SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

ROTTERDAM–Tim Oranje Belanda berambisi mengalahkan Ghana pada laga pemanasan Rabu (2/6) dinihari WIB, agar bisa menjadi modal berharga menjelang Piala Dunia 2010.

Sebelumnya, Belanda berhasil menumbangkan Meksiko pada laga persahabatan. Meski hanya duel pemanasan, namun kemenangan 2-1 tersebut tetap saja menjadi modal besar bagi tim besutan pelatih Bert van Marwijk menjelang putaran final Piala Dunia (PD) 2010 Afrika Selatan, yang tinggal hitungan hari lagi.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Maklum saja, Meksiko merupakan salah satu unggulan di Grup A, sedangkan Belanda menjadi unggulan utama Grup E. Karena itu, kemenangan atas sesama tim finalis PD 2010 memberi kredit positif bagi tim Oranje.

Pertandingan tersebut juga menjadi tonggak bagi kembalinya striker asal klub Arsenal, Robin van Persie, yang telah bergelut dengan cedera engkel sejak November 2009. Van Persie berhasil meyakinkan para pendukung Belanda bahwa dirinya siap dan dalam kondisi siap tempur untuk PD 2010, dengan mencetak gol pada laga kontra tim Bintang Hitam, julukan Timnas Ghana.

Berlaga di Stadion Feijenoord, Rotterdam, Selasa (1/6) waktu setempat, ketajaman Van Persie kembali akan diuji. Kali ini oleh tembok pertahanan Ghana yang juga menjadi tim peserta PD 2010 di Grup D.

Skuat Belanda memang dalam kondisi puncak dengan keberadaan sederet bintang sepak bola dunia seperti duo lini tengah Rafael van der Vaart dan Ibrahim Afellay.

Ada juga sosok Arjen Robben serta Wesley Sneijder (Inter Milan) dan Mark van Bommel (Bayern Munich). Di lini depan, Van Persie punya tandem tangguh sekelas Klaas Jan Huntelaar (AC Milan) serta Dirk Kuyt (Liverpool).

“Tak terlalu banyak masalah untuk menjaringkan bola ke gawang. Belanda benar-benar memiliki kualitas yang sangat tinggi. Ini adalah ekshibisi kali pertama, jadi kami puas. Kami berlatih sangat keras dalam beberapa hari terakhir dan menunjukkan hasilnya di babak kedua,” kata Van Persie seusai pertandingan, Kamis (27/5) waktu setempat, seperti dilansir fifa.com.

Pelatih Van Marwijk tak ragu-ragu secara khusus memberi acungan jempol atas penampilan Van Persie. Sangat mungkin pula, Marwijk akan memasang kombinasi pemain sama seperti saat melibas Meksiko.

Di satu sisi, dengan segudang pemain bintang tersebut, mestinya Belanda tak akan menemui kesulitan saat berhadapan dengan Ghana. Namun, kadang fakta di lapangan berbicara lain.
Ghana bisa saja mengejutkan Belanda. Keberhasilan menjadi runner-up pada gelaran African Nations Championship 2009, Ghana kiranya telah cukup teruji dalam sebuah duel besar.

Hanya, kali ini tim besutan pelatih Milovan Rajevac harus kehilangan bintang yang juga kapten kesebelasan, Michael Essien, karena cedera. Gelandang asal klub Chelsea ini mengalami cedera lutut saat tampil di ajang Piala Afrika, Januari 2010.

Tentu saja, ini sebuah kehilangan besar bagi Timnas Ghana. “Saya sangat-sangat kecewa menerima kenyataan Michael Essien tak akan berlaga di Piala Dunia 2010 sebagai pemain Ghana,” kata Rajevac, beberapa waktu lalu.

Hingga kini, Rajevac juga belum secara tegas mengumumkan siapa pengganti pemain berusia 27 tahun itu untuk menyandang ban kapten. Selain itu, Ghana juga masih direcoki cedera yang diderita defender John Mensah dan midfielder Emmanuel Agyemang-Badu.

Namun, untuk mengisi posisi Essien, Rajevac sangat mungkin memaksimalkan peran Sulley Ali Muntari (Inter Milan) dan Kevin-Prince Boateng (Portsmouth) untuk menahan gempuran lini depan Belanda.

Boateng kini sedang menjadi buah bibir akibat tekling kerasnya di partai final FA Cup yang memaksa kapten Jerman, Michael Ballack, gagal memperkuat Tim Panser di Afsel akibat cedera.

Setelah menjajal Belanda, para pemain Ghana bakal tampil lagi di laga pemanasan melawan Latvia di Milton Keynes, Sabtu (5/6), sebelum akhirnya bertolak ke Afsel sehari kemudian.

Prakiraan susunan pemain

Belanda: Stekelenburg, Boulahrouz, Heitinga, Mathijsen, Braafheid Substituted, van der Vaart, de Zeeuw, Schaars Substituted, Afellay, Kuyt, van Persie

Ghana: Richard Kingson; Lee Addy, Samuel Inkoom, Hans Sarpei, Isaac Vorsah; Muntari, Dede Ayew, Opoku Agyemang, Kwadwo Asamoah, Anthony Annan; Asamoah Gyan.
JIBI/SOLOPOS/who

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya