Belanja di Pasar Tradisional Sleman Bisa Dapat Sepeda Motor, Mau?
Pedagang sayuran di Pasar Condongcatur, Depok, Sleman. (Lingga Wijil Bhagaskara/JIBI/Harian Jogja)

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Sleman terus berupaya meningkatkan kunjungan pasar tradisional

Solopos.com, SLEMAN—Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Sleman terus berupaya meningkatkan kunjungan pasar tradisional. Salah satu yang dilakukan untuk menarik kunjungan adalah dengan mengadakan undian berhadian di pasar tradisional.

Kepala Disperindag Sleman, Tri Endah Yitnani mengakui bahwa terdapat penurunan kunjungan pasar tradisional sejak beberapa tahun terakhir. Berdasarkan pantauannya terakhir pada 2016 lalu penurunan kunjungan mencapai 30%. Untuk itu pihaknya pun gencar untuk kembali meningkatkan kunjungan pasar tradisional.

“Selain melakukan renovasi pasar tradisional kami juga mengadakan undian berhadian untuk pengunjung pasar di 17 pasar tradisional. Dengan begitu harapannya pengunjung semakin meningkat,” kata dia kepada wartawan, Selasa (6/3/2018).

Untuk program undian berhadian sejatinya juga telah dilakukan pada 2017. Hadiah utama tiga motor dan sejumlah hadiah lainnya dibagikan kepada pengunjung di 14 pasar tradisional. Dan pada tahun lalu adanya undian berhadiah mampu meningkatkan kunjungan sebanyak 10% di empat pasar tradisional yang diamati oleh dinas.

“Tahun ini kami tambah jumlah hadiahnya, untuk motor yang sebelumnya hanya tiga sekarang jadi empat. Sedangkan yang sebelumnya hanya di 14 pasar sekarang kami tambah menjadi 17 pasar,” kata dia.

Dengan bertambahnya hadian maupun lokasi pasar, pihaknya berhadap tahun ini terjadi peningkatan jumlah kunjungan di pasar tradisional. “Targetnya minimal bisa naik 10% seperti tahun kemarin, syukur-syukur bisa naik lagi,” ujar Tri.

Sementara itu, Koordinator Kegiatan Undian Berhadiah, Kurnia Astuti mengatakan untuk mekanisme pengambilan kupon, seluruh pengunjung pasar tradisonal dapat mengambil kupon tanpa harus berbelanja dengan nominal tertentu. Pengunjung hanya diminta untuk mengisi data diri sesuai KTP beserta nomor telpon yang dapat dihubungi.

“Kami siapkan 200.000 kupon. Persebarannya berdasarkan rasio jumlah pedagang di masing-masing pasar. Setiap hari dari mulai 1 Maret hingga 5 Mei 2018 kami distribusi 250 kupon. Untuk pengundiannya akan kami lakukan pada 9 Mei 2018,” jelasnya.

Lanjutnya lagi undian berhadiah ini hanya berlaku untuk pengunjung saja. Sedangkan untuk pedagang pasar, pegawai dan keluarga pegawai Disperindag tidak diperbolehkan untuk ikut undian berhadiah.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho