi.

PromosiSupaya Pelajaran Sejarah Menarik, Komikkan Saja!

Pada proses pemadaman kapal terbakar itu, kata dia, melibatkan 11 unit mobil pemadam kebakaran dari berbagai daerah seperti Kabupaten Brebes, Kabupaten Tegal, dan Kota Tegal, dan Pemalang.

Baca juga: Lagi! Belasan Kapal di Pelabuhan Tegal Terbakar

“Petugas kesulitan melakukan upaya pemadaman karena lokasi sempit serta di setiap kapal masih tersimpan BBM sehingga proses pemadaman terus kami lakukan. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut,” kata Rahmad, dikutip Antara, Sabtu.

Untuk menghindari semakin banyak kapal yang terbakar, aparat Polres Kota Tegal bersama TNI AL dan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) melakukan evakuasi terhadap 13 kapal yang terbakar itu.

“Kami bersama Lanal Tegal dan dinas pemadam kebakaran kini masih melakukan proses pemadaman dan menyelamatkan kapal yang berada di lokasi,” imbuhnya.

Ia mengatakan proses evakuasi kapal sempat mengalami kendala karena di sekitar lokasi terbakarnya 13 kapal terdapat seratusan kapal yang sedang berlabuh dan kobaran api cukup besar. “Saat ini, kami terus melakukan lokalisasi agar kapal yang sudah terbakar tidak merambah ke kapal lainnya. Ada seratusan kapal yang bersandar sehingga evakuasi kapal agak mengalami kesulitan,” katanya.

Baca juga: Kapal Bermuatan Pupuk Kebakaran di Perairan Cilacap

Menumpuknya seratusan kapal itu, lanjut Kapolres Kota Tegal, karena para nelayan sedang mengajukan perizinan melaut sehingga kapal disandarkan di pelabuhan, atau lokasi kebakaran.

Insiden kebakaran yang melanda belasan kapal yang tengah bersandar di pelabuhan di Kota Tegal ini bukan yang kali pertama. Pada pertengahan November lalu, insiden serupa juga terjadi. Kala itu, ada sekitar 17 kapal yang dilaporkan terbakar saat berada di belakang galangan atau tempat pembuatan dan perbaikan kapal milik PT Tegal Shipyard Utama, Kelurahan Mintaragen, Kecamatan Tegal Timur.

Sumber: Antara

Berita Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Check-in di Hotel, PSK di Semarang Dianiaya Tamu Pakai Muntu

Boy menganiaya PSK menggunakan muntu saat check-in di hotel untuk mengambil uang dan harta milik PSK tersebut.

Mobil Avanza Tabrak Karimun di Flyover Jatingaleh, Ini Kronologinya

Kecelakaan lalu lintas di Flyover Jatingaleh Semarang bermula ketika pengemudi Avanza diduga mengantuk atau kebingungan melaju dari arah Tanah Putih.

Jadi Percontohan, Desa di Semarang Ini Tanam Kedelai Varietas Unggul

Sebanyak 30 kilogram bibit kedelai yang terdiri dari varietas Sugentan dan Gamasugen diserahkan BRIN dalam kegiatan ini.

25 Orang Lolos Tes Potensi Calon Anggota Komisi Informasi Jateng

Sebanyak 25 orang dinyatakan lolos tes potensi calon anggota Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah (Jateng) Periode 2022-2026.

Kuliner Nasi Penggel, Jumeokbap Korea Ala Kebumen

Nasi Penggel adalah olahan kuliner khas Kebumen, Jawa Tengah yang bentuknya menyerupai nasi kepal Korea, Jumeokbap.

Serem! Warga di Semarang Ini Tinggal di Tengah Kuburan

Warga Kampung Bergota Krajan di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), sudah lama hidup berdampingan dengan kuburan karena berada di kompleks permakaman.

Pengumuman! Layanan Imigrasi Semarang Akan Permanen di MPP Grobogan

Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang berencana membuka layanan imigrasi secara definitif di Mal Pelayanan Publik Grobogan.

14 Ekor Sapi Positif PMK, Pasar Hewan di Banjarnegara Ditutup

Sejumlah pasar hewan di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah (Jateng), ditutup menyusul ditemukannya kasus penyakit mulut dan kuku atau PMK pada 14 ekor sapi.

Presiden Jokowi Longgarkan Pemakaian Masker, Ini Saran Ganjar

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, menyarankan masyarakat untuk sadar diri dalam melakukan perlindungan diri menyusul pelonggaran penggunaan masker di tempat terbuka.

Asal-Usul Pemalang, Tanah Merdeka di Pulau Jawa

Asal-usul Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah dulunya merupakan salah satu dari 14 daerah merdeka di Pulau Jawa yang dipimpin seorang raja.

Misteri 3 Kerajaan Gaib di Jembatan Comal Pemalang

Jembatan Comal di Pemalang, Jawa Tengah, konon dikelilingi tiga kerajaan gaib.

Asal-Usul Desa Cawet Pemalang: Bermula dari Celana Dalam

Sejarah penamaan Desa Cawet di Kecamatan Watukumpul, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, berawal dari celana dalam.

Kenapa Pati Dijuluki Kota Paranormal?

Apa alasannya sih Kabupaten Pati di Jawa Tengah, dijuluki sebagai kota seribu paranormal?

Ternyata Ini Jabatan Pegawai Kecamatan Ngaringan Yang Nilap Bansos PKH

Camat Ngaringan Widodo Joko Nugroho mengatakan sudah melakukan tindakan kepada pegawai kecamatan yang diduga mencairkan bansos orang meninggal.

Ini Dia Rumah Sakit Tertua di Jawa Tengah, Ternyata Ada di Klaten

RSUP dr Soeradji Tirtonegoro di Kabupaten Klaten disebut-sebut sebagai salah satu rumah sakit tertua di Jawa Tengah atau Jateng.