SOLOPOS.COM - Memphis Depay menyumbang gol untuk Belanda lewat eksekusi penalt saat melawan Austria, Jumat (18/6) dini hari WIB. (Getty Images/Olaf Kraak - Pool)

Solopos.com, AMSTERDAM - Belanda menyusul Italia dan Belgia melangkah ke babak 16 besar Euro 2020. Tiket Belanda diperoleh setelah mengalahkan Austria 2-0 pada matchday kedua Grup C di Johann Cruyff Arena, Amsterdam, Jumat (18/6/2021) dini hari WIB.

Memphis Depay dan Denzel Dumfries menjadi aktor kemenangan Tim Oranje --julukan Timnas Belanda-- dalam laga ini. Mereka masing-masing mencetak satu gol dalam dua babak berbeda.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Memphis Depay membawa Belanda unggul 1-0 lewat eksekusi penalti pada menit ke-11, sebelum Denzel Dumfries menggandakan keunggulan tim besutan Frank De Boer lewat golnya pada menit ke-67.

Tinggalkan Real Madrid, di Klub Ini Sergio Ramos Kemungkinan Berlabuh

Untuk kali pertama dalam 13 tahun terakhir Belanda lolos ke-16 besar Euro setelah tersingkir pada fase grup Euro 2012 dan tidak lolos ke putaran final dalam edisi 2016 turnamen ini.

Belanda juga selalu menang dalam 21 pertandingan terakhirnya ketika mencetak gol lebih dulu. Kini Belanda sudah memasukkan 67 gol dan hanya kebobolan tujuh gol dari 21 laga terakhirnya itu.

Kemenangan ini membuat Belanda untuk sementara memuncaki klasemen Grup C Euro 2020 dengan koleksi enam poin hasil dari sapu bersih memenangan di dua laga perdana. Di laga terakhir, Memphis Depay dan kawan-kawan akan menghadapi Makedonia Utara pada 21 Juni mendatang.

Singkirkan Coca Cola, Cristiano Ronaldo Dinilai Tak Hormati Sponsor

 

Kans Austria Menipis

Sementara bagi Austria, kekalahan ini membuat peluang mereka untuk melaju ke babak 16 besar menipis. Tim besutan Franco Foda untuk sementara duduk di peringkat ketiga dengan koleksi tiga poin atau serupa Ukraina di posisi runner-up.

Pertandingan terakhir kontra Ukraina pada 21 Juni mendatang, kemungkinan bakal jadi penentuan siapa tim yang berhak lolos sebagai runner-up Grup C Euro 2020.

Sejak kick-off, Belanda terus menekan sampai akhir babak kedua, namun gol sudah tercipta pada menit ke-11 menyusul ganjalan dari bek David Alaba terhadap bek kanan Belanda Denzel Dumfries.

Tak Hanya Ronaldo, Pemain Italia Locatelli Juga Singkirkan Coca Cola

Tadinya pelanggaran ini diabaikan wasit sampai terjadi pelanggaran kedua atas pemain Belanda lainnya yang menghentikan sesaat pertandingan. Setelah ini wasit menghentikan laga untuk mereview potensi penalti untuk Belanda lewat analisis VAR.

VAR kemudian memastikan itu penalti dan Alaba dikenai kartu kuning, Belanda kemudian menugaskan Depay untuk mengeksekusi tendangan penalti ini.

Sekalipun kiper Austria Daniel Bachman sudah benar bergerak ke arah bola, tetapi tendangan Depay terlalu kencang untuk bisa dihentikannya. Depay, dan juga Georginio Wijnaldum, kini sudah mempersembahkan 50 gol untuk timnas Belanda.

Ukraina Vs Makedonia Utara: Menang atau Angkat Kopor Duluan

 

Tidak Egois

Depay nyaris menggandakan kedudukan pada menit ke-24 setelah membuat bingung pertahanan Austria menyusul lemparan ke dalam. Depay berhasil mengecoh Alaba dan Aleksandar Dragovic namun tendangan voli dia melebar ke sisi gawang Austria.

Pada menit ke-35, Austria juga hampir mencetak gol ketika Hinteregger melepaskan tendangan dari luar kotak penalti namun melambung di atas gawang Marteen Stekelenburg.

Lima menit kemudian Depay kembali menyia-nyiakan kesempatan menggandakan kedudukan ketika meneruskan bola operan diagonal dari Wout Weghorst di dalam kotak penalti Austria.

Belanda Vs Austria: De Ligt Comeback, Pertahanan Tim Oranye Kian Solid

Gol kedua Belanda ditandai dengan masuknya Malen yang membuat semakin solidnya barisan pertahanan. Malen berlari kencang menyambut bola yang melengkung diumpan dari tengah lapangan ketika pemain-pemain Austria fokus menekan di daerah permainan Belanda.

Malen yang memiliki kesempatan untuk menaklukkan sendiri Daniel Bachman, tak mau egois, dengan mengirimkan bola kepada Dumfries yang berlari di sisi lainnya. Dumfries dengan mudah memasukkan bola ke gawang yang tak terjaga. Dia pun mencipta gol kedua Belanda dalam laga ini dan sekaligus gol keduanya dalam Euro 2020.



 

Susunan Pemain

Belanda: Maarten Stekelenburg; Stefan de Vrij, Daley Blind (Nathan Ake 64'), Matthijs de Ligt, Frenkie de Jong, Marten de Roon (Tyan Gravenberch 74'), Georginio Wijnaldum, Patrick van Aanholt, Denzel Dumfries, Memphis Depay (Luuk de Jong 82'), Wout Weghorst (Donyell Malen 64').

Austria: Daniel Bachmann; David Alaba, Martin Hinteregger, Aleksandar Dragovic (Philipp Lienhart 84'), Xaver Schlager (Karim Onisiwo 84'), Marcel Sabitzer, Konrad Laimer (Florian Grillitsch 61'), Andreas Ulmer, Stefan Lainer, Christoph Baumgartner (Valentino Lazaro 70'), Michael Gregoritsch (Michael Gregoritsch 61').

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya