BEI Tambah Galeri Investasi di Boyolali, Ini Targetnya
Peresmian Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia (BEI) yang menggandeng PT Philip Sekuritas dan Fakultas Ekonomi Universitas Boyolali, Senin (28/9/2020). (Farida Trisnaningtyas/Solopos)

Solopos.com, BOYOLALI-Bursa Efek Indonesia (BEI) menggandeng PT Philip Sekuritas dan Fakultas Ekonomi Universitas Boyolali mendirikan Galeri Investasi yang resmi, Senin (28/9/2020). Galeri Investasi ini merupakan galeri pertama di Kabupaten Boyolali.

Kepala Kantor BEI Jawa Tengah II, M Wira Adibrata, mengatakan untuk di Soloraya merupakan galeri ke-16 dan secara nasional menjadi Galeri Investasi BEI ke-479 di seluruh Indonesia. Pendirian galeri ini juga masuk dalam program Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah Kabupaten Boyolali di bidang pasar modal.

“Dengan adanya GI BEI diharapkan semakin meningkatkan literasi dan inklusi keuangan masyarakat Boyolali sehingga mampu memanfaatkan Pasar Modal sebagai sarana investasi yang terencana dengan baik,” katanya, kepada wartawan, Senin.

Digitalisasi Pasar Rakyat Di Masa Pandemi Covid-19, Apa Itu?

Nilai Transaksi

Wira menambahkan fasilitas yang ada Galeri Investasi Universitas Boyolali antara lain, 3 unit komputer yang dilengkapi dengan aplikasi perdagangan real time di BEI, perpustakaan mini yang berisi buku-buku bacaaan investasi, laporan keuangan perusahaan, dan data-data transkasi di pasar modal serta ruang edukasi yang dapat berkapasitas 20 orang.

Berdasarkan data dari BEI, jumlah investor saham di Boyolali per Agustus 2020 mencapai 3.184. Angka ini berada di urutan kelima di antara kabupaten/kota di Soloraya.Sedangkan dari rata-rata transaksi saham bulanan di Kabupaten Boyolali berkisar Rp85 miliar-Rp97 miliar per bulan. Angka ini berada di urutan kelima dibanding wilayah Soloraya lainnya.

Ada Lagi! Satgas Waspada Investasi Temukan 50 Usaha Gadai Swasta Ilegal

Pihaknya berharap adanya galeri investasi ini, diharapkan dapat meningkatkan jumlah investor di Boyolali dan juga nilai transaksi di Pasar Modal. “Dengan semakin meratanya informasi dan edukasi tentang pasar modal di Boyolali, kami optimis angka angka diatas akan semakin baik,” jelasnya.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom