SOLOPOS.COM - Anggota Radja Hipnotis Indonesia (Foto Istimewa)

Hipnotis adalah cabang ilmu psikologi yang mempelajari pengaruh sugesti terhadap pikiran manusia. Bagaimana caranya, berikut tulisan wartawan Harianjogja.com Rina Wijayanti.

Hipnotis memang sedang naik daun. Apalagi setelah banyak ahli-ahli hipnotis bermunculan di televisi dalam berbagai acara untuk menunjukkan keahlian mereka menghipnotis orang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Bahkan di Jogja saat ini banyak bermunculan orang-orang yang pandai di bidang ini. Mereka kemudian membuat sebuah perkumpulan. Namanya Radja Hipnotis Indonesia (RHI). Saat ini mereka bermarkas di Jl Parangtritis Km 8, Dadapan Lor, Timbulharjo, Sewon, Bantul dan memiliki puluhan anggota dari berbagai kota yang menguasai ilmu hipnotis.

Sebelum berbicara jauh tentang RHI, ada baiknya mengenal terlebih dahulu apa itu hipnotis. Bagi sebagian orang khususnya mereka yang belum mengenal cabang ilmu ini, cenderung berhati-hati dengan hipnotis. Namun sebenarnya, hipnotis ini sangat ilmiah dan mudah dipahami oleh nalar. Sistem kerjanya pun juga terhitung sederhana.

Secara umum hipnotis dibagi menjadi beberapa bagian, sesuai fungsi kegunaannya. Stage hypnosis, ilmu hipnotis yang digunakan semata-mata hanya untuk hiburan.

Contohnya seperti beberapa acara televisi, adanya seseorang yang dapat diperintah untuk melakukan apapun juga sesuai dengan kehendak seorang hypnosis dengan memberikan satu bentuk sugesti sederhana.

Forensic hypnsys, digunakan dengan tujuan investigasi, penyelidikan kasus, bertujuan untuk mengeksplorasi pikiran manusia atas suatu informasi dan data.

Hypnoterapy, ditujukan sebagai terapi penyembuhan atas suatu penyakit terutama masalah depresi, trauma, stress dan lain sebagainya untuk membantu proses penyembuhannya akibat faktor psikis.

Hypnosales biasanya digunakan untuk meningkatkan target penjualan. Cara kerjanya ialah dengan memodifikasi kalimat hypnosis supaya dapat menjualkan barang ataupun jasa, biasanya ini juga digunakan pada saat negosiasi dengan klien pra transaksi untuk mempermudah target penjualan.

Hypnoparienting, biasa digunakan untuk membantu memberikan motivasi pada diri anak-anak, sehingga mereka bisa lebih rajin belajar, rajin beribadah dan banyak melakukan hal-hal positif.

Hypnobeauty, digunakan untuk membuka aura positif dari dalam diri sehingga bisa memancarkan innerbeauty. Hypnomedical, digunakan untuk mengalihkan perhatian pasien saat menjalani perawatan medis, misalnya kitan atau operasi kecil lainnya.

Metaphysical hypnosis, biasa digunakan oleh para cenayang atau orang pintar dengan mengatasnamakan dunia metafisika yang sepenuhnya tidak dapat terjangkau oleh akal pikiran manusia pada umumnya.

Biasanya metaphysical hypnosis dikait-kaitkan dengan adanya kekuatan magis dan hal lainnya yang bersifat mistis. Serta terakhir adalah animal hypnosis, hipnotis yang dilakukan pada hewan.

Miftakhul Khoir Ketua Komunitas RHI menyebut komunitasnya ini berdiri baru sekitar setahun belakangan ini. Ide awalnya adalah ingin mengembangkan ilmu hipnotis untuk berbagai kepentingan positif.

Mengingat kegunaan ilmu ini cukup banyak maka peminatnya pun semakin bertambah. Bahkan mereka datang tak hanya dari wilayah DIY melainkan dari berbagai kota di Indonesia seperti Semarang, Belitung, Jepara dan Jakarta. Sampai saat ini tercatat lebih dari 20 orang anggota yang tergabung di dalamnya.

Latar belakang anggotanyapun juga beragam, ada sebagian di antara mereka sudah mengenal hipnotis, ada sebagian lain yang belum mengenalnya. Dalam komunitas RHI, masing-masing anggotanya dapat saling membagi ilmu dan mengembangkan ketrampilannya melakukan hipnotis.

“Prinsip dalam hipnotis adalah mengembangkan kalimat-kalimat positif dalam diri orang yang kita hipnotis,” katanya.

Untuk para anggota komunitas ini, Miftakhul mendahulukan keterampilan stage hypnosis. “Saat kami berkumpul ada keseruan, kadang kami saling ngerjain satu sama lain tapi dalam konteks belajar dan mengasah keterampilan,” jelasnya.

Khoir menekankan, ilmu hipnotis berbeda dengan klenik atau magic. Bahkan jika ada orang yang melakukan tindak kejahatan dengan menggunakan hipnotis hanyalah sebatas pada niat pelakunya saja.

“Hipnotis sangat ilmiah, intinya kita masuk dalam pikiran bawah sadar seseorang dan memberikan sugesti, kalimat-kalimat sugesti itulah yang menjadi kekuatan seorang hypnosist,” katanya.

Dijelaskan Khoir, saat ini belum terlalu banyak orang tertarik dengan hipnotis, namun dengan banyaknya fungsi hipnotis maka dia meyakini ke depan akan semakin banyak diminati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya