SOLOPOS.COM - ilustrasi (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Tanaman hias seketika menjadi tren di masyarakat. Hal ini didorong karena masa pandemi corona Covid-19 yang memaksa orang untuk menghabiskan waktu lebih banyak di rumah hingga belanja online tanaman hias pun kian meningkat.

Belanja tanaman hias secara online tentunya harus dibarengi dengan beberapa hal yang wajib jadi perhatian. Kalian juga perlu cermat sebelum akhirnya membeli tanaman hias yang diinginkan. Melansir dari Liputan6.com dan sumber lain belum lama ini, berikut tips praktis belanja online untuk membeli tanaman hias interior juga eksterior.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Perbaiki Penampilan Melalui Operasi Hidung

Baca Review dari pembeli sebelumnya

Belanja tanaman secara online berbeda dengan membeli barang lainnya, seperti pakaian atau alat elektronik. Ditambah, jika toko tempat membeli jaraknya cukup jauh. Kalian juga harus memastikan toko menyediakan layanan pengiriman jarak jauh yang baik dengan membaca kolom review.

Jika membeli di marketplace, kalian bisa membaca ulasan pembeli tanaman hias sebelumnya dengan melihat kolom yang ada di bawah barang yang ingin dibeli. Jika banyak pelanggan yang merasa puas dengan layanan mereka, artinya kalian dapat memercayai toko itu.

Cek foto tanaman

Foto yang tertera pada halaman etalase penjual mewakili tampilan tanaman yang akan dibeli. Namun perlu diingat, apa yang di lihat mungkin tidak akan sama dengan yang akan di terima nantinya. Terkadang, ada penjual yang memberikan bonus pot atau menjual tanaman sekaligus dengan potnya. Namun, ada pula yang hanya mengirim tanaman dalam keadaan tercabut. Sehingga, pastikan kalian membaca baik-baik spesifikasi dari penjual agar tidak salah berekspektasi.

Cek apakah pembeli menyediakan layanan tambahan

Mengirimkan tanaman dalam keadaan tanpa media tentu sangat riskan. Apalagi, jika pengirimannya jauh dan memakan waktu lama. Kalian perlu menanyakan kepada penjual apakah mereka menyediakan media atau layanan tambahan yang bisa memastikan tanaman sampai dalam keadaan baik. Sehingga, kalian tak perlu ragu lagi meski tanaman dikirim dari tempat yang jauh.

Pertimbangkan area tumbuh

Setiap jenis tanaman hias memiliki kebutuhan yang beragam, baik dari segi asupan nutrisi, hingga ruang tumbuhnya. Jika ingin membeli tanaman untuk diletakkan di luar rumah, pilih jenis yang bisa tumbuh besar tentu tidak masalah karena tempat yang tersedia cukup luas. Namun, jika berniat meletakkannya di dalam rumah, pilihlah tanaman yang pertumbuhannya tidak terlalu signifikan. Tujuannya agar tidak mengganggu area di dalam rumah. Tumbuhan jenis sukulen adalah opsi terbaik jika ingin diletakkan di dalam ruangan.

Mencari informasi soal cara perawatannya

Menentukan jenis tanaman yang akan dibeli tidak hanya berdasarkan preferensi pribadi saja. Ada tanaman yang cocok diletakkan di dalam rumah, dan ada juga yang hanya tumbuh subur apabila ditaruh di luar rumah. Sehingga, penting mengetahui informasi mendasar dan mencari tahu cara perawatannya. Langkah ini dilakukan guna mencegah adanya salah perawatan yang dapat menyebabkan tanaman hias mati.

Tetap Sehat Meski Di Depan Komputer Sepanjang Hari, Yuk Terapkan 4 Kiat Ini

Jangan lupa memeriksa layanan retur

Penjual yang menyediakan barang bermutu tidak akan ragu menerima refund jika ternyata barang yang mereka jual tidak sesuai dengan ekspektasi pembeli. Sehingga, pastikan kalian memeriksa ada atau tidaknya fasilitas retur atau refund.

Terutama, jika jenis tanaman hias yang dibeli adalah jenis tertentu yang harganya mencapai jutaan rupiah. Pertimbangkan beberapa tips penting di atas sebelum membeli tanaman hias secara online.

Toko tanaman hias online yang terpercaya tentunya mengetahui hal-hal tersebut dan selalu berusaha memberikan layanan terbaiknya. Jadi, kalian tidak perlu ragu lagi untuk membeli.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya