SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Kegiatan belajar jarak jauh atau daring sudah berjalan nyaris satu tahun lamanya. Sebagai guru SMP saya melihat kejenuhan siswa dan guru. Ini tampak dari sikap malas malasan, mangkir mengerjakan tugas, dan sebagainya. Ini tidak baik bagi proses pendidikan dan pembelajaran.

Kondisi ini tentu membuat siswa sulit untuk memperoleh kemajuan dan prestasi yang baik. Oleh karena itu perlu motivasi supaya siswa giat dan semangat mengikuti pembelajaran jarak jauh ini. Terima kasih

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hastin Widyasana, Sragen

 

Ibu guru Hastin, kita sepakat belajar itu paling enak ya tatap muka. Kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ) tampaknya masih berlanjut. Kita harus bersabar dan tetep tenang, tidak perlu panic atau menujukkan sikap yang negatif. Karena akan menambah kejenuhan siswa mengikuti PJJ.

Memang ada kejenuhan dan kesulitan yang menyertai pelaksanaan PJJ. Tugas-tugas yang biasanya dikerjakan dengan pendampingan guru atau berkolaborasi dengan teman-teman, kini harus diselesaikan sendiri dengan fasilitas yang tersedia di rumah. Untuk mengindari kebosanan, berilah tugas yang menantang namun realistis dan sesuai dengan tingkat psikologis siswa.

Realistis, yaitu tugas berbobot untuk memotivasi siswa menyelesaikan sebaik mungkin, namun tidak terlalu sulit agar jangan banyak siswa yang gagal dan berakibat turunnya semangat untuk belajar. Gunakan metode dan kegiatan yang beragam. Variasi membuat siswa tetap konsentrasi dan termotivasi.

Sesekali mencoba sesuatu yang berbeda dengan menggunakan metode belajar yang bervariasi di dalam kelas. Cobalah untuk membuat pembagian peran, debat, transfer pengetahuan secara singkat, presentasi dengan audio-visual dan kerja kelompok kecil. Pemanfaatan falitas belajar juga menentukan motivasi belajar dalam proses pembelajaran online.

Fasilitas tersebut seperti Internet, komputer atau gawai. Pihak sekolah diharapkan memberikan dukungan optimal untuk mendukung pembelajaran online yang dilaksanakan oleh para gurunya. Seperti komputer, jaringan Internet, dan alat-alat pendukung untuk mencari pengetahuan dan informasi dari berbagai sumber.

Agar proses pembelajaran tidak membosankan, guru bisa menggunakan media animasi. Seperti untuk penyampaian materi pelajaran yang bersifat abstrak, sehingga dapat lebih mudah dimengerti. Media animasi bisa menggunakan powerpoint, bagan yang menarik, poster, atau video animasi.

Psikolog, Soleh Amini Yahman

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya