Pengundia program Yuk belanja ke SRC (YBKS). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Berbagai kegiatan sudah dilakukan Sampoerna Retail Community (SRC) untuk memajukan bisnis para pedagang toko ritel. Salah satu program yang digagas oleh paguyuban SRC adalah undian berhadiah untuk konsumen bertajuk Yuk belanja ke SRC (YBKS).

YBKS merupakan program undian yang diadakan secara gotong royong oleh paguyuban SRC untuk memberikan keuntungan lebih kepada pelanggan mereka. Program YBKS tersebut kali pertama diadakan di Solo, Jawa Tengah (Jateng), pada 2017 dengan nama Gerakan Belanja di Toko Tetangga (Gebetan).

Seiring berjalannya waktu, Gebetan kemudian berganti nama menjadi YUK Belanja ke SRC (YBKS) dengan tujuan agar konsumen semakin akrab dengan SRC.

Ide awal munculnya program YBKS tersebut adalah semangat untuk menghadapi persaingan bisnis dengan toko ritel modern yang juga semakin gencar mengadakan promo undian untuk konsumennya.

Paguyuban SRC menginisiasi para pemilik toko ritel tradisional yang sudah tergabung dalam SRC untuk membuat program yang dapat meningkatkan minat konsumen untuk belanja ke toko anggota SRC. Dengan begitu, frekuensi belanja konsumen ke SRC semakin meningkat.

YBKS periode pertama baru diikuti sekitar 450 anggota SRC. Namun jumlah tersebut terus bertambah seiiring bertambahnya jumlah toko SRC di kawasan Solo Raya meliputi Solo, Karanganyar, Sragen, Sukoharjo, dan Wonogiri.

Hingga kini, YBKS sudah diadakan sebanyak lima periode dengan jumlah SRC sekitar 1.500 yang tergabung dalam paguyuban SRC Solo Raya. Dengan semakin bertambahnya jumlah peserta SRC yang ikut dalam program undian tersebut, total hadiah yang akan didapat oleh konsumen pun semakin bertambah.

"Awal-awal ikut YBKS itu sudah langsung gemebyar, pelanggan sangat antusias. Omzet meningkat dan toko SRC mulai dikenal banyak orang, sampai pelanggan pun ikut inden kupon," tutur salah satu pemilik toko anggota SRC, Sumber Putra Ony.

Dengan adanya program YBKS, semakin banyak pilihan kosumen untuk berbelanja. Dengan begitu, persaingan bisnis toko ritel bukan hanya didominasi toko ritel modern.

Melalui program YBKS, paguyuban SRC berharap dapat memberikan efek bagi anggota paguyuban maupun konsumennya. Mereka juga berharap omzet pendapatan mereka juga meningkat. Konsumen juga diharapkan semakin percaya pada toko ritel anggota SRC dan menjadikan toko SRC sebagai pilihan belanja yang tepat bagi mereka.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten