Belajar & Bekerja di Rumah Bikin Baterai Laptop Boros? Ini Solusinya
Ilstrasi belajar/bekerja dari rumah. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Selama pandemi Covid-19, aktivitas belajar atau bekerja kebanyakan dikerjakan di rumah menggunakan laptop pribadi. Oleh karena itu, peran laptop menjadi sangat dibutuhkan untuk mendukung proses belajar atau bekerja di rumah. Namun, banyak yang mengeluhkan baterai laptop boros atau cepat habis.

Bahkan, tak sedikit orang mengisi daya laptop terus menerus. Dilansir Time, berikut solusi agar baterai laptop tak boros saat digunakan bekerja atau belajar dari rumah:

Matikan Wifi & Bluetooth

Sebaiknya gunakan fitur Wifi dan bluetooth saat diperlukan saja. Ketika sedang tidak digunakan, matikan koneksi keduanya.

Giliran Pasar Sunggingan Boyolali Tutup Sementara Karena Ada Pedagang Positif Covid-19

Pasalnya, kedua fitur tersebut terus menerus mencari perangkat yang akan disambungkan sehingga dapat menghabiskan baterai laptop Anda. Bahkan, Wifi dan bluetooth dapat membuat boros baterai laptop meskipun tidak terhubung ke apa pun.

Hindari Suhu Ekstrem

Jangan pernah Anda memaparkan laptop pada suhu ekstrem. Lebih baik mengisi daya laptop saat mencapai 10 %.

Aktifkan Mode Hemat

Solusi selanjutnya yakni mengaktifkan fitur mode hemat daya pada laptop Anda.Untuk pengguna Windows, klik ikon baterai pada bilah tugas Windows, lalu pilih pengaturan baterai Anda dari seimbang menjadi hemat daya.

Hari Ini Dalam Sejarah: 4 Agustus 1915, Jerman Menguasai Warsawa

Kemudian bagi pengguna Macbook, Anda dapat mengakses peraturan energy sarver dengan mengeklik ikon baterai di toolbar bagian atas atau melalui system preferences kemudian pilih penghemat energi.

Turunkan Kecerahan Layar

Jika layar laptop Anda terlalu terang akan membuat baterai lebih cepat terkuras habis. Jadi, lebih baik turunkan kecerahan layar pada laptop Anda.

Kurangi Kegiatan Multitasking

Solusi selanjutnya yaitu tutup semua aplikasi atau program yang tidak diperlukan yang berjalan di latar belakang laptop Anda. Dengan mengurangi kegiatan multitasking pada laptop, akan membantu baterai tidak terlalu boros.

Matikan Speaker

Speaker laptop dapat menguras daya yang sangat besar pada baterai laptop. Sebaiknya, matikan atau jangan mendengarkan musik saat melakukan banyak tugas.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom