SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Madiunpos.com, SURABAYA — Belasan artis yang turut berlaga dalam perhelatan Pemilihan Umum 2019 dengan maju sebagai caleg di DPR mewakili daerah pemilihan (dapil) wilayah Jawa Timur harus rela mengubur impiannya menjadi wakil rakyat. Sebab, suara yang mereka raup tak memenuhi persyaratan lolos sebagai legislator.

Padahal para artis tersebut telah melakukan berbagai cara demi memuluskan upayanya melenggang ke Senayan. Mulai blusukan kampung, keluar masuk pasar, seminar dan diskusi, bagi-bagi bunga di jalan maupun di pusat perbelanjaan hingga meluangkan waktu untuk sekadar foto dilalui tanpa mengeluh.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sebagai wujud kepedulian dan keseriusan, terdapat artis yang membuka bimbingan belajar, bahkan mengontrak rumah di daerah pemilihannya maju. Seperti yang dilakukan Elma Theana, artis caleg asal Partai Nasdem yang maju melalui daerah pemilihan Jawa Timur X (Kabupaten Gresik dan Lamongan).

Elma yang merupakan pesinetron dan bintang iklan tersebut mengontrak rumah dan tinggal di Lamongan selama beberapa bulan mulai Januari 2019.

“Di sana saya bisa fokus ke masyarakat, baik di Lamongan maupun Gresik. Saya siap menerima aspirasi, lalu memberikan solusi dan merealisasikannya jika terpilih kelak,” ujar pemeran ibunda Madun pada sinetron Tendangan Si Madun tersebut.

Sayangnya, caleg nomor urut 6 itu hanya meraup 2.822 suara sehingga tak cukup untuk melanggengkan niatnya menjadi legislator.

Dari sekitar 19 artis yang maju dari dapil Jatim, hanya dua nama yang berkesempatan untuk menjadi anggota DPR RI yaitu penyanyi Krisdayanti dan model senior Arzeti Bilbina.

Krisdayanti yang maju melalui PDIP menjadi calon anggota legislatif peraih suara terbanyak di seluruh daftar caleg daerah pemilihan Jawa Timur V yang meliputi Kabupaten Malang, Kota Malang, dan Kota Batu dengan raihan 132.131 suara.

Sedangkan, Arzeti Bilbina yang maju lewat PKB dari daerah pemilihan Jawa Timur I (Kota Surabaya dan Kabupaten Sidoarjo) sukses kembali ke parlemen setelah meraih 53.185 suara.

Nama Arzeti Bilbina merupakan caleg petahana setelah pada periode 2014-2019 dinyatakan sah sebagai anggota DPR RI karena menggantikan Imam Nahrawi yang ditunjuk Presiden sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga.

Berikut ini adalah deretan nama-nama artis yang diprediksi gagal menjadi wakil rakyat mengacu pada data suara dan sesuai rekapitulasi yang diambil dari form DC-1 KPU Jatim setelah pleno penetapan:

1. Diawali di dapil Jatim I yaitu Kota Surabaya dan Kabupaten Sidoarjo, terdapat sejumlah artis, antara lain Ahmad Dhani (Partai Gerindra) yang gagal meraih kursi karena mendapat 40.148 suara, Sundari Soekotjo (PKB) dengan raihan 9.754 suara, Andre Hehanusa (PDIP) dengan raihan 26.139 suara, serta Manohara Odelia (NasDem) raihan 6.865 suara.

2. Di dapil Jatim III (Banyuwangi, Situbondo, Bondowoso), beberapa artis antara lain Banyu Biru Djarot (putra aktor film Eros Djarot) gagal meraih kursi mewakili PDIP karena hanya memperoleh 55.482 suara, kemudian dua caleg artis asal NasDem, Lucky Perdana dan Yuli Anita KDI gagal karena masing-masing mendapat 9.163 suara dan 19.298 suara.

3. Di dapil Jatim IV (Jember dan Lumajang), meski meraih suara tertinggi di antara caleg PAN dengan 29.265 suara, namun penyanyi senior Emilia Contessa gagal melenggang karena partainya tak mendapatkan kursi di dapil tersebut, lalu artis Ferlyanto Putra dan Imelda Soraya juga gagal usai masing-masing meraih 12.900 suara dan 4.540 suara.

4. Dapil Jatim VI (Kota/Kabupaten Blitar, Kota/Kabupaten Kediri dan Tulungagung), dua artis masing-masing Venna Melinda asal Partai Nasdem dan Ronnie Sianturi asal PDIP juga belum berhasil karena masing-masing mendapatkan 57.060 suara dan 30.406 suara.

Khusus Venna Melinda, ia gagal bersaing dengan rekan satu partainya, Nurhadi, yang selisih suaranya 83 suara saja. Jika Venna mendapat 57.060 suara, Nurhadi meraih 57.143 suara.

5. Di dapil Jatim VIII (Kota/Kabupaten Mojokerto, Jombang, Nganjuk, Kota/Kabupaten Madiun), penyanyi Denada yang merupakan caleg dari PAN gagal meraih kursi karena hanya mendapat 43.573 kursi, serta artis Ratna Listy asal Nasdem yang hanya mendapatkan 2.162 suara.

6. Di dapil Jatim IX (Bojonegoro dan Tuban), artis Thessa Kaunang asal Partai NasDem gagal karena hanya meraih 1.316 suara, kemudian caleg artis asal PDIP, Sari Koeswoyo juga hanya mendapatkan 14.862 suara.

Selain itu, juru bicara Presiden Joko Widodo, Johan Budi yang maju melalui PDIP bakal mengunci satu kursi di DPR RI periode 2019-2024. Mantan jubir KPK kelahiran Mojokerto tersebut berhak mewakili rakyat dari dapil Jatim VII (Ngawi, Trenggalek, Ponorogo, Magetan dan Pacitan) usai meraih 76.395 suara, sekaligus memaksa aktivis Budiman Sujatmiko gagal lolos karena hanya meraih 48.806 suara atau berada di peringkat empat dari partai dan dapil yang sama.

Sebagai catatan, nama caleg terpilih secara definitif ditetapkan KPU setelah penetapan nasional 22 Mei 2019.

Sementara itu, Direktur SCG Research and Consulting Didik Prasetiyono mengatakan belum berhasilnya artis-artis menjadi anggota parlemen disebabkan beberapa faktor. 

Ia mencatat pengaruh bedanya nama artis dan nama di surat suara menjadi salah satu faktor yang membuat masyarakat tak memilihnya. “Nama artis dan nama di surat suara berbeda sehingga pemilih bingung, meski itu penggemarnya sekalipun,” ungkapnya.

Selain itu, faktor penentu lainnya yakni intensitas volume berkampanye kurang, yang kemungkinan karena kesibukan syuting sebagai artis, lalu berimbas pada pemilih yang tidak mengenali bahwa artis tersebut mencalonkan diri.

Faktor lainnya, kata dia, artis dicalonkan bukan di daerah asal yang membuat rakyat tidak mengenal dan artis bukan petarung elektoral yang bersedia door to door bertemu rakyat, berbeda dengan caleg politisi yang mengenali dengan baik cara pendekatan ke pemilih.



“Seharusnya artis dicalonkan dari daerah asal, seperti Krisdayanti yang warga asli Kota Batu dan dicalonkan melalui dapil Malang Raya, lalu sukses mendapatkan suara tertinggi,” tutur eks-komisioner KPU Jatim tersebut.

Secara umum, Didik menilai suara mayoritas caleg artis yang maju melalui dapil Jatim dan gagal adalah tidak istimewa, kecuali Venna Melinda yang nyaris lolos kembali.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya