SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Aceh Besar–Pemerintah Provinsi Nangroe Aceh Darussalam (NAD) menggarap potensi wisata gerilya di kawasan yang dahulu digunakan sebagai basis dan markas Gerakan Aceh Merdeka (GAM).

“Wisata gerilya merupakan hal baru yang unik yang hanya bisa ditemukan di Aceh, di tempat lain tidak ada. Kita akan kembangkan wisata gerilya di lokasi-lokasi tertentu di Aceh,” kata Gubernur NAD, Irwandi Yusuf, di Aceh Besar, Jumat.

Promosi Kuliner Legend Sate Klathak Pak Pong Yogyakarta Kian Moncer Berkat KUR BRI

Saat ini pihaknya sedang membangun kembali pariwisata di seluruh Aceh dengan bantuan konsultan dari UNDP. Pariwisata merupakan sektor yang sangat berperan dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat, katanya.

“Aceh punya potensi alam yang banyak dan dengan wisata gerilya kita bisa melakukan semacam napak tilas dan latihan simulasi semacam “out bond” yang tidak kalah menarik dengan wisata berjemur di pantai,” katanya.

Ia sendiri membantah bila wisata gerilya disebut sarat muatan politis dan sensitif. “Bagi saya tidak sensitif, saya yang tahu anatomi Aceh seperti apa, yang penting ‘positive thinking’,” katanya.

Perubahan profesi mantan anggota GAM menjadi pemandu wisata gerilya, justru akan membuka lebih banyak lapangan kerja baru di wilayahnya. Sebab, penyediaan lapangan pekerjaan baru di Aceh relatif sulit, kata Irwandi.

“Kepentingan saya adalah bagaimana mereka mendapat pekerjaan dan menjadi pemandu itu mungkin salah satu jalan keluar karena mereka dapat melakukan itu dengan baik,” katanya.

Sampai saat ini mantan anggota GAM di Aceh jumlahnya puluhan ribu, salah satu pelopor industri wisata gerilya Aceh Explorer, Mendel John Pols, mengatakan, beberapa bekas lokasi markas GAM sangat potensial digarap menjadi wisata ‘jungle tracking’ yang diminati turis mancanegara.

“Kita sudah garap di beberapa wilayah misalnya di Pucok Krueng di Aceh Besar,” katanya.

Lima tahun pasca-tsunami, Aceh telah banyak berbenah dalam berbagai hal terutama sektor infrastruktur fisik.

Pemprov NAD menyatakan sedang membangun beberapa titik tertentu misalnya Kota Banda Aceh sebagai gerbang Indonesia Bagian Barat dengan pembangunan infrastruktur fisik lanjutan.

Selain itu, Pulau Sabang juga sedang dipersiapkan sebagai kawasan “oil storage” yang akan mensuplai kapal-kapal pengumpan (feeder) dari China, Singapura, dan negara lain yang masuk ke wilayah Aceh.
Ant/tya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya