Belajar Bahasa Inggris sambil Rebahan? Yuk, Simak Cara Berikut Ini

Di era globalisasi saat ini, kemampuan berbahasa Inggris sebagai bahasa global bukan lagi menjadi sebuah pilihan, melainkan sebuah kebutuhan.

 Englishnesia memberikan materi Grammar/TOEFL, Speaking, Listening, Writing, dan Reading dalam satu web aplikasi. (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Englishnesia memberikan materi Grammar/TOEFL, Speaking, Listening, Writing, dan Reading dalam satu web aplikasi. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA  — Di era globalisasi saat ini, kemampuan berbahasa Inggris sebagai bahasa global bukan lagi menjadi sebuah pilihan, melainkan sebuah kebutuhan.

Apalagi, saat ini pertukaran informasi melalui media sosial dan aplikasi hiburan semakin dinamis, di mana masyarakat terpapar dengan banyak konten-konten menarik yang disampaikan dalam Bahasa Inggris, seperti musik, film, atau sekadar konten sederhana di media sosial.

Dengan memahami bahasa Inggris, seseorang menjadi lebih update dengan perkembangan berita di dunia, memperbesar peluang mendapat pekerjaan, serta meningkatkan rasa percaya diri.

Namun, kebanyakan masyarakat masih merasa bahwa belajar Bahasa Inggris merupakan hal yang sulit, membosankan, menyita banyak waktu, serta menguras tabungan. Padahal, belajar Bahasa Inggris bisa dilakukan sambil rebahan di rumah, lho. Dengan begitu, waktu senggang di rumah dapat diisi dengan hal yang lebih bermanfaat dan seru.

Berikut 4 cara belajar Bahasa Inggris di tengah waktu senggang:

Baca Juga: Belanja Sekaligus Donasi di Pisalin Joli Jolan Batik Lawas

Bersantai sambil mendengarkan lagu

Hampir semua orang memiliki lagu kesukaannya masing-masing yang biasanya dipasang untuk menemani kegiatan sehari-hari, seperti saat sedang olahraga, rebahan di kasur, memasak, dan banyak kegiatan lainnya. Nah, kamu bisa mulai memperbanyak koleksi lagu-lagu berbahasa Inggris di galeri playlist-mu. Pilihlah lagu-lagu yang sesuai dengan genre musik kesukaanmu agar kamu semakin bersemangat untuk mendengarkannya.

Belajar Bahasa Inggris melalui lagu bukan hanya tentang mendengarkan irama yang sedang dimainkan, melainkan juga membaca dan mencoba memahami lirik yang terkandung dalam lagu tersebut. Dengan mendengarkan lagu berbahasa Inggris, secara tidak langsung kamu telah menambah vocabulary (kosakata) dan bagaimana cara mengucapkannya. Untuk memperlancar pengucapan Bahasa Inggris, kamu juga bisa lho ikut sing along atau karaoke dengan lagu-lagu tersebut.

Menghabiskan akhir pekan dengan menonton film dan serial seru

Cara yang satu ini bisa menjadi ide akhir pekan yang produktif namun tetap seru dan menyenangkan. Selain menghibur, ternyata menonton film juga bisa membantu kamu belajar Bahasa Inggris, lho. Pilihlah film yang kamu sukai atau bisa juga menonton serial drama yang sedang hits saat ini agar kamu tetap up to date.

Atur subtitle film yang kamu tonton dengan Bahasa Inggris dan kencangkan volume agar kamu bisa mendengar setiap dialog dengan jelas. Ketika menonton film berbahasa Inggris, kamu dapat belajar tentang berbagai macam ungkapan yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk memaksimalkan cara ini, kamu bisa menuliskan beberapa kosakata baru yang kamu dapatkan dari film tersebut beserta artinya. Setelah itu, cobalah tonton ulang film yang sama tanpa subtitle untuk membantu daya ingat kamu. Agar tidak membosankan, kamu juga bisa mengajak teman atau keluarga untuk nonton dan belajar bersama.

Baca Juga: Catat, Penonton Bioskop Harus Sudah Vaksin Lengkap

Ngobrol dengan fitur live chat atau video conference sembari menambah teman baru

Siapa di antara kamu yang suka bermain game online atau aplikasi live chat lainnya? Nah, manfaatkan platform ini sebagai media untuk memperlancar Bahasa Inggris kamu. Berbicara langsung dengan orang asing dapat meningkatkan rasa percaya diri kamu saat berbicara menggunakan Bahasa Inggris sekaligus tentunya menambah teman baru.

Jangan malu dan takut salah, justru manfaatkan cara ini sebagai ‘ujian praktek’ dari hasil belajar kamu. Semakin kamu sering mendengar dan berbicara langsung menggunakan Bahasa Inggris, kamu juga akan semakin terbiasa dan memahami pola kalimat percakapan sehari-hari dalam Bahasa Inggris.

Ikut kursus Bahasa Inggris yang praktis dan seru

Untuk kamu yang membutuhkan materi pembelajaran yang lebih terstruktur, kamu bisa coba mengikuti kursus Bahasa Inggris. Pilihlah tempat kursus yang fleksibel dan menyenangkan seperti Englishnesia. Englishnesia merupakan platform kursus online Bahasa Inggris No.1 untuk kamu yang ingin belajar Bahasa Inggris dari 0 secara terstruktur dan tanpa terikat jadwal.

Di Englishnesia, kamu bisa mendapatkan seluruh kelas materi Grammar/TOEFL, Speaking, Listening, Writing, dan Reading dalam satu web aplikasi yang disusun secara tersistem berdasarkan riset yang mendalam. Dengan mengikuti kursus, proses pembelajaran menjadi lebih terstruktur dan terarah, sehingga objektif yang diharapkan menjadi lebih mudah diraih.

Baca Juga: Tumbuh Signifikan, Transaksi Saham di Soloraya Tembus Rp3,369 Triliun

Andri Miraza selaku Product Manager Englishnesia mengatakan, untuk lancar berbahasa Inggris tidaklah sulit jika melalui proses belajar yang tepat. Selain itu, komitmen dan tekad yang kuat untuk belajar juga menjadi poin penting, karena untuk lancar berbahasa inggris perlu praktik yang berkelanjutan dan mental untuk berani salah.

“Englishnesia menyediakan beragam materi yang dikemas dengan seru dan bervasiasi, serta dapat diakses dengan mudah dari mana saja dan kapan saja, bahkan sembari rebahan di rumah sekalipun. Untuk semakin mendorong semangat belajar Bahasa Inggris, kami bekerja sama dengan ShopeePay untuk menghadirkan voucher cashback hingga 100% selama periode kampanye ShopeePay Super Online Deals dari tanggal 15-21 September mendatang,” ujar Andri Miraza dalam rilis yang diterima Solopos.com, Jumat (17/9/2021).

Itulah 4 cara seru yang dapat kamu lakukan untuk belajar Bahasa Inggris dengan mudah di rumah. Ikuti konten seru Englishnesia serta dapatkan informasi menarik seputar Bahasa Inggris di laman https://www.englishnesia.id/ atau media sosial @englishnesia.id. Jangan lupa gunakan metode pembayaran ShopeePay yang praktis dan menguntungkan. See you soon!


Berita Terkait

Berita Terkini

Sambut Investasi, Keandalan Listrik di Papua Terus Berlanjut Pasca PON

Berakhirnya PON XX Papua bukan berarti pembangunan selesai. PLN Berkomitmen untuk terus meningkatkan keandalan suplai listrik Tanah Papua.

Astra Life Luncurkan Kampanye #BetterSandwichGen

BPS menyebutkan bahwa 78.27% sumber pembiayaan rumah tangga lansia ditopang oleh anggota rumah tangga yang bekerja.

Naik Lagi Nih! Simak Harga Emas Pegadaian, Jumat 22 Oktober 2021 

Harga emas hari ini di Pegadaian, Jumat (22/10/2021) untuk logam mulia Antam ukuran 2 gram mencapai Rp1.853.000.

Banting Setir, Atlet Bulutangkis Ini jadi Pengusaha Warung Gongso Solo

Warung Gongso merupakan usaha yang ide Dhaka Yudha Sakti datang dari kegemaran keluarga terhadap resep menu makanan yang dimasak dengan cara digongso.

Krisis Energi Melanda Dunia, Ini Pengaruhnya untuk Indonesia

Tingginya permintaan energi seiring dengan pemulihan ekonomi tapi tak dibarengi dengan ketersediaan pasokan memadai, membuat harga gas alam dan batu bara melonjak.

Dipesan Tamu World Superbike, Hotel di Mataram Hampir Fully Booked

sejumlah hotel di Mataram sudah menerima reservasi atau pesanan kamar dari tamu kegiatan World Superbike (WSBK) yang akan digelar di Sirkuit Mandalika, 19-21 November 2021.

Pertashop Dorong Bangkitnya Ekonomi di Tengah Pandemi

Pertashop Pertamina diharapkan bisa jadi upaya mendorong pemerataan akses energi dengan tujuan membangkitkan kembali ekonomi di tengah pandemi.

Dukung Percepatan Digitalisasi Daerah, Grab & OVO Rilis Patriot di Solo

Program Akselerasi Transaksi Online Pemerintah (Patriot) diresmikan di Solo, Kamis (21/10/2021). Patriot merupakan program yang diluncurkan Grab bekerja sama dengan OVO.

Jumlah Wisatawan Meningkat, Pemkot Jogja Batasi Pengunjung

Pada PPKM Level 2 di DIY, Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja mengantisipasi kemungkinan meningkatkan jumlah wisatawan.

Aturan Baru: Anak di Bawah 12 Tahun Boleh Naik Pesawat dan Kereta

Anak usia di bawah 12 tahun bisa diajak naik pesawat hingga kereta api antarkota namun ada syarat-syarat yang harus dipenuhi.

BNI Luncurkan BNI Xpora untuk Dukung UMKM Go Global

BNI memperkenalkan BNI Xpora yang telah memberikan layanan di 7 kota yaitu Medan, Jakarta, Bandung, Solo, Surabaya, Denpasar, dan Makassar.

Jangan Terkecoh! Ini Beda Pinjol Ilegal dengan Pinjol Legal

Pemerintah melakukan penindakan tegas terhadap pinjol ilegal, sedangkan pinjol-pinjol lain yang legal sudah ada izin, sah, dipersilakan berkembang.

Resmikan Pabrik Biodiesel, Begini Penegasan Jokowi Soal Energi Fosil

Pada tahun 2021 Presiden Jokowi menargetkan Indonesia mampu memproduksi dan menyalurkan 9,2 juta kiloliter biodiesel.

Diproyeksi Gantikan Garuda, Pelita Air Butuh Persiapan 3 Bulan

BUMN memperkirakan penyiapan PT Pelita Air Service (PAS) sebagai maskapai yang melayani penerbangan berjadwal membutuhkan waktu setidaknya 3 bulan.

Integrasi Digital Pajak Ala Kereta Api Indonesia

Sektor perpajakan menjadi sangat krusial lantaran KAI memiliki transaksi hingga 12.000 dokumen pajak per bulan.

Dililit Utang Rp35 Triliun, Garuda Indonesia Sudah di Ujung Tanduk

BUMN menggambarkan kondisi keuangan PT Garuda Indonesia yang sudah di ujung tanduk lantaran dibebani oleh setumpuk utang dan ekuitas negatif