SOLOPOS.COM - GAGAL -- Pemain Belanda Ibrahim Afellay bereaksi kecewa saat gagal melepas tembakan jitu dalam pertandingan melawan Denmark. Belanda harus menang saat menghadapi Jerman Rabu besok untuk menjamin posisi mereka dalam babak final Euro 2012. (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

GAGAL -- Pemain Belanda Ibrahim Afellay bereaksi kecewa saat gagal melepas tembakan jitu dalam pertandingan melawan Denmark. Belanda harus menang saat menghadapi Jerman Rabu besok untuk menjamin posisi mereka dalam babak final Euro 2012. (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

KHARKIV – Pertempuran Belanda vs Jerman selalu menjadi partai yang menarik. Jadi lebih menarik lagi karena dalam pertandingan besok Belanda menyandang misi harus menang setelah mereka secara mengejutkan diganjal Denmark 1-0.

Promosi Komeng Tak Perlu Koming, 5,3 Juta Suara sudah di Tangan

“Bakal jadi pertempuran hebat, tapi kami harus tunjukkan kalau kami layak jadi juara,’ tegas bek John Heitinga. “kami harus menang, tak ada dalih lagi dan kami semua meyakininya,” imbuhnya.

Saat kalah dari Denmark, pelatih Belanda, Van Marwijk memarkir pemain depan Schalke 04, Klaas-Jan Huntelaar, di bangku cadangan hingg 19 menit terakhir. Namun pencetak gol terbanyak selama babak kualifikasi dengan 12 gol di delapan pertandingan itu dipastikan siap terjun di starting eleven besok.

Jika Huntelaar turun, Ibrahim Affelay yang tak meyakinkan saat menghadapi Denmark mungkin ganti diparkir untuk memungkinkan Robin Van Persie pindah ke sayap kiri. Meski begitu, masih ada beban di lini depan terkait kemampuan mengeksekusi serangan akhir. Van Persie dan Arjen Robben beberapa kali terlihat salah mengambil keputusan dan buruk dalam mengeksekusi tembakan akhir.

Sementara itu, Jerman juga punya masalah sendiri meski mereka sukses menembak Portugal 1-0. Pelatih Joachim Loew sadar betul timnya harus lebih jitu saat menghadapi Belanda dan melakukan perbaikan di semua lini. “Kami sudah mengambil satu langkah kecil, namun pertandingan melawan Belanda akan sangat berbeda,” katanya. “Kami belum mengambil langkah besar. Kami juga mengalami pertandingan yang sama saat Piala Dunia 2010. [Setelah menang melawan Australia] kami dikalahkan Serbia,” paparnya.

Loew menyiratkan bakal menerjunkan formasi yang sama saat menghadapi Belanda. Namun ditegaskannya persiapan kali ini takkan dipengaruhi siapa pun lawan mereka. “Saya takkan cuma berfokus pada Belanda. Kamilah yang harus mendesakkan strategi dan membuktikan kualitas kami,” tukasnya. Saat menghadapi Portugal, Loew memilih mendahulukan memasang Mario Gomez di depan and bek Mats Hummels dan bukannya Miroslav Klose dan Per Mertesacker yang lebih berpengalaman.

Pertandingan besok adalah kali kedelapan bagi Jerman dan Belanda bertarung di putaran final turnamen internasional dan kali kelima di ajang Euro. Sepanjang sejarah itu Jerman menang tiga kali dan seri dua kali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya